Berlokasi di Lembang, Tanjakan Spongebob Bisa Di Libas Dengan Tips Ini

November 06, 2023
By Getan Metodius
Berlokasi di Lembang, Tanjakan Spongebob Bisa Di Libas Dengan Tips Ini-otospector

Kalau berkunjung ke wilayah Kota Bandung, Jawa Barat sih emang bikin kangen ya otofriends. Tapi kalau bang min inget pas mengemudi di tanjakan spongebob yang terjal itu sih seketika waspada ya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Pernah ada yang lewatin tanjakan spongebob otofriends? Atau malah belum tahu nih apa sih tanjakan spongebob itu, dimana dan kenapa orang kok pada ramai membahas tanjakan spongebob akhir-akhir ini.

Lokasi tanjakan Spongebob ini berada di Kampung Bukanagara, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat KBB. Jalan Bukanagara Desa Pagerwangi sontak viral karena ramai dilalui banyak orang. Kawasan lembang Bandung Barat seperti tanjakan dan turunan banyak dijumpai.

Tanjakan yang curam dan unik ini sebetulnya pernah dan sering memakan korban, baik motor ataupun mobil. Tapi semoga sudah tidak ada lagi yang mengalami kendala dalam melewati tanjakan Spongebob ini ya Otofriends.

#1: Fakta tanjakan spongebob.

tanjakan spongebob

Sumber: promediateknologi

Viral tanjakan spongebob ini sangat curam dan juga jalan yang sempit, seperti jalan alternatif menuju kawasan wisata lembang lainnya, hanya saja jalanan terjal ini punya sudut kemiringan yang bikin was-was. Tanjakan spongebob tidak selucu namanya ya Otofriends.

Jalan raya ini adalah salah satunya yang paling sering dilewati buat mereka yang ingin berwisata ke kawasan Lembang, Bandung, Jawa Barat, dan kini viral di media sosial tepatnya november 2023, setelah lama dulu pernah viral. Tanjakan spongebob di lembang ini cukup padat penduduk.

Apalagi di sisi kanan dan juga kirinya ada rumah warga, serta juga kebun. Jadi akan sangat berbahaya jika mobil kurang baik dikendarai, malah berbahaya seperti mundur kembali atau malah mengenai kebun atau tembok rumah warga.

Fakta lainnya, jalanan atau tanjakan spongebob ini sangat ramai di hari Sabtu dan Minggu atau juga hari libur lainnya. Terlebih lagi setelah google maps menyarankan mobil melewati wilayah ini, semua orang akan pilih lewat sini, karena alasan waktu lebih cepat.

Asal usul kenapa disebut tanjakan spongebob pun sangat unik. Julukan ini tercipta ketika orang melihat tanjakan ini diasosiasikan pada tanjakan yang ada pada suatu kartun Spongebob Squarepants yang dimana pada satu episode tersebut tanjakan dalam kartun itu bersudut 90 derajat. Maka dari itu sebutan tanjakan spongebob pun viral.

beli mobil bekas di tokopedia

#2: Tips melewati tanjakan spongebob.

tanjakan spongebob lembang

Sumber: inews jabar

Perlu diketahui hal atau tips yang dibagikan berdasarkan dari sumber pengemudi yang biasa melewati banyak sekali tanjakan. Untuk mobil melewati tanjakan seperti ini perlu adanya jam terbang.

Tapi yang utamanya adalah perlunya otofriends mengambil ancang-ancang dari bawah atau lebih jauh lagi ketika sedang ingin melewati jalanan yang menanjak di tanjakan spongebob. Ini perlu dilakukan agar saat bergerak, agar kuat menanjak dan tidak gagal menanjak

Pastikan juga kondisi di depan sudah tidak ada hambatan, ingat ya otofriends, antri. Kamu nggak boleh asal gerak kalau di depan mobil kamu masih ada mobil lainnya. Sabar dan tetap fokus dalam mengendalikan mobil di tanjakan.

Ada juga yang menyarankan mematikan AC sejenak saat ingin menanjak, dan ini juga bisa membantu. Lalu jika mobil tansmisi manual, usahakan tetap transmisi pada posisi satu, injak pedal gas secara perlahan dan tidak boleh putus sampai di atas.

Buat kamu yang bawa mobil matic, sama seperti point di atas, tunggu sampai tidak ada hambatan, ambil posisi tuas gear pada posisi gigi paling rendah, seperti “L” atau yang lebih rendah, sesuai dengan mobil.

Baca juga: 5 Rekomendasi Dealer Mobil Bekas Di Bandung 2023

#3: Pastiin kondisi mobil sehat sebelum berwisata.

kampas rem mobil

Sumber: hsrwheel

Gini otofriends, emang berwisata bareng keluarga seperti ke bandung itu menyenangkan. Kita bersama istri dan anak ingin melepas penat bersama ke arah kota Bandung atau wilayah lainnya.

Tapi pastiin sebelum kamu bepergian, mobil dalam kondisi sehat, lebih bagus lagi kalau mobil baru di service dalam kurun waktu satu atau dua bulan. Jadi mobil masih seger banget nih buat dibawa jalan-jalan.

Pastiin juga kampas kopling semuanya aman, filter bahan bakar sudah keganti, sampai busi pada kondisi prima ya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Faktor-faktor Yang Membuat Mobil Kuat Di Tanjakan

Agar bisa dapat mobil bekas yang sehat dan enak dibawa nanjak:

Buat kamu otofriends yang mau beli mobil, tapi nggak mau keluar duit besar dengan beli mobil baru. Kamu bisa loh beli mobil bekas dengan banyak keuntungannya, kalau kamu beli mobil bekas kan harga lebih terjangkau.

Lalu juga jika kamu pilih dengan baik, kamu bisa dapet mobil yang sehat dan minim PR perbaikan. Lebih baik sebelum pasti membayar, kamu menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Nanti bakal di bantu cek secara independen, mobil yang kamu incer ini oke atau enggak untuk dibeli, inget beli mobil tetap biayanya besar, jangan sampai beli kucing dalam karung ya otofriends.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Bahayanya Membuka Tutup Radiator Mobil Saat Panas

April 18, 2024
Membuka tutup radiator mobil memang kadang harus dilakukan pada beberapa kondisi. Namun Otofriends harus berhati-hati karena tindakan ini hanya bisa dilakukan dengan  memperhitungkan kondisi dari radiator saat itu. Apakah suhunya masih panas atau sudah cukup dingin. Selain kondisinya, Otofriends juga harus tahu cara membuka tutup yang benar. Karena kalau salah cara bukanya, bisa-bisa malah akan
Baca Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Matic Terbaik 2024

April 18, 2024
Nyari mobil matic? Sini bang min kasih beberapa rekomendasi buat otofriends. Ngomong-ngomong, Otofriends kenapa sih mau atau berniat beli jenis mobil ini? Karena dikendarainya enak nggak bikin pegel atau karena lebih praktis aja? Semua itu balik lagi soal selera sih, jadi kamu bisa jawab semuanya berdasarkan kebutuhan dan selera. Kita bakalan bahas fakta sejarah menarik
Baca Lebih Lanjut

Apa Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem

April 18, 2024
Hi Otofriends, rem mobil yang kurang pakem adalah masalah serius yang dapat mengancam keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lainnya. Supaya bisa mengatasinya dengan efektif, penting nih untuk kita memahami penyebabnya dan langkah-langkah yang bisa diambil untuk memperbaikinya. Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem #1: Kampas Rem Sudah Aus atau Ada Sumbatan. Kampas rem yang aus atau
Baca Lebih Lanjut