GIIAS 2023 Bakal Jadi Pameran Otomotif dengan Peserta Terbanyak

Juli 26, 2023
By Thomas W
GIIAS 2023 Bakal Jadi Pameran Otomotif dengan Peserta Terbanyak-otospector

Penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 dipastikan bakal lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, pada penyelenggaraan tahun ini, akan ada lebih banyak merek kendaraan bermotor yang ikut serta dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

GIIAS adalah pameran otomotif terbesar di Tanah Air yang diadakan sejak tahun 1986 dengan nama Gaikindo Car Exhibition. Kemudian namanya diubah menjadi Indonesia International Motor Show (IIMS). Namun sejak tahun 2015 GIIAS dipisahkan dari IIMS dan rutin diadakan setiap tahun.

Kapan GIIAS 2023 akan diadakan? Dan apa saja fakta-fakta yang patut kita ketahui sebelum datang ke pameran GIIAS 2023? Simak fakta-fakta berikut ini:

#1: Penyelenggaraan GIIAS 2023

kapan GIIAS 2023 diadakan

Pameran GIIAS tahun ini diadakan pada 10-20 Agustus 2023 di ICE-BSD City, Tangerang. Penyelenggaraan pada tahun ini merupakan pameran Gaikindo yang ke-30 kalinya.

Gaikindo adalah asosiasi kendaraan bermotor di Indonesia yang dibentuk pada tahun 1969 dan bersifat non profit. Semua anggota GAIKINDO adalah perusahaan agen pemegang merk (APM) yang terdiri dari produsen kendaraan bermotor, distributor kendaraan bermotor, serta pembuat komponen utama kendaraan bermotor (manufacturer).

Baca juga: Pahami Istilah Jual-Beli Ini Sebelum ke Dealer atau Pameran!

#2: Lokasi Pameran

kapan GIIAS 2023 diadakan

Sejak tahun 2015, terhitung sejak GIIAS berpisah dari IIMS lokasi pameran pindah ke Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang Selatan. Sejak itulah belum pernah berpindah ke lokasi lain

GIIAS juga juga menjadi seri pameran di kota-kota besar. Setelah Jakarta, maka akan diadakan pada 20-24 Agustus di Grand City Mall and Convex, Surabaya; pada 18-22 Oktober di Marina Convention Center, Semarang; dan 22-26 November di Sudirman Grand Ballroom, Bandung.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Peserta Pameran

kapan GIIAS 2023 diadakan

Pameran kali ini menghadirkan jumlah merek kendaraan terbanyak dalam kurun waktu delapan tahun ke belakang.

Tahun ini GIIAS akan menghadirkan total 49 merek kendaraan bermotor, termasuk 29 merek kendaraan penumpang yakni; Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, Wuling.

5 merek dari kendaraan komersial hadir antara lain Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks. Serta 15 merek dari kendaraan roda dua; Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, Harley-Davidson, lon Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, dan Vespa.

Selain mobil dan motor, ada 3 merek Karoseri juga hadir pada GlIAS 2023, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem.

#4: Aktivitas Pengunjung

kapan GIIAS 2023 diadakan

Tahun ini GIIAS akan kembali menyoroti dari kendaraan listrik, pengunjung dapat mengendarai langsung kendaraan listrik, termasuk dari inovasi kendaraan listrik terbaru yang belum pernah hadir di Indonesia dapat dicoba langsung di area EV Test Drive pada area luar atau outdoor dari pameran GIIAS 2023.

Pengunjung dapat mencoba test drive dan test ride mobil atau sepeda motor impian untuk merasakan tingkat kenyamanan, fitur, teknologi, dan aspek lain dari kendaraan sebelum benar-benar membeli produk tersebut.

#5: Pembelian Tiket

kapan GIIAS 2023 diadakan

Para pengunjung bisa melakukan pembelian tiket melalui aplikasi GIIAS Auto 360 atau melalui website https://www.auto360.id/ticket.

Ada beberapa pilihan tiket tergantung dari hari pameran. Untuk tiket reguler dari Senin ke Jumat (11.00-21.00 WIB), pembelian online Rp50.000 sedangkan on the spot Rp70.000.

Pada hari libur atau hari besar Sabtu dan Minggu (10.00-21.00 WIB), pembelian online Rp100.000 sedangkan on the spot Rp120.000. Khusus hari kemerdekaan 17 Agustus 2023 (10.00-21.00 WIB), pembelian online Rp78.000 dan on the spot Rp120.000.

Baca juga: Kenapa Beli Mobil Bekas Harus Dengan Garansi

beli mobil bekas di tokopedia

Bagaimana memastikan mobil bekas yang akan kita beli dalam kondisi baik?

Membeli mobil baru dan mendapat garansi itu sih, biasa. Tapi membeli mobil bekas dan mendapat garansi, itu baru luar biasa. Dan ini hanya bisa terwujud jika Otofriends membeli mobil bekas di aplikasi OTOS atau dealer partner Otospector.

Mobil-mobil yang dijual di OTOS maupun dealer partner dijamin berkualitas karena telah lulus inspeksi dari jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan sertifikat lulus inspeksi dari Otospector maka Otofriends dijamin akan mendapat mobil dengan kualitas terbaik sehingga selalu tenang saat dipakai sehari-hari.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Harga Mobil Kijang Kapsul Bekas Per 2024

Mei 24, 2024
Meski sudah lebih dari 20 tahunan sejak pertama kali dipasarkan, Toyota Kijang Generasi Keempat atau dikenal sebagai mobil “Kijang kapsul” masih cukup diminati di pasaran mobil bekas. Respons para peminat yang masih tinggi serta harga yang tergolong masih stabil, menandai keberadaan MPV ini di pasaran yang seolah tak tergoyahkan. Tingginya minat pembeli terhadap mobil Kijang
Baca Lebih Lanjut

Apa Boleh Langsung Pakai Mobil Matic Tanpa Harus Dipanasin Dulu?

Mei 24, 2024
Seperti yang kita ketahui jika mobil ingin dipakai harus dipanaskan terlebih dahulu, hal ini dilakukan agar tetap menjaga kondisi mesin mobil selalu bekerja secara optimal. Dan untuk mobil matic ada cara khusus untuk memanaskannya yang berbeda dengan mobil manual. Setiap jenis mobil jika ingin digunakan harus melakukan pemanasan yang cukup lama. Karena dengan memanaskan mesin
Baca Lebih Lanjut

Jangan Diabaikan Ciri-ciri Rem Mobil Bermasalah

Mei 24, 2024
Jika Otofriends termasuk pengemudi yang aktif dan peduli pada perawatan mobil, maka sebaiknya harus peka pada ciri-ciri rem mobil bermasalah. Pasalnya, fungsi rem mobil sangatlah vital untuk menunjang keselamatan berkendara. Terutama, jika Otofriends sering berpergian jarak jauh dengan kecepatan tinggi. Mengingat pentingnya fungsi rem, tak heran jika sistem ini termasuk piranti yang wajib dicek kondisinya
Baca Lebih Lanjut