Inilah Estimasi Biaya Servis Radiator Mobil

November 23, 2021
By Thomas W
Inilah Estimasi Biaya Servis Radiator Mobil-otospector

Bagi sebagian mobil, terutama yang sudah cukup berusia, servis radiator mobil harus dilakukan berkala. Pasalnya, sebagai sistem pendingin, radiator berfungsi menjaga agar suhu mesin agar tetap normal agar tetap bisa bekerja dengan baik.

Sistem ini didukung oleh tiga komponen lainnya yakni  cairan pendingin, minyak pelumas, dan udara. Radiator yang baik harus dapat memastikan bahwa sirkulasi pendinginan ini tidak ada gangguan. Karena itu harus selalu dicek fungsinya.

Yuk kita simak jenis servis radiator mobil dan perkiraan biayanya:

#1: Sekadar Pengecekan : Rp100 ribuan.

Inilah Estimasi Biaya Servis Radiator Mobil

Radiator bisa hanya sekadar dicek saja, tanpa dilepas dan dibersihkan. Pengecekan meliputi selang radiator dan pengisian ulang air radiator dengan air biasa.

Jika radiator ingin diisi cairan khusus radiator, tentu ada biaya tambahan. Cairan khusus pada umumnya akan membuat performa radiator jadi lebih baik.

Perlu diperhatikan, cairan khusus radiator memang bagus. Namun harus dipastikan terlebih dahulu apakah radiator mobil Otofriends masih bisa menerimanya atau justru malah berdampak buruk.   

#2: Melepas Radiator : Rp200 ribu – Rp250 ribu

Inilah Estimasi Biaya Servis Radiator Mobil

Sekilas terdengar sepele, cuma melepas radiator. Namun jika dikerjakan tanpa keahlian dan peralatan yang sesuai, radiator justru bisa rusak. Karena itulah kalau tidak yakin, lebih baik diserahkan saja ke bengkel.

Radiator perlu dilepas jika ada keluhan “ngorok” dari mesin. Setelah berhasil dilepas, radiator akan dibersihkan dan dicek. Kalau memang kondisinya masih baik, segera akan dipasang kembali.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Yuk, Kenali 5 Penyebab Mesin Overheat

#3: Perbaikan Atau Servis Radiator : Rp175 ribu – Rp400 ribu

Inilah Estimasi Biaya Servis Radiator Mobil

Servis radiator atau istilahnya korok radiator bertujuan untuk membersihkan bagian dalam terutama dari endapan kerak.

Prosesnya menggunakan alat pemanas khusus mirip las. Sembari radiator dipanaskan, bagian dalam pipa dikorok secara secara terus-menerus sampai kerak di dalamnya dipastikan sudah bersih. Proses berlangsung 2-3 jam.

Selain pembersihan bagian dalam pipa kapiler, kondisi radiator juga dicek kemungkinan kebocoran. Kalau radiator berbahan kuningan harus dilas pakai las kuningan. Namun sekarang ini umumnya berbahan alumunium yang menggunakan plastik steel.

#4: Kuras Radiator : Rp20 ribu – Rp30 ribu

7 Kerusakan Yang Mempengaruhi Biaya Turun Mesin Mobil

Radiator juga perlu dikuras untuk mencegah korosi. Pengurasan sebaiknya dilakukan setiap enam bulan atau paling lambat satu tahun.

Cairan radiator disesuaikan saja dengan kondisi radiatornya. Jika ingin berkualitas baik, bisa menggunakan cairan khusus radiator seperti air coolant radiator, radiator super coolant, ataupun antifreeze coolant protector.

Harga cairan radiator berkisar antara Rp50 ribu – Rp85 ribu per liter.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga:  Mesin Cepat Panas Saat AC Mobil Hidup? Ini Penyebab Serta Solusinya!

Bagaimana cara perawatan radiator agar terhindar dari biaya servis radiator mobil yang mahal?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan sehari-hari seperti memastikan volume air cukup, membersihkan tangki radiator secara berkala, menggunakan cairan radiator yang baik, serta memastikan radiator tertutup rapat.

Jika radiator terawat dan bekerja dengan baik, maka sistem pendinginan bisa optimal dan mesin bekerja normal.

 

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Simak Fakta Tentang Tol Paling Padat Saat Mudik 2024

Februari 04, 2024
Seakan sudah menjadi semacam tradisi jika pada saat menjelang Idul Fitri, sebagian besar masyarakat melakukan acara pulang kampung atau istilahnya mudik. Tradisi yang dilakukan massal ini setidaknya berlangsung setahun sekali, di samping ada juga musim liburan besar lain yakni saat akhir tahun. Selain menggunakan jalur transportasi umum, ritual kembali ke kampung halaman ini juga didominasi
Baca Lebih Lanjut

Gak Cuma Wrangler, Ini Koleksi Mobil Tua Andre Taulany

Februari 04, 2024
Bagi para penonton televisi di Indonesia, tentu tidak asing dengan nama Andre Taulany. Namanya dikenal sebagai komedian, penyanyi, dan presenter yang sangat sering tampil di televisi. Ternyata di balik popularitasnya, ia juga dikenal memiliki hobi mengoleksi mobil klasik yang bernilai tinggi. Dalam hal hobi otomotif, Andre tidak sendiri. Beberapa selebriti lain seperti Raffi Ahmad, Baim
Baca Lebih Lanjut

Penyebab Radiator Mobil Karatan

Februari 02, 2024
Banyak pemilik mobil yang tidak paham bahwa banyak kondisi yang bisa menjadi penyebab radiator mobil karatan. Pada umumnya mereka mengira, penyebab satu-satunya adalah karena kualitas cairan pendingin yang dipakai tidak bagus. Jadi selama pakai cairan yang bagus, mereka sudah merasa aman. Seiring berjalannya waktu, radiator memang bisa terkena karat atau korosi, baik karena faktor eksternal
Baca Lebih Lanjut