Gejala Kerusakan Ban Mobil Yang Perlu Diketahui

Oktober 07, 2024
By Getan Metodius
Gejala Kerusakan Ban Mobil Yang Perlu Diketahui-otospector

Menurut teman-teman apakah ban mobil bisa cepat rusak? Karena pada umumnya kerusakan ban mobil bisa saja terjadi. Contohnya pada saat kamu sering rem mendadak ketika sedang berkendara, atau juga tekanan angin pada ban yang tidak sesuai prosedur atau aturan ini bisa memicu terjadinya kerusakan pada ban mobil. 

Namun selain gejala kerusakan diatas ada juga beberapa ejala kerusakan ban mobil yang wajib kamu ketahui. Berikut ini ada beberapa gejala kerusakan pada ban yang harus kamu pahami.

#1: Retak Pada Ban Mobil.

ban retak

Sumber: hypeabis

Terjadinya keretakan pada ban mobil biasanya disebabkan oleh batas usia nya ban tersebut yang sudah melewati masa batas pakai ban sehingga hal tersebut membuat ban menjadi getas. 

Dan jika ban mobil kamu sudah mulai getas maka tapak ban mobil akan mengalami retak-retak. Pada umumnya usia ideal untuk pemakaian ban mobil sekitar kurang lebih 5 tahun dengan syarat penyimpanan yang sangat baik, yaitu di suhu ruang 25-35 derajat Celcius. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Cut Burst.

Cut Burst ban mobil

Sumber: liputan6

Seperti yang kita ketahui bahwa cut burst merupakan jenis kerusakan ban yang sangat parah. Biasanya kerusakan tersebut bisa terjadi karena ban yang melindas benda yang tajam atau ban mendapatkan tekanan yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan ban meletus. 

Dan jika ban mobil sudah mengalami cut burst, kamu harus lebih berhati-hati pada saat sedang berkendara dan juga kamu harus pastikan jika tekanan ban mobil dalam keadaan tekanan angin yang tetap stabil. 

Baca juga: 5 Merek Ban Mobil Terbaik Di Indonesia 2024

#3: Aus Tidak Merata.

ausnya tidak rata

Sumber: liputan6

Irregular Wear atau biasa dibilang aus tidak merata bisa terjadi karena salah satu jenis kerusakan yang sudah sering terjadi pada ban mobil. Biasanya aus tidak merata ini terjadi apa bila tekanan angin ban mobil yang kurang atau tekanan angin ban mobil yang melebihi batas. 

Dan spooring (menyeimbangkan kedudukan roda) tidak pas, maka suspensi menjadi tidak bekerja dengan baik. Nah, maka sebab itu kamu harus melakukan perawatan secara rutin ya sobat. 

Oh iya, untuk menghindari ban yang arusnya tidak merata, kamu harus memperhatikan tekanan angin pada ban mobil kamu, pastikan tekanan angin ban mobil kamu tidak kurang atau tidak kelebihan. 

Dan kamu juga harus memperhatikan bagian spooring dengan cara memperhatikan posisi kaki-aki pada roda secara rutin. Dan kamu juga selalu cek bagian kondisi suspensi, pastikan kondisi suspensi dalam kondisi yang baik. 

#4: Spot Wear.

Spot wear merupakan kerusakan ban mobil yang biasanya mempunyai ciri dengan adanya permukaan ban yang sudah mulai rusak tapi hanya di bagian tertentu saja.

Biasanya jenis kerusakan seperti ini disebabkan dengan pengemudi yang selalu melakukan rem secara mendadak, sehingga menyebabkan tidak balance nya roda ban yang kurang bagus dan menyebabkan suspensi menjadi rusak. 

Supaya ban mobil kamu tidak mengalami kejadian diatas maka alangka baiknya ketika sedang berkendara kamu harus menghindari rem secara mendadak, dan harus selalu fokus ketika sedang berkendara. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Benarkah Semir Ban Mobil Bikin Ban Jadi Awet?

#5: Ban Meledak.

Biasanya ban yang meledak terjadi karena ban mobil yang menghantam jalan yang berlubang dengan kecepatan yang sangat kencang. Dan ban mobil yang meledak menimbulkan kerusakan pada beberapa komponen, seperti kerusakan pada velg mobil. 

Maka dari itu alangka baiknya ketika sedang berkendara dan saat melewati jalanan berlubang segera turunkan kecepatan berkendara dan tetap fokus pada saat berkendara. 

Perhatikan ban ketika beli mobil bekas.

Otofriends harus memperhatikan dari A sampai Z kalau mau beli mobil bekas, kira-kira kamu harus mengecek lebih dari 100 komponen ya. Tapi tenang kalau kamu mau beli mobil bekas, misalnya Toyota Avanza, kamu ada 3 incaran mobil bekas Avanza tapi ngga tau mana nih yang terbaik buat saya.

Kamu bisa pakai jasa inspeksi mobil bekas Otospector ya. Kamu bisa dengan tenang karena inspeksi mobil Otospector adalah independen tidak memihak sisi penjual ataupun juga dealar. Jika laporan udah keluar nah kamu bisa pilih mana dari 3 mobil tadi yang terbaik. Jangan seperti beli kucing dalam karung ya otofriends.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Ilmu Rahasia Biar Jual Mobil Cepat Laku

Agustus 06, 2024
Jika kamu ingin jual mobil dan ingin cepat laku itu lumayan mudah, kamu hanya perlu memperhatikan mesin mobil kamu sampai ke dokumennya. Apa lagi di era sekarang ini banyak orang yang menjual mobilnya untuk ditukar tambah dengan mobil bekas atau dengan mobil yang baru.  Atau juga ada yang menjual mobilnya langsung ke perorangan, namun ada
Baca Lebih Lanjut

Perbandingan GIIAS 2023 dan GIIAS 2024, Lebih Seru Mana?

Agustus 05, 2024
Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show GIIAS 2024 telah berakhir 28 Juli 2024 lalu. Boleh dibilang, inilah ajang pesta dunia otomotif terbesar di Indonesia yang sekaligus menjadi barometer kondisi industri otomotif nasional.  Pameran yang berlangsung 10 hari (18 Juli – 28 Juli) ini ternyata mencatat berbagai kemajuan. Setidaknya jika dibandingkan dengan penyelenggaraan setahun sebelumnya atau GIIAS
Baca Lebih Lanjut

Nih, Info Lengkap Pemutihan Pajak di Tangerang Tahun 2024

Agustus 02, 2024
Buat Otofriends yang tinggal di wilayah Tangerang, Banten, apakah sudah tahu ada program Pemutihan Pajak Tangerang 2024? Tentu saja ini kesempatan bagus buat Otofriends dan para pemilik kendaraan untuk menyelesaikan kewajiban pajak kendaraannya agar lebih ringan. Apalagi, kalau sebelumnya ada tunggakan pajak yang disertai denda.  Program pemutihan pajak akan menghapus denda atas tunggakan pajak kendaraan.
Baca Lebih Lanjut