Daftar Mobil Bekas Tidak Layak Beli. Ada Pilihan Anda?

November 28, 2018
By jandika
Daftar Mobil Bekas Tidak Layak Beli. Ada Pilihan Anda?-otospector

OtoFriends, apakah Anda tengah berencana membeli mobil bekas sebagai kendaraan pribadi? Sebelum memilih, Anda wajib tahu dulu mobil bekas tidak layak beli yang ada di pasaran. Hmmhh.. kira-kira mengapa ya?

Bukan hanya karena kualitas yang buruk, mobil-mobil bekas ini tak disarankan dibeli karena berbagai alasan. Beberapa hal tersebut antara lain susah dirawat, kurang nyaman digunakan, serta dibanderol dengan harga selangit. Mari simak penjelasan lengkap mengenai mobil tak layak beli berikut ini.

Merek & Tipe Mobil Tidak Layak Beli

Mobil Bekas Tidak layak Beli

Melansir oto.detik.com, berikut beberapa merek dan tipe mobil bekas yang tidak layak beli:

Nissan

  • Nissan Sentra (2013 dan 2015)

Mazda

  • Mazda 5
  • Mazda CX-9 (tahun 2013 dan 2016)

Volkswagen (VW)

  • VW Passat (tahun 2013-2014)
  • VW Tiguan (tahun 2009, 2011-2015, dan 2015)
  • VW Golf dan Golf SportWagon (tahun 2015 – 2016)

BWW

  • BMW 3 Series (2008 dan 2011)
  • BMW 5 Series (2009-2011)
  • BMW X3 (2008, 2011, 2012, 2017)
  • BMW X5 (2011 sampai 2013)

Audi

  • Audi A4 (tahun 2009 – 2011)

Mercedes-Benz

  • Mercedes-Benz GLC (2016-2017)
  • Mercedes-Benz GL-Class dan S-Class

Baca Juga: 7 Mobil SUV Bekas yang Murah dan Berkualitas

Ciri Kondisi Mobil Bekas Tidak Layak Beli

Mobil Bekas Tidak Layak Beli

Nah OtoFriends, tidak hanya merek dan tipe saja, Anda juga perlu tahu ciri serta kondisi mobil tidak layak beli. Memilih dan memeriksa mobil bekas idaman dengan teliti merupakan hal yang perlu dilakukan. Alasannya, tentu agar mobil tersebut dapat awet dan nyaman digunakan.

Beberapa ciri dan kondisi mobil bekas yang perlu Anda hindari adalah sebagai berikut:

#1: Mobil Bekas Kecelakaan atau Tabrakan

Saat Anda mendatangi showroom atau penjual mobil bekas perorangan, jangan luput untuk memeriksa bagian body dan rangka secara seksama. Perhatikan jika ada bekas las atau ketokan pada rangka atau sasis mobil.

Bila Anda menemukan bekas perbaikan pada rangka atau sasis mobil incaran, ada baiknya Anda hindari membeli mobil tersebut. Perubahan pada rangka mobil sifatnya permanen sehingga tidak bisa diperbaiki. Selain penurunan harga jual, jika sasis utama mobil mengalami perubahan, mobil menjadi kurang stabil dan fungsi nya terganggu.

#2: Asap Mobil Tak Bening

Kerusakan yang terjadi pada mobil dapat diketahui dari warna asap yang dikeluarkannya lho, OtoFriends! Misalnya, bila mobil bekas yang incaran kamu mengeluarkan warna hitam, itu berarti ada kerusakan pada sistem pembakaran.

Sementara itu, bila mengeluarkan asap kebiruan, itu tandanya ada oli yang bocor sehingga ikut terbakar bersama bahan bakar.

Baca Juga: Cara Mengenali Kerusakan Mobil Bekas dari Warna Asap Knalpot

Lantas, bila Anda menemui kondisi seperti ini pada mobil bekas idaman, sebaiknya urungkan niat Anda. Jika nekad beli, siap-siap menanggung risikonya karena itu indikasi ada kerusakan pada mesin yang harus dilakukan overhaul atau turun mesin yang biayanya mahal.

#3: Mobil yang Pernah Terendam Banjir

Kerusakan mobil akibat terkena banjir tak dapat terdeteksi jika hanya diperiksa sekilas. Padahal, serangkaian kerusakan bersemayam di dalam mobil ini. Itulah mengapa kendaraan bekas banjir layak dimasukkan ke dalam jajaran mobil bekas tidak layak beli.

Mulai dari interior yang berbau apek dan tak nyaman digunakan, gangguan sistem kelistrikan, hingga kerusakan mesin dapat terjadi. Supaya Anda tidak dapat mobil dengan kondisi demikian, pastikan untuk melakukan serangkaian pengecekan.

Agar lebih praktis dan tidak memakan banyak waktu, jangan ragu untuk mengandalkan OtoSpector ya OtoFriends. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Update Mobil Bekas Harga 100 Jutaan Pilihan Terbaik 2024

Januari 25, 2024
Ada berbagai pertimbangan untuk seorang konsumen dalam beli mobil bekas. Bisa keinginan akan merek atau tipe tertentu, kebutuhan sehari-hari, serta yang tidak kalah penting adalah faktor dana yang tersedia. Buat yang lagi nyari kendaraan, simak yuk harga mobil bekas di bawah 100 juta. Maklum, untuk membeli mobil bekas, konsumen harus cermat dalam mengatur anggaran, karena
Baca lebih lanjut

Pengertian 10 Lampu Indikator Yang Ada Di Mobil

Januari 24, 2024
Salah satu ciri dari mobil-mobil modern adalah adanya sensor-sensor atau lampu indikator mobil di cluster meter dashboard. Indikator-indikator ini berfungsi sebagai peringatan jika ada suatu masalah pada sistem atau komponen tertentu di kendaraan. Harapannya, pengemudi akan segera waspada dan menyelesaikan masalahnya. Masalahnya, tidak semua pengemudi paham arti dari lampu indikator mobil yang berbentuk ikon itu.
Baca lebih lanjut

Harga Mobil Kijang Kapsul Bekas Per 2024

Januari 24, 2024
Meski sudah lebih dari 20 tahunan sejak pertama kali dipasarkan, Toyota Kijang Generasi Keempat atau dikenal sebagai mobil “Kijang kapsul” masih cukup diminati di pasaran mobil bekas. Respons para peminat yang masih tinggi serta harga yang tergolong masih stabil, menandai keberadaan MPV ini di pasaran yang seolah tak tergoyahkan. Tingginya minat pembeli terhadap mobil Kijang
Baca lebih lanjut