Dimana Lokasi Uji Emisi di Jakarta?

September 25, 2023
By Getan Metodius
Dimana Lokasi Uji Emisi di Jakarta?-otospector

Uji emisi, apa sih uji emisi ini, dan sebetulnya kenapa uji emisi harus dilakukan? Kita bahas secara menyeluruh ya otofiends. Begini, pada dasarnya uji emisi ini untuk kendaraan di atas usia tiga tahun, terutama di wilayah DKI Jakarta. Emisi gas buang kendaraan di Jakarta melebihi batas ketentuan tentu akan dilakukan Tindakan tilang oleh polisi. Pengujian ini tuh dilakuka guna memastikan kendaraan tetap ada pada kondisi prima dan tidak berikan dampak besar bagi lingkungan sekitar.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#1: Apa itu uji emisi?

apa itu uji emisi

Sumber: pajak.com

Uji emisi adalah pengujuan untuk mengetahui kinerja mesin dengan bantuan deteksi alat khusus. Selain itu manfaat uji emisi juga bisa mengetahui dari tingkat efisiensi pembakaran dari mesin. Dengan proses ini, point penting dari kondisi mesin mobil bisa langsung diketahui seperti kondisi injector, kadar sisa gas buang dari knalpot sampai kadar gas buang dari mesin.

#2: Manfaat dari uji emisi.

cek emisi kendaran

Sumber: Tribunnews.com

Sebetulnya uji emisi ini bukan disengaja oleh pemerintah, tetapi ini demi kebaikan kita juga sebagai masyarakat, terutama pada lingkungan. Dari uji emisi, bisa diketahui kadar dari buangan pembakaran mesin yang berpengaruh langsung pada lingkungan.

Jika kadar buang mesin ini melewati batas maksimal, maka kondisi mobil itu sedang tidak baik-baik saja. Uji emisi juga bisa mengetahui kondisi Kesehatan mesin mobil. Ketika ini sudah diketahui si pemilik, sang pemilik itu bisa melakukan perawatan langsung pada mobil atau motornya.

Baca juga: Ini Cara Mengatasi Karat Pada Piringan Rem Cakram Mobil

#3: Syarat kendaraan lolos uji.

uji emisi di jakarta

Sumber: sindonews.net

Adapun beberapa syarat yang perlu otofriends ketahui nih sebagai pemilik mobil. Memang syarat lolos uji ini berbeda-beda tergantung dari tipe kendaraan. Ada jenis kategori yang bisa digunakan pada pengujian ini. Misalnya mobil berbahan bakar bensin dibagi dalam dua kategori, mobil tahun produksi di bawah 2007 dan di atas 2007.

Mobil di bawah 2007 diwajibkan memiliki kadar CO2 di bawah dari 3 persen, sedangkan di atas 2007 kadar CO2 nya tidak boleh lebih dari 1,5 persen.

#4: Uji emisi gratis dari Astra Group.

uji emisi mobil

Sumber: rri.co.id

Seperti di kutip dari oto.detik.com, Astra Group membuka pelayanan uji emisi yang gratis. Dari 4 September sampai 31 Desember 2023. Ada sekitar 45 bengkel Astra yang terintegrasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta yang tersebar di sejumlah titik. Bengkel dari dealer Astra Group yang sudah memenuhi layanan uji emisi gratis di antaranya ada Auto2000, Astra Daihatsu, Astra Isuzu, Astra Peugeot, Astra UD Trucks, BMW Astra, Astra Motor, Lexus.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Lokasi bengkel Astra yang menerima uji emisi.

uji emisi di jakarta

Sumber: daihatsuastramakassar.id

Ada juga tiga bengkel Astra Otoservice dan dua bengkel Shop & Drive yang siap membantu pengecekan kendaraan gratis. Di bawah ini adalah beberapa bengkel Astra yang memberikan layanan uji emisi gratis.

Auto2000:

  • Auto2000 Yos Sudarso
  • Auto2000 Pluit
  • Auto2000 Kelapa Gading
  • Auto2000 Garuda Jakarta Pusat
  • Auto2000 Pramuka

Astra Daihatsu:

  • Astra Daihatsu Pangeran Jayakarta
  • Astra Daihatsu Radio Dalam
  • Astra Daihatsu Palmerah
  • Astra Daihatsu Pondok Pinang

Baca juga: Aplikasi Google Maps Vs. Waze Bagus Mana?

Perlu kah mobil bekas juga uji emisi?

Setelah kita tahu, meskipun mobil bekas juga ketika sudah masuk kriteria tertentu juga perlu di uji emisi. Tetapi perlu diketahui yang lebih penting bahwa sebelum uji emisi perlu adanya kurasi yang baik sebelum membeli mobil bekas.

Agar tidak memberatkan, beli mobil bekas perlu menggunakan jasa inspeksi mobil bekas. Biar tidak salah pilih dan malah beli mobil banyak PR. Setelah sudah dapat mobil yang sehat barulah lakukan uji emisi dan lakukan perawatan termasuk service yang menyeluruh agar kondisi mobil kembali prima.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Catat! Ini Fungsi Tombol Sirkulasi Udara di Mobil

Maret 12, 2024
Fungsi tombol sirkulasi udara di mobil sering menjadi pertanyaan besar bagi pemilik mobil. Maklum, tombol ini memang terhitung jarang disentuh-sentuh. Bahkan mungkin sejak mobil baru dibeli. Tombol sirkulasi udara di mobil tentu berfungsi untuk menjaga kualitas udara yang dihirup oleh penumpang di dalam mobil. Namun sebaiknya Otofriends juga harus tahu secara spesifik, bagaimana peran tombol
Baca Lebih Lanjut

5 Harga Mobil Keluarga Di Bawah 50 Juta

Maret 12, 2024
Mobil keluarga di bawah 50 juta selalu jadi topik pencarian favorit para pemburu mobil yang punya kabin luas serta harganya murah. Apalagi di tengah rencana kenaikan harga BBM, tentu calon pembeli semakin bijaksana dalam membelanjakan uangnya untuk kendaraan. Simak pilihan mobil bekas terbaik. Dengan anggaran yang cukup ketat, tentu pilihan Otofriends tidak cukup leluasa. Namun
Baca Lebih Lanjut

Mari Kita Cek, 5 Mobil Diesel Paling Irit 2024

Maret 11, 2024
Harus diakui, salah satu alasan sebagian konsumen otomotif di Indonesia menyukai mobil bermesin diesel adalah karena faktor bahan bakar. Selain irit, sudah jadi permakluman, kalau ada sebagian orang nekat memberikan bahan bakar Biosolar yang notabene harganya paling murah. Alhasil, biaya operasional mobil ini sangat ekonomis untuk pemakaian sehari-hari. Alasan lain tentu saja karena faktor mesin.
Baca Lebih Lanjut