Ini Nih Bahayanya Ketika Mobil Menerobos Banjir

Desember 14, 2023
By Getan Metodius
Ini Nih Bahayanya Ketika Mobil Menerobos Banjir-otospector

Hallo otofriends udah musim ujan nih, kalau cuaca sudah mulai susah ditebak, pagi dan siang terang, dan ternyata sore hujan, itu udah pertanda musim hujan panjang. Kalau udah begini kamu sebagai pengendara roda empat harus memperhatikan hal-hal penting dalam berkendara, yaitu mengemudi saat terjadi banjir.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Sejumlah ruas jalan pasti ada aja yang diluar prediksi tiba-tiba banjir, dan kita pengendara diimbau tidak boleh menerobos banjir atau genangan yang cukup tinggi. Sebetulnya bisa sih melewati genangan yang tinggi itu, tapi akan ada bahaya yang bisa timbul nih.

Bahaya mobil terobos banjir:

#1: Kabin masuk air.

banjir kabin mobil

Sumber: starjogja

Agak berisiko nih kalau hal ini udah terjadi otofriends, kalau emang dipaksakan kabin kemasukan air dan bisa menurunkan harga jual kembali mobil kamu. Meskipun tertutup rapat tuh pintu mobil, tapi jika genangan sangat tinggi bisa masuk melalui sisi tersempit pintu dan bodi mobil.

Dampak terbesar adalah panel bodi mobil kena air kotor dan berbau dan bikin kabin mobil jadi nggak nyaman ketika dikendarai. Ditambah lagi nih otofriends, biaya membersihkan kabin mobil yang udah kena banjir atau air ujan kotor itu susah dan sangat memakan biaya.

Baca juga: Perhatikan, Inilah 5 Ciri Mobil Bekas Banjir

#2: Garansi akan hilang.

asuransi mobil

Sumber: Astra Daihatsu

Ketika mobil sudah rusak karena melewati banjir dan masuk ke dalam kabin, kamu bisa berpotensi tidak bisa melakukan klaim atas garansi yang kamu punya loh. Perusahaan asuransi akan menganggap kamu lalai dan mengakibatkan kerusakan pada mobil kamu sendiri.

Bakalan nggak enak banget kan otofriends kalau udah begini, klaim garansi ke bengkel untuk sparepart mobil juga bakal ditolak ketika melewati banjir.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Air masuk ke dalam mesin.

mesin mobil rusak

Sumber: Ombro

Fenomena ini disebut dengan water hammer ya otofriends, dimana risiko berbahaya menanti kalau memaksa mobil melewati banjir tinggi. Bahayanya air bisa masuk ke dalam mesin dan terbawa ke sisi ruang bakal dan bisa menimbulkan kerusakan yang menjalar pada mesin mobil kamu.

Kerusakan seperti rusaknya piston dan stang piston, lalu bisa rusak pada crankcase dan bisa pecah karena tekanan air yang besar saat mesin berputar. Kalau ini terjadi biaya turun mesin akan kamu keluarkan otofriends.

Tips melewati genangan banjir:

Kami tidak menyarankan melewati genangan banjir besar otofriends, namun jika genangan masih kecil atau rendah bisa tetap dilewati dengan beberapa cara. Menjaga jarak dengan kendaraan di depan kamu, dan menghindari arus dari air banjir.

Lalu kamu perlu menjaga putaran mesin agar tetap stabil, tapi hindari melewati ketika putaran mesin tinggi, nanti bisa mati. Usahakan mencari jalan alternatif lain ya otofriends biar kondisi kendaraan kamu itu terjaga.

Baca juga: Terupdate Harga Mobil Calya Bekas 2023

Bahaya mobil kena banjir harga jual anlok:

Ketika kamu mau beli mobil bekas pasti nggak mau beli yang bekas banjir kan otofriends? Yap sama dengan bang min. Oleh karena itu kamu gak boleh melewati banjir yang tinggi ketika berkendara.

Dan buat yang mau beli mobil bekas, disarankan menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas otospector biar tahu mobil yang kamu incar ini dalam kondisi layak dipinang atau tidak.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Fungsi Utama Gardan Dan Juga Cara Merawatnya

Januari 15, 2024
Emang sih mobil keluaran baru itu kebanyakan sudah menggunakan teknologi penggerak roda depan. Tapi gak sedikit dari pecinta otomotif yang masih pengen beli mobil dengan penggerak roda belakang dengan dukungan gardan sebagai pemicunya. Semua itu tidak salah dan balik lagi pada pilihan masing-masih kamu otofriends. Biar kamu makin ngerti kita bahas secara dalam tentang fungsi
Baca Lebih Lanjut

Terupdate Harga Mobil Calya Bekas 2024

Januari 14, 2024
Harga mobil Calya bekas semakin hari menarik untuk disimak. Salah satu alasannya karena mobil ini merupakan saudara kembar dari Daihatsu Sigra yang populasinya sangat banyak. Tentu pilihannya jadi semakin beragam, harga juga kompetitif. Faktor menarik lainnya, keduanya juga masuk dalam program mobil LCGC (Low Cost Green Car). Karena itu mobil ini dapat menjadi salah satu
Baca Lebih Lanjut

Selain Ban Kempes, Ini Penyebab Setir Mobil Berat

Januari 13, 2024
Penyebab setir mobil berat sebenarnya bisa bermacam-macam. Namun salah satu yang paling umum dan mudah dideteksi adalah kondisi ban mobil yang kempes. Saat melewati jalanan yang agak rusak, setir yang berat bisa langsung terasa. Tidak ada pilihan lain, untuk mencegah kondisi ini, Otofriends harus selalu mengecek tekanan angin pada ban secara rutin. Seiring waktu dan
Baca Lebih Lanjut