;
Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

Bursa Mobil Bekas Lesu, Apa Keuntungan Konsumen?

Oktober 23, 2020
By Thomas W
Bursa Mobil Bekas Lesu, Apa Keuntungan Konsumen?-otospector

Datangnya wabah Covid-19 di Indonesia, membuat perekonomian menjadi lesu. Dampaknya terasa di berbagai sektor, tak terkecuali dengan bursa mobil bekas. Penjualan mobil bekas menurun drastis akibat konsumen tidak berminat membeli atau menunda pembelian. Sementara pedagang juga tidak leluasa bergerak karena sempat ada pembatasan sosial.

Pihak yang merasakan dampak lesunya bursa mobil bekas tentu saja para pedagang. Bahkan perdagangan tahun ini sudah diperkirakan akan anjlok sampai 80 persen. Namun dari sisi calon pembeli mobil bekas, justru ada keuntungan yang bisa dipetik dari situasi ini. Tentu dengan catatan, jika kondisi perekonomian mereka memang tidak terganggu dan membutuhkan kendaraan untuk mobilitas saat ini.

Nah, mari kita simak beberapa keuntungannya:

#1: Harga Jual Turun

Bursa Mobil Bekas Lesu, Apa Keuntungan Konsumen?

Lesunya perdagangan tentu saja secara otomatis menurunkan harga jual. Indikatornya adalah harga-harga penawaran di dealer-dealer yang ada di bursa mobil bekas. Kabarnya penurunan terjadi sejak April 2020 atau dua bulan sejak pandemi dan terus berlanjut hingga hari ini.  

Tidak ada angka pasti tentang persentase penurunan, karena sangat tergantung dengan jenis dan merek mobilnya. Namun mengutip pedagang mobil bekas, harga jual saat ini sudah didiskon bervariasi mulai dari Rp5 juta untuk jenis LCGC, hingga puluhan juta untuk mobil-mobil kelas di atasnya. Angka ini sebenarnya cukup fantastis karena di dealer masih ada stok yang merupakan unit dari pembelian sebelum pandemi.

Bagi konsumen ini jelas keuntungan tersendiri. Mereka bisa mendapat mobil yang layak dengan harga yang sudah terdepresiasi.

#2: Banyaknya Pilihan Unit

Bursa Mobil Bekas Lesu, Apa Keuntungan Konsumen?

Sulitnya perekonomian membuat orang memilih menjual mobilnya di bursa mobil bekas untuk mendapatkan uang tunai. Alhasil kondisi ini membuat penawaran mobil bekas begitu membanjir. Terutama untuk mobil-mobil yang populer dan diminati pasar, seperti MPV, Hatchback, atau SUV.

Di sisi lain situasi ini jadi keuntungan bagi calon pembeli, karena mereka jadi punya banyak pilihan. Untuk satu model saja, bisa tersedia berbagai alternatif pilihan penawaran di berbagai tempat. Mereka bisa leluasa membandingkan sebelum memutuskan untuk mengambil unit yang terbaik.

Baca juga: Tertarik Meminang SUV Usia 10 Tahun? Simak Dulu Perbandingan Harganya

#3: Banyak yang Kondisinya Masih Bagus

Bursa Mobil Bekas Lesu, Apa Keuntungan Konsumen?

Mobil-mobil yang dijual dalam bursa mobil bekas, tidak selamanya merupakan mobil operasional harian yang sudah capek. Tak sedikit yang ditawarkan adalah mobil-mobil simpanan yang jarang dipakai karena memang tidak terlalu diperlukan. Atau bahkan mobil hobi. Tentu saja kondisinya masih relatif bagus. Setidaknya angka jarak tempuh di odometernya tidak terlampau jauh.

Calon pembeli tentu sangat senang dengan situasi ini. Apalagi kalau mobil masih terlihat sangat apik bahkan kalau kondisinya “mint”. Padahal harga tentu sudah turun sangat jauh dibanding harga belinya. Situasi semacam ini menjadi keuntungan ganda buat pembeli.    

#4: Maraknya Penjualan Online

Bursa Mobil Bekas Lesu, Apa Keuntungan Konsumen?

Sejak adanya pandemi dan diberlakukan pembatasan sosial, para pedagang mobil bekas mencoba berinovasi untuk tetap bertahan. Antara lain mereka mulai mencoba memanfaatkan perdagangan online. Di sisi lain penawaran mobi-mobil di internet dan media sosial juga semakin marak, seiring anjuran untuk berada di rumah saja.

Perdagangan online tentu saja mempermudah calon pembeli untuk menyeleksi dan memilih unit yang sesuai keinginan. Selain menghemat waktu, tenaga juga bisa dihemat karena mereka tidak perlu repot-repot mendatangi lokasi pembelian. Untuk mengetahui kondisi mobil, mereka bisa memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas untuk memeriksa kondisi unit. Setelah cocok kondisi dan harganya, baru pembeli datang untuk menjemput.

#5: Meningkatnya Kualitas Pelayanan Penjual

Bursa Mobil Bekas Lesu, Apa Keuntungan Konsumen?

Persaingan yang ketat di antara pedagang di bursa mobil bekas, sedikit banyak membuat standar pelayanan juga makin meningkat. Pembenahan ini penting karena zamannya memang sudah menuntut demikian. Belum lagi persaingan dari penjual-penjual perorangan yang ikut meramaikan perdagangan mobil karena ingin mencoba peruntungan di bisnis ini.

Peningkatan pelayanan dari pedagang membuat calon pembeli mempunyai banyak informasi melalui media sosial atau marketplace. Bahkan showroom mobil bekas yang sudah bekerjasama dengan Otospector sekarang menjual mobil bekas bergaransi yang sudah dijamin dengan Garansi Otospector. Bukan hanya mobil baru, kini mobil bekas juga harus bergaransi!

Baca juga: Inilah 5 Keuntungan Membeli Mobil Bekas Perusahaan

Berarti sekarang saatnya membeli?

Boleh dikatakan begitu. Tapi hati-hati, banyaknya penawaran mobil bekas dan membanjirnya pilihan di pasaran bukan jaminan bahwa calon pembeli akan mendapatkan unit yang terbaik! Dalam situasi seperti ini, tetap saja konsumen harus jeli dalam memilih mobil yang sesuai dengan harapannya.

Untuk mengetahui kondisi sebuah mobil bekas secara menyeluruh, jangan ragu untuk memakai jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan mendapatkan mobil dengan kondisi terbaik, kita akan mendapat kepuasan dan bebas dari rasa khawatir saat mobil sudah dipakai nantinya.

Baca Artikel Lainnya

Manfaatkan Test Drive Saat Beli Mobil Bekas. Ini 5 Hal Yang Harus Dikerjakan
November 05, 2019
Saat membeli sebuah mobil, baik mobil bekas maupun baru, memang sebaiknya kita melakukan uji mengendara (test drive) terlebih dahulu. Dikatakan “sebaiknya”, karena memang tidak semua transaksi jual-beli mobil, kita akan berkesempatan dilakukan test drive. Bisa saja karena faktor kepercayaan atau lokasi yang tidak memungkinkan, menjadi alangan. Namun persoalannya tidak hanya pada penjual. Pembeli bisa saja
Tips Nyari Mobil Bekas Anti Ribet, Gak Beli Mobil Dalam Karung, Ulasan Automotive Uzone.Id
Oktober 23, 2019
Uzone.id – Nyari mobil bekas itu gampang-gampang susah. Kadang, ngeliat di foto cakep abis, eh, ketika diliat ternyata biasa aja atau malah dibawah ekspektasi. Belum lagi kalau harus menghadapi pedagang gak jujur, dan sialnya, kita awam terhadap sebuah mobil. Jadinya kayak beli kucing di dalam karung, eh beli mobil di dalam karung maksudnya. Nah, ternyata ada cara yang
Menilai Orisinalitas Mobil Bekas, Bisa Dilihat Dari 5 Faktor Ini
Oktober 22, 2019
Meski “statusnya” mobil bekas, namun tidak selalu kondisinya tidak terawat dan penuh masalah. Mobil yang sudah berusia puluhan tahun sekalipun, kondisinya bisa saja masih cukup baik. Semua itu tergantung kerapian pemilik sebelumnya. Mobil-mobil bekas yang masih dalam kondisi orisinil ini tentu saja punya nilai yang lebih di mata calon pembeli. Anda yang mungkin berminat, juga
Mengecek Problem Pada Rem Mobil Bekas? Simaklah 6 Indikasi Ini
Oktober 17, 2019
Wajar jika sebuah mobil bekas memiliki berbagai kekurangan pada berbagai komponen. Apalagi, jika mobil tersebut sudah cukup berumur atau sering dioperasikan sebelumnya. Salah satu komponen vital yang wajib ditengok adalah sistem pengereman. Sebelum menjajal mobil tersebut di jalanan, tak ada salahnya kita mengecek rem terlebih dulu demi menjaga keamanan. Adanya kekurangan pada rem bisa terbaca
Baca Artikel Lainnya