Jangan Asal Oi, Ini Rekomendasi Kain Lap Untuk Mobil

Juli 31, 2024
By Getan Metodius
Jangan Asal Oi, Ini Rekomendasi Kain Lap Untuk Mobil-otospector

Kini mobil sudah menjadi salah satu kendaraan yang sering digunakan hampir setiap hari, bang min pun begitu.

Kamu perlu juga perlu membersihkan mobil secara rutin agar kendaraan yang kamu miliki tetap kelihatan bersih dan tidak kotor.

Nah, untuk tetap menjaga kebersihan mobil dari kotoran tidak boleh sembarangan menggunakan kain lap. Apalagi jika kamu menggunakan kain lap yang kasar akan membuat bodi mobil kamu menjadi lecet. Maka dari itu kamu harus menggunakan kain lap berbahan microfiber.

Microfiber merupakan jenis kain pembersih yang berbahan serat memiliki tingkat kehalusan di bawah 1 denier, berbahan teknologi microfiber.

Dan kain lap ini biasanya terdiri dari 20% berbahan nilon yang mampu menyerap air dan 80% berbahan polyester yang berfungsi untuk mengikat kotoran dan oli.

Selain itu Microfiber juga berfungsi untuk mengangkat kotoran dan debu dalam jumlah yang banyak, dan serat benang yang halus dari microfiber tersebut tidak akan menimbulkan lecet. Nah, jadi kain lap dengan berbahan microfiber sangat cocok digunakan untuk bodi mobil kamu.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Berikut ini ada beberapa tips untuk kamu memilih lap microfiber :

#1: Pastikan kain yang kamu beli khusus mobil ya.

microfiber untuk mobil

Sumber: Suzuki

Otofriends perlu memastikan pada penjual, apakah kain microfiber itu benar untuk bodi mobil. Kita kan udah tau nih kalau kain berbahan mircrofiber banyak juga dijadikan kain atau juga handuk, pembersih lantai dll.

Jadi perlu dipastikan jika kamu ingin membelinya ya, jangan asal beli. Biar saat lap bodi mobil nanti nggak ada tuh goresan yang timbul dari proses pengelapan tadi.

#2: Pilih ujung lap yang benar-benar halus.

ujung kain microfiber

Sumber: Dekoruma

Setidaknya ada tiga jenis ujung dari kain lap microfiber, mulai dari gulung, sutra dan bebas jahitan. Kamu bisa bebas memilih ujung lapnya tapi pastikan ujungnya tetap lembut otofriends.

Kalau kita temukan lap yang diproduksinya ngasal, bagian sisi ujungnya ini bisa dijahit sembarangan dan juga pakai benang polyster yang dipotong tidak rata atau rapi.

Ini malah bisa berdampak pada proses pembersihan bodi mobil, bisa menghasilkan lecet atau goresan pada cat mobil kamu.

Baca juga: Start 198juta, Update Harga Innova Reborn Bekas 2024

#3: Perhatikan weavenya.

jalinan kain microfiber

Sumber: Harapanrakyat

Ketika kita memilih kain lap microfiber, hitungan atau weave juga menentukan ya. Bukan hanya material atau beratnya aja, bahan polymide itu umumnya lebih meresap dibanding poluster, tapi ada campuran antara 70% polyster serta 30% polymide belum tentu akan mengeringkan sempurna daripada campuran yang 80-20.

Tingkat resapan kain microfiber ditentukan oleh weavenya dibandingkan dengan campuran serta berat lap itu sendiri.

#4: Manfaatkan beda warnanya.

warna kain microfiber

Pada bingung nggak sih otofriends, kok kain microfiber itu suka ada berbeda warnanya, ada yang biru, ada merah sampai kuning. Sebetulnya beda spesifikasinya apa sih?

Warna ini bisa kita manfaatkan untuk kegunaan yang kita mau otofriends. Jadi memang beda warna ini hanya dasar saja, bukan ada arti berbeda spesifikasi. 

Kamu bisa memanfaatkan beda warna misalnya warna merah untuk eksterior, kuning untuk bagian dalam atau interior. Jadi jangan sampai cuma beli 1 kain ya otofriends, kamu bisa membeli lebih dari 3 kain untuk memudahkan perawatan mobil.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Selain Hindari Banjir, Ini Tips Lainnya Dalam Merawat Kampas Kopling Mobil

Semua demi awetnya mobil yang digunakan.

Otofriends, baik perawatan mesin mulai dari rutin ganti oli sampai pembersihan bodi mobil pakai kain microfiber ini demi mobil kita supaya lebih awet digunakan.

Apalagi dari sisi eksterior, nggak lucu kan hanya karena asal pakai kain lap, bodi mobil jadi banyak goresan-goresan halus yang jika semakin banyak jadi makin jelek diliatnya.

Nah untuk kamu nih terutama yang mau beli mobil bekas, kamu bisa menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Kamu nggak perlu takut beli mobil bekas karena ada Otospector yang bisa bantu untuk mengecek mobil bekas yang akan kamu incar. Ditambah jika mobil itu lulus inspeksi atau hasilnya bagus, akan mendapatkan layanan garansi mobil bekas sampai 1 tahun.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Tak Terbantahkan Soal Kelebihan dan Kekurangan RWD

Juni 10, 2024
Kelebihan dan kekurangan RWD belakangan sering dibicarakan orang, terutama karena sekarang ini, mobil-mobil keluaran terbaru banyak menggunakan sistem FWD. Sebut saja mobil-mobil MPV populer produksi dari Toyota, Mitsubishi, atau Suzuki, umumnya sudah memilih memakai FWD. Di masa lalu memang banyak mobil-mobil legendaris menggunakan RWD, tapi karena berbagai pertimbangan, sistem ini mulai ditinggalkan oleh produsen. Akibatnya,
Baca Lebih Lanjut

6 Mobil Harga 20 Jutaan Yang Masih Layak Dilirik 2024

Juni 10, 2024
Sekilas mungkin sebagian orang akan bingung ketika mendengar kata-kata: “mobil harga 20 jutaan”. Tapi jangan heran kalau kemudian akhirnya mereka malah jadi penasaran: mobil harga segitu kira-kira bentuknya kayak apa? Mobil bekas 20 jutaan ada disini. Dengan anggaran yang minim tersebut tentu kita tidak bisa berharap terlalu banyak. Namun bukan berarti sama sekali tidak ada
Baca Lebih Lanjut

6 Tips Ampuh Biar Mobil RWD Lebih Awet

Juni 08, 2024
Mobil RWD adalah mobil dengan penggerak roda belakang, dan sudah punya fans setia di tanah air. Bang min rasa ini udah jadi mobil favorit bagi pengemudi, terutama yang biasanya selalu mengutamakan performa serta sensasi dalam berkendara yang lebih sporty.  Tapi gini otofriends, untuk merawat mobil RWD supaya tetap di kondisi maksimal dan prima dalam berkendara,
Baca Lebih Lanjut