Cara Merawat Mobil Setelah Coating

November 28, 2023
By Getan Metodius
Cara Merawat Mobil Setelah Coating-otospector

Kadang sebagai pemilik mobil udah mulai bosan dengan proses pencucian mobil biasanya, maka dari itu kita pengen melakukan coating.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Kamu sering coating mobil otofriends? Tentu coating ini perlu dilakukan dan cukup penting ya, agar mobil kita itu tetep fresh dan ganteng alias nggak burem catnya.

Coating adalah salah satu cara untuk melakukan perlindungan terhadap cat mobil kita. Dengan adanya proses coating atau yang bisa disebut juga pelapisan Nano Ceramic Coating, bisa membuat cat mobil kita jadi lebih terjaga.

Dengan memberikan lapisan nano ceramic ini bisa membuat mobil terproteksi lebih baik. Tentu treatment coating punya banyak sekali keunggulan, seperti yang paling umum adalah bisa melindungi cat mobil dari goresan. Semakin bagus kualitas coatingnya, semakin mantap pula perlindungan dari goresan atau baret-baret halus di bodi mobil.

Selain itu dengan coating, mobil bisa terlindung dari jamur yang bisa aja tuh numbuh dari tetesan noda air hujan, maklum Indonesia kan salah satu negara dengan curah hujan tinggi, jadi coating adalah salah satu pencegahan terbaik ya.

Cara Merawat Mobil Setelah di Coating:

#1: Tidak dicuci setelah 2-3 hari.

cuci mobil setelah coating

Sumber: Freepik

Maksudnya begini, ketika hari ini kita melakukan coating, dua sampai tiga hari kedepan tidak boleh dilakukan pencucian ya otofriends. Kalau udah lebih dari satu bulan tetep boleh dilakukan pencucian mobil seperti saran di poin selanjutnya.

Hal ini perlu dilakukan karena kondisi cat mobil serta area pori-pori cat mobil udah terlindungi oleh lapisan nano ceramic, jadi tidak perlu dilakukan pencucian setelah selesai coating. Biarkan lapisan tersebut paten masuk dan melindungi seluruh pori-pori cat mobil.

Ingat ya treatment sebaiknya tidak dicuci dalam waktu 2-3 hari otofriends.

Baca juga: 5 Langkah Cara Merawat Karet Wiper Mobil

#2: Tetap bisa dilakukan pencucian setelah masa 2-3 hari.

Cara Sederhana Ini Bisa Jadi Pembersih Kaca Lampu Mobil

Sumber: Freepik

Cara merawat bodi setelah di coating adalah di cuci, loh bukannya udah di coating gak perlu di cuci? Nah ada yang punya anggapan seperti ini nggak?

Kalau udah di coating itu enggak perlu lagi di cuci. Hal itu salah ya otofriends, meskipun bodi mobil kita udah dilapisi dengan cairan khusus, tapi tetep harus dilakukan perawatan dengan dicuci.

Tapi, nih ada tapinya juga ya, kamu kalau mau mencuci mobil yang udah di coating ini tidak disarankan menggunakan shampo yang pH nya tinggi.

Jadi dicuci dengan air bersih aja itu udah lebih dari cukup loh. Cukup bilas dengan air bersih dirumah udah sangat membantu ya otofriends.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Tidak disarankan parkir kena terik matahari langsung.

parkir outdoor mobil

Sumber: Freepik

Untuk menjaga lapisan coating di mobil tetep bagus, kamu perlu ingat ini, jangan langsung memarkirkan mobil di bawah terik matahari langsung.

Karena sinar matahari langsung itu bisa memudarkan lapisan cat coating di bodi mobil. Jika perlu ketika memarkirkan kendaraan diluar ruangan yang tidak ada atap, pakailah penutup yang punya bahan lembut agar tidak terjadi baret.

Baca juga: Bahaya dan Dampak Menggunakan Ban Vulkanisir Untuk Mobil

Beli mobil harus cermat dan teliti pada exterior dan interior:

Saat membeli mobil bekas, biasanya sudah dilakukan pemolesan seperti sudah di coating. Tetapi lebih dari itu otofriends harus mengecek interior, mesin dan hal-hal penting lainnya juga ya.

Karena banyak sekali yang harus di cek saat ingin membeli mobil bekas, jadi lebih baik gunakan saja jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan laporan mobil yang akan kamu beli ini sudah dalam kondisi terbaik atau tidak.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Pengertian Sensor TPS Pada Mobil dan Cara Kerjanya

Januari 12, 2024
Pada mobil-mobil modern yang menggunakan sistem injeksi, sensor throttle position sensor (TPS) pada mobil memegang peranan penting. Sensor ini berfungsi untuk mengukur sudut bukaan katup throttle yang terdapat di throttle body. Katup throttle selama ini kita kenal sebagai katup yang mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin. Nah, sensor TPS memberi informasi tentang sudut bukaan
Baca lebih lanjut

Mari Kita Cek, 5 Mobil Diesel Paling Irit 2024

Januari 11, 2024
Harus diakui, salah satu alasan sebagian konsumen otomotif di Indonesia menyukai mobil bermesin diesel adalah karena faktor bahan bakar. Selain irit, sudah jadi permakluman, kalau ada sebagian orang nekat memberikan bahan bakar Biosolar yang notabene harganya paling murah. Alhasil, biaya operasional mobil ini sangat ekonomis untuk pemakaian sehari-hari. Alasan lain tentu saja karena faktor mesin.
Baca lebih lanjut

4 Rekomendasi Dealer Mobil Bekas di Surabaya 2024

Januari 11, 2024
Beli kendaraan itu tidak selalu dituntut untuk yang baru, kendaraan second atau bekas jika kita memilihnya cermat, kita akan menemukan seperti mobil berkualitas seperti mutiara. Otofriends tahu kan kalau beli mobil bekas itu punya beberapa keuntungan, pertama keuntungan dari sisi nilai pembelian yang tidak terlalu mahal, lalu selanjutnya adalah jika kita memilih mobil yang tepat
Baca lebih lanjut