Fungsi Utama Gardan Dan Juga Cara Merawatnya

Januari 15, 2024
By Getan Metodius
Fungsi Utama Gardan Dan Juga Cara Merawatnya-otospector

Emang sih mobil keluaran baru itu kebanyakan sudah menggunakan teknologi penggerak roda depan. Tapi gak sedikit dari pecinta otomotif yang masih pengen beli mobil dengan penggerak roda belakang dengan dukungan gardan sebagai pemicunya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Semua itu tidak salah dan balik lagi pada pilihan masing-masih kamu otofriends. Biar kamu makin ngerti kita bahas secara dalam tentang fungsi gardan mobil dan cara merawatnya. Ternyata gardan mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting di dalam roda mobil.

Karena fungsi dari utama gardan mobil adalah  mengirim putaran mesin dari transmisi lalu ke roda penggerak, sehingga mobil bisa berjalan untuk mundur dan maju.

Jika tanpa gardan mobil maka mobil pun tak bisa berjalan atau bergerak, karena seperti yang kita ketahui bahwa mesin akan berputar jika ada rodanya, maka gardan mobil berfungsi untuk menyeimbangi perbedaan kecepatan di antara roda kanan dan roda kiri mobil, terutama pada saat mobil menghadapi tikungan.

Fungsi Dari Gardan Mobil:

#1: Dapat Mencegah Getaran Yang Berlebihan

setir mobil bergetar

Sumber: Cintamobil

Fungsi dari gardan mobil adalah untuk membantu menyerap getaran pada mobil dari mesin serta transmisi, jadi secara tidak langsung dapat mengurangi getaran yang dirasa pengemudi dan penumpang pada saat sedang dalam perjalanan.

#2: Menyeimbangi perbedaan kecepatan roda kanan kiri

roda kanan kiri

Sumber: DuitPintar

Fungsi kedua dari gardan mobil adalah dapat menyeimbangi kecepatan pada roda kanan dan roda kiri mobil jika sedang menghadapi tikungan, maka otomatis roda kanan dan roda kiri mobil akan mengalami kecepatan yang berbeda.

Nah, fungsi dari gardan mobil ini adalah sebagai penyeimbang perbedaan kecepatan tersebut, agar mobil kamu dapat berjalan dengan lancar, aman dan tetap stabil ketika sedang dikendarai.

Baca juga: Cara Parkir Paralel Mobil Matic

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Dapat mengurangi beban transmisi

transmisi manual

Sumber: Poptren

Gardan mobil juga berfungsi untuk mengurangi beban yang ada di transmisi. Jadi, dapat memperpanjang daya tahan pada saat pemakaian transmisi dan juga dapat meningkatkan efisiensi pada bahan bakar mobil kamu.

#4: Dapat menyalurkan tenaga transmisi ke roda

fungsi gardan mobil

Sumber: Sindonews

Fungsi gardan selanjutnya adalah sebagai menyaluran putaran pada mesin dari transmisi ke setiap roda penggerak. Jadi, dipastikan mobil kamu akan bergerak maju atau sebaliknya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Ketahuilah Beda Oli mesin dan Oli Gardan

#5: Memperbesar dari sudut kemiringan

sudut kemiringan ban mobil

Sumber: Qoala

Gardan mobil juga memungkinkan untuk perjalanan yang jauh serta jalanan yang bergelombang atau curam dengan lebih mudah ketika dilewati, karna fungsi gardan mobil sebagai memperbesar dari tiap sudut kemiringan pada roda dan dapat membuat roda mobil tetap berada di tanah.

Dan ini merupakan komponen – komponen dari gardan :

  1. Spider gear
  2. Drive pinion gear
  3. Ring gear
  4. Gasket
  5. Universal joint flange
  6. Axle shaft housing
  7. Axel shaft housing cap
  8. Side gear
  9. Bearing cap
  10. Adjuster nut
  11. Differential oil tube

Cara mudah merawat gardan mobil:

Rutinlah mengganti oli gardan mobil, ya setidaknya ketika sudah mencapai 40.000 km atau 2 tahun ya otofriends. Lalu kamu perlu menggunakan ban yang sesuai standar, tidak boleh beda ukuran atau terlalu besar, karna jika terlalu besar maka akan memperberat kinerja gardan.

Selanjutnya kamu perlu menghindari jalanan yang sekiranya akan membuat ban mobil selip, dan jika sudah terjadi selip, jangan paksakan kendaraan kamu saat ban sudah selip.

Periksa dengan seksama jika kamu mau beli mobil bekas:

Untuk saat ini mobil-mobil dengan gardan atau penggerak roda belakang kebanyakan mobil-mobil bekas. Jadi ada banyak hal selain kesehatan roda, transmisi dan juga gardan yang pelu kamu cek sebelum membelinya.

Disarankan kamu menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector biar dilakukan pengecekan secara menyeluruh. Supaya kamu nggak salah beli nantinya dan malah keluar banyak uang hanya untuk perbaikan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Tanda Mobil Kamu Sudah Harus Turun Mesin

Februari 21, 2024
Overhaul atau biasa orang bilang turun mesin kadang dapat mengkhawatirkan bagi pemilik mobil. Seperti yang kita ketahui bahwasanya faktor turun mesin banyak otofriends, bisa di sebabkan dalam jangka waktu yang sangat lama atau juga mesin mobil yang sudah ada banyak kendala, tapi dibiarkan begitu saja. Mobil yang akan turun mesin, tentu mempunyai ciri yang bisa
Baca Lebih Lanjut

Cara Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

Februari 20, 2024
Adalah sebuah kebiasaan baik kalau Otofriends selalu cek kamera CCTV lalu-lintas sebelum berpergian. Itu artinya, kita selalu mempersiapkan diri dan merencanakan rute yang akan dilalui. Kondisi yang tidak diinginkan, bisa diantisipasi sejak dini. Pantauan kamera CCTV lalu-lintas bisa kita lihat lewat internet untuk sejumlah ruas jalan di kota-kota besar dan jalan tol. Sayangnya pantauan CCTV
Baca Lebih Lanjut

Selain Civic Siapa Aja Mobil Sedan Terbaik 2024?

Februari 20, 2024
Kalau ada disini yang suka dengan mobil sedan, bang min pengen tanya kenapa kamu suka mobil sedan sih? Apa karna mobil sedan keren suka ada di film-film Amerika? Semua alasan kamu itu bang min setuju. Kalo bang min paling suka sama mobil sedan itu dari Eropa, yaitu Mercedes-Benz. Tapi kali ini kita bakalan bahas lebih
Baca Lebih Lanjut