Inilah 5 Penyebab Kopling Mobil Keras Saat Diinjak

Oktober 05, 2024
By Thomas W
Inilah 5 Penyebab Kopling Mobil Keras Saat Diinjak-otospector

Penyebab kopling mobil keras, umumnya adalah persoalan teknis, yaitu rusaknya beberapa komponen sehingga mengganggu kinerja kopling. Beberapa komponen itu antara lain kampas kopling, matahari, sampai dengan release bearing.

Namun Otofriends juga harus paham, sebenarnya pemicu kerusakan komponen-komponen itu tak lain adalah kebiasaan dari pengemudi itu sendiri. Misalnya, terlalu cepat melepas kopling, padahal sistem transmisi belum bekerja sempurna.

Kebiasaan ini akan menyebabkan komponen-komponen tertentu akan rusak sehingga akibatnya kopling akan terasa keras saat diinjak.

Bagaimana proses terjadinya kerusakan pada komponen-komponen ini sehingga menjadi penyebab kopling mobil keras? Yuk, kita kupas satu per satu biar Otofriends paham:

#1: Kabel Kopling Sudah Kering

Sumber: Moladin

Kopling dengan sistem kabel, akan bekerja dengan baik dan terasa enteng, karena adanya pelumasan. Kalau pelumasnya sudah mengering, wajar jika kopling terasa seret.

Solusinya tentu saja dengan pelumasan ulang menggunakan pelumas khusus, atau sekarang ada juga pelumasan jenis serbuk.

Saat dilakukan pelumasan ulang, jangan lupa untuk menyetel ulang kabel kopling agar pijakannya tetap enak.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Menipisnya Kampas Kopling

Sumber: Auto2000

Kampas kopling juga bisa jadi penyebab kopling jadi keras, terutama kalau kampas sudah menipis atau aus. Masalah ini justru lebih sering terjadi, dibanding penyebab lain.

Kalau kampas sudah menipis, sebaiknya segera diganti, agar kerusakan tidak merembet pada komponen lain. Pergantian kampas kopling juga sebaiknya satu set dengan cover koplingnya.

Pada pemakaian normal, kampas kopling biasanya harus diganti setiap 80.000 km. Tetapi kalau ada yang salah dalam pemakaian, bisa lebih cepat lagi.

Baca juga: Benarkah Semir Ban Mobil Bikin Ban Jadi Awet?

#3: Cover Clutch Sudah Aus

Sumber: Blibli.com

Cover clutch atau biasa disebut juga sebagai matahari yang sudah aus atau kedaluwarsa, biasanya akan menurun daya tekannya. Komponen pressure plate juga tidak bisa bekerja normal.

Usia pakai dari matahari tergantung dari intensitas berkendara. Semakin jauh kilometernya, akan semakin cepat kedaluwarsa.

Penggantian matahari ini butuh ketepatan pemasangan. Sebaiknya diserahkan saja ke bengkel yang punya peralatan lengkap dan mekanik andal.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Release Bearing Rusak

Sumber: Moservice.id

Fungsi release bearing adalah mendorong pegas diafragma di matahari. Nah, seiring penggunaan mobil, komponen ini akan aus dan pegas akan melemah.

Kerusakan pada release bearing ini akan dirasakan pada pijakan kopling yang keras atau bergetar.

Release bearing yang rusak harus diganti baru. Yang harus diingat, saat pemasangan release bearing tidak perlu ditambahkan pelumasan, karena justru akan bisa memicu terjadinya selip.

Baca juga: Empat Penyebab Mobil Matic Kehilangan Tenaga

Apakah sistem transmisi yang bermasalah juga akan mempengaruhi tenaga mobil saat menanjak?

Tentu saja, karena transmisi memegang peran penting sebagai penghubung antara mesin dan roda. Transmisi mengatur seberapa besar tenaga yang disalurkan ke roda dari mesin, sehingga kalau transmisi bermasalah, maka tenaga juga akan berkurang.

Untuk mengetahui kondisi transmisi mobil bekas yang akan dibeli, Otofriends sebaiknya memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan inspeksi mobil yang dilakukan inspektor berpengalaman, maka akan didapat gambaran sesungguhnya dari mobil tersebut, terutama kondisi transmisinya.

Kalau kita bisa mendapat mobil yang kondisinya bagus, ke depannya kita akan terhindar dari biaya perawatan yang lebih besar.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Ada di Mall Ciputra Ini Jadwal Samsat Keliling Jakarta Barat Lainnya

Juli 06, 2024
Warga Jakarta Barat yang akan melakukan urusan perpanjangan STNK, tentu tidak pernah merasa repot lagi berkat adanya layanan Samsat Keliling Jakarta Barat. Dengan adanya Samsat Keliling, warga punya banyak alternatif tujuan yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kepentingan pribadinya. Wajar jika ada sebagian anggota masyarakat yang memilih urusan perpanjangan STNK kendaraannya di Samsat Keliling. Ini
Baca Lebih Lanjut

5 Merek Ban Mobil Terbaik Di Indonesia 2024

Juli 05, 2024
Dari sejumlah merek ban mobil yang beredar di Indonesia, ada beberapa merek ban yang layak diberi penghargaan sebagai ban mobil terbaik. Kita bahas merk ban mobil terbaik, atau yang penasaran tentang rekomendasi merk ban mobil terbaik di Indonesia. Bukan hanya soal teknologi yang dipakai dalam pengembangan produknya, namun bagaimana ban tersebut juga mampu menjawab kebutuhan
Baca Lebih Lanjut

Rahasia TWI Pada Perawatan Ban Mobil

Juli 04, 2024
Bukan cuma mesin, bodi, maupun interior; salah satu yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil adalah perawatan ban mobil. Pada kenyataannya, masih banyak pemilik mobil yang cuek dengan kondisi ban mobilnya. Entah itu sudah retak, alur tapak sudah botak, atau bahkan usia ban sudah kelewat tua. Salah satu cara mudah untuk melihat kelayakan sebuah ban, adalah
Baca Lebih Lanjut