Cara Agar Mobil Menanjak Dan Tidak Mundur

Januari 04, 2024
By Thomas W
Cara Agar Mobil Menanjak Dan Tidak Mundur-otospector

Salah satu teknik yang harus dikuasai pengemudi adalah saat membawa mobil menanjak. Persoalannya, tidak semua pengemudi sukses membawa mobilnya di tanjakan. Ada yang berhenti atau malah mundur. Terutama pada pengemudi pemula, gimana agar mobil berhasil menanjak.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Membawa mobil menanjak, apalagi di tanjakan ekstrem, memang butuh keahlian tersendiri. Kuncinya ada pada latihan dan ketenangan. Keduanya perlu dikuasai agar saat bertemu tanjakan yang sesungguhnya, tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Apa saja yang perlu Otofriends pahami tentang teknik membawa mobil menanjak, terutama pada mobil bertransmisi manual? Yuk, kita bedah satu per satu:

#1: Selalu Jaga Momentum

Mobil Menanjak

Sumber: Gridoto.com

Ketika melewati jalan menanjak, penting bagi pengemudi untuk menjaga momentum kendaraan agar mobil menanjak dengan mulus. Momentum artinya tidak terlambat saat harus memainkan gas dan persneling agar mobil tidak kehilangan tenaga.

Salah satu tekniknya, tidak perlu menekan pedal gas terlalu dalam atau bahkan santai, karena akibatnya mobil bisa kehilangan tenaga atau traksi. Selalu sesuaikan kecepatan dan jarak dengan kendaraan di depan. Hindari rem mendadak.

Dalam kondisi darurat, kalau perlu beri tanda klason atau lampu sein agar pengemudi lain paham.

Baca juga: Arti Kode SAE pada Kemasan Oli Mobil

#2: Gunakan Gigi Rendah

Mobil Menanjak

Sumber: Carsome

Optimalkan transmisi mobil kita dengan selalu menggunakan gigi rendah. Gigi dalam posisi ini bisa memberi tenaga ekstra untuk menanjak.

Pada mobil manual, turunkan gigi sebelum masuk tanjakan cukup curam. Jangan mengganti gigi di tengah jalan!

Pada mobil manual, pindahkan transmisi ke posisi L atau 2, tergantung kemiringan tanjakan.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Jaga Keseimbangan Antara Tekanan Pedal Gas dan Kopling

Mobil Menanjak

Sumber: Hops.id

Inilah teknik yang paling mendesak untuk dikuasai. Terutama saat mobil harus berhenti di tanjakan karena adanya kemacetan atau malah lampu merah.

Jika Anda pakai mobil manual, injak kopling sampai mentok lalu injak rem pakai kaki kanan. Kemudian, pindahkan ke gigi 1 dan lepas rem tangan. Saat akan berjalan, tekan gas hingga sekitar 2.000 RPM dengan cepat, sambil lepas kopling perlahan hingga mobil bergerak.

Ingat, jangan biarkan mobil ada di posisi setengah kopling terlalu lama, karena bisa merusak kopling!

Pada mobil transmisi otomatis, injak rem pakai kaki kanan dan masukkan rem tangan. Saat akan berjalan, tekan gas pakai kaki kanan, sambil lepaskan rem tangan dan rem kaki bersamaan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Tetap Tenang dan Jangan Panik

Mobil Menanjak

Sumber: Wuling.id

Kesannya sepele, tapi penting menjaga ketenangan agar mobil tidak kehilangan tenaga atau malah mundur di tanjakan.

Jika mobil malah mundur, injak rem dengan keras dan tarik rem tangan. Kalau kondisi lalu lintas memungkinkan, arahkan mobil ke tempat aman, seperti bahu jalan atau tempat parkir. Matikan mesin dan tunggu 10-15 menitan sampai mesin dan transmisi dingin.

Namun kalau kondisi tidak memungkinkan, mobil bisa mundur dibantu engine brake. Pindahkan transmisi ke posisi R (jika transmisi otomatis) atau memanfaatkan gigi 2 (jika manual). Langkah ini akan memberikan pengereman dari mesin dan rem kaki.

Baca juga: Cara Merawat Mobil Setelah Coating

Memilih mobil bekas tidak mudah, tapi bisa dibuat sederhana. Caranya?

Agar Otofriends bisa mendapatkan mobil bekas dengan cara mudah sekaligus sederhana, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan melakukan inspeksi sebelum pembelian, maka unit mobil yang akan dibeli dapat diketahui kondisinya secara keseluruhan. Tentu sebuah keuntungan tersendiri bagi Otofriends yang tidak ingin beli kucing dalam karung.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Berapa Biaya Mengganti Kaca Mobil Yang Pecah?

Februari 27, 2024
Kaca mobil merupakan salah satu elemen yang cukup penting. Pasalnya jika tidak ada kaca mobil, mata kita sebagai pengemudi akan terkena angin kencang dan kotoran, kotoran itu bisa masuk ke dalam kabin mobil juga. Meski kaca mobil itu punya material yang bagus dan kuat, tapi kaca mobil bisa saja rusak atau pecah, karena waktu dari
Baca Lebih Lanjut

Rekomendasi Dealer Mobil Bekas di Depok dan Bogor

Februari 26, 2024
Warga Depok dan Bogor mana suaranya? Teruntuk kamu yang pengen beli mobil bekas berkualitas, bang min saranin kamu beli di showroom mobil bekas Otospector aja ya. Kamu bisa dapetin mobil yang sudah di inspeksi dan bergaransi. Tapi kalau kamu bingung dimana aja sih dealer rekanan Otospector yang ada di Depok atau Bogor? Cek aja di
Baca Lebih Lanjut

Karena 5 Alasan Ini Innova Diesel Terus Dicari

Februari 25, 2024
Sudah bukan kabar baru lagi kalau Toyota Kijang Innova diesel adalah salah satu jenis mobil yang paling sulit ditemui di bursa mobil bekas. Karena mobil ini biasanya tidak bakal lama-lama nongkrong di showroom. Begitu dipajang, tak lama bakal langsung terjual. Bukan cuma karena menyandang nama Toyota dan Innova, maka mobil ini laris manis di pasaran.
Baca Lebih Lanjut