Inilah 5 Tanda Oli Transmisi Manual Perlu Diganti

Desember 10, 2021
By Thomas W
Inilah 5 Tanda Oli Transmisi Manual Perlu Diganti-otospector

Dibandingkan oli transmisi matic, pemilik mobil cenderung mengabaikan kondisi oli transmisi manual. Bisa jadi karena adanya anggapan oli transmisi ini tidak bekerja sekeras oli matic.

Di sisi lain, pemilik banyak yang lebih mementingkan ganti oli mesin karena oli transmisi manual dianggap tidak berkurang. Padahal, meski volumenya tetap, tapi kualitas sudah jauh menurun. Karena itu volume tidak bisa jadi patokan.

Berikut, kita simak 5 indikasi oli transmisi manual sudah harus diganti:

#1: Pindah Gigi Terasa Berat

Inilah 5 Tanda Oli Transmisi Manual Perlu Diganti

Indikasi ini paling mudah dan paling sering dirasakan. Kadang juga bisa perpindahan gigi terasa menghentak.

Kondisi ini bisa jadi indikasi oli transmisi manual perlu segera diganti. Penyebab lain bisa juga karena kampas kopling sudah menipis.

#2: Muncul Bunyi Dengung

Melindungi mesin mobil

Bunyi dengung yang muncul mirip suara dengung dari mesin. Kadang bunyi ditambah seperti ketukan-ketukan benda tumpul beradu.

Bunyi ini berasal dari benturan beberapa komponen karena mekanisme pergerakannya terhambat. Sebaiknya segera ganti oli agar kerusakan tidak semakin parah.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: 5 Jenis Oli Mobil Dan Aturan Perawatannya

#3: Warna Oli Gelap

Begini Cara Mudah Pengecekan Transmisi Mobil Matic Bekas

Sama seperti oli mesin, oli transmisi manual juga akan berubah warna jadi gelap. Oli transmisi yang masih baru biasanya berwarna bening kemerahan atau kecoklatan.

Oli transmisi yang sudah keruh biasanya juga akan menimbulkan seperti bau terbakar. Biasanya juga menyebabkan mobil terlihat berasap (ngebul).

#4: Sudah Sampai Jarak Tempuhnya

Hindari Oli Palsu

Jangan lupa, oli transmisi juga punya masa pakai dan perlu diganti berkala. Biasanya untuk transmisi manual, pergantian dilakukan setiap kelipatan 20.000 km sampai  40.000 km.

Angka ini bervariasi karena tidak semua jenis mobil sama, begitu pula dengan kondisi pemakaiannya. Paling mudah kita mengikuti petunjuk di buku manual saja.

#5: Lampu Check Engine Menyala

Lampu Indikator Oli

Menyalanya lampu check engine memang bukan indikator mutlak perlu pergantian oli. Namun anggaplah sebagai tanda untuk mengecek kondisi mobil secara keseluruhan.

Pada mobil-mobil keluaran terbaru, sudah ada sensor pada mesin kendaraan yang memudahkan pengecekan melalui sistem komputerisasi. Tinggal datang ke bengkel yang punya scanner khusus untuk mengetahui kondisi transmisi.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Begini Cara Mudah Pengecekan Transmisi Mobil Matic Bekas

Bagaimana memastikan kondisi oli transmisi dalam kondisi baik, setelah Otofriends membeli mobil bekas?

Setelah membeli mobil bekas, salah satu yang harus dilakukan adalah mengganti seluruh cairan pelumas yang ada di mobil, salah satunya oli transmisi. Hal ini perlu dilakukan karena kita tidak pernah tahu kapan ag kali oli ini terakhir diganti.

Sedangkan untuk kondisi sehat-tidaknya transmisi, pengecekan bisa dilakukan oleh inspektor dari jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan inspeksi yang mendalam di 150 titik, Otofriends akan mendapat gambaran seutuhnya tentang kondisi mobil.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Selain Overheat Inilah 5 Faktor Penyebab Mobil Terbakar

Januari 17, 2024
Ada berbagai faktor yang jadi penyebab mobil terbakar. Salah satu penyebab yang selama ini sering ada di pikiran orang awam adalah mesin overheat. Inilah kondisi di mana mesin naik suhunya sampai ambang batas maksimal. Sejauh ini menurut para mekanik berpengalaman, mesin overheat kecil kemungkinan jadi penyebab mobil terbakar. Kecuali jika ada pemicu lain, seperti adanya
Baca Lebih Lanjut

Komparasi Brio vs Agya Siapa Hatchback Terbaik Update 2024

Januari 16, 2024
Beli mobil untuk digunakan di perkotaan memang paling cocok untuk jenis hatchback. Untuk saat ini yang paling sering ada di pikiran masyarakat urban adalah Brio dan juga Agya. Lantas mana pilihan terbaik kamu Otofriends? Kalau bang min sih mending lihat komparasi singkat ini dulu ya, tapi tetap ini adalah masukan informasi aja untuk kamu, bukan
Baca Lebih Lanjut

Mitos vs Fakta Mengapa AC Dimatikan Saat Tanjakan? Update 2024

Januari 16, 2024
Kita sebagai pengemudi mobil pasti pernah melewati tanjakan, termasuk juga tanjakan curam. Sebagai pengendara, apa yang biasanya kita lakukan nih Otofriends untuk mengatasi tanjakan tersebut, adakah dari Otofriends yang mematikan AC mobil sebelum melibas tanjakan? Kalau ada, kita bahas yuk lantas benarkan salah satu cara yaitu mematikan AC membuat tenaga mesin mobil jadi lebih kuat.
Baca Lebih Lanjut