Beli Mobil Bekas Tangan Pertama, Inilah 5 Keuntungannya

Agustus 22, 2019
By Thomas W
Beli Mobil Bekas Tangan Pertama, Inilah 5 Keuntungannya-otospector

Dalam iklan penjualan mobil, sering kita baca kata-kata “mobil tangan pertama”, sebagai salah satu daya tarik bagi para pembeli. Seolah kata-kata itu jadi sebuah jaminan bahwa mobil yang ditawarkan kondisinya lebih baik. 

Lucu memang. Dengan logika seperti itu, artinya berapapun usia mobil, asalkan baru saja dilepas dari pemilik pertamanya, tetap jadi nilai plus tersendiri. Padahal, status kepemilikan sebelumnya belum tentu menjadi jaminan kondisi mobil.

Nah, kira-kira apa saja keuntungan dan kerugian membeli mobil dari tangan pertama.

#1: Riwayat mobil lebih jelas

Beli Mobil Bekas Tangan Pertama

Tak bisa dipungkiri, kondisi mobil terkait erat dengan perlakuan dari pemilik sebelumnya. Baik menyangkut perawatan maupun cara pemilik menggunakan mobilnya sehari-hari.

Dari mobil “tangan pertama” setidaknya kita bisa mengira-ngira, bagaimana kebiasaan pemilik sebelumnya, karena kita bertemu langsung. Apalagi kalau ternyata pemilik tersebut cukup apik merawatnya. Hampir bisa dipastikan kondisi mobil dalam kondisi yang baik.

#2: Tahu kekurangan dari sisi teknis

Mobil Bekas Diesel - Kompresi Mesin

Kata orang, setiap mobil kadang punya problemnya sendiri. Apa yang jadi penyakit di sebuah mobil, kadang tidak terjadi di mobil lain, walau merek bahkan tahun pembuatannya sama.

Jika pemilik mau berkata jujur, biasanya ia akan memberi tahu masalah yang kerap terjadi pada mobilnya. Masalah itu bisa kecil maupun besar, tapi setidaknya kita jadi tahu cara mengatasinya. Lebih baik lagi kalau kita punya solusinya agar tidak lagi jadi masalah.

Baca juga: Dokumen yang Diperlukan saat Transaksi Mobil Bekas

#3: Tahu bengkel atau mekanik langganan.

Mobil susah distarter

Sebuah mobil pada umumnya punya bengkel langganan atau mekanik yang biasa menanganinya. Selain memiliki catatan servis, bengkel semacam ini juga tahu riwayat perawatan mobil dan cara mengatasi sejumlah kendala.

Berdasarkan info dari pemilik sebelumnya, kita cukup berkunjung ke bengkel tersebut untuk perawatan. Dari catatan servis selama ini kita bisa memastikan tentang kondisi mobil semenjak baru.

#4: Surat-surat kendaraan lebih terjamin

Beli Mobil Kredit

Mobil dari tangan pertama, umumnya memiliki surat-surat kendaraan yang lebih jelas legalitasnya. Tentu jika dibandingkan dengan mobil yang sudah beberapa kali ganti pemilik. Kadang seringnya berpindah tangan membuat beberapa dokumen tercecer.

Salah satu dokumen yang menambah nilai jual adalah faktur pembelian. Meski tidak selalu diperlukan, namun dokumen ini berguna saat pengurusan surat-surat di kepolisian. Mobil tangan pertama umumnya masih menyimpan faktur pembelian yang orisinil.

#5: Kondisi mobil relatif orisinil

BMW 2 Series

Memang tidak semua mobil tangan pertama masih dalam kondisi orisinil. Ada kalanya pemilik sebelumnya hobi mengutak-atik mobil atau malah dimodifikasi. Namun bila memang ada perubahan, pemilik biasanya masih menyimpan parts aslinya.

Orisinalitas dalam penjualan mobil bekas merupakan salah satu nilai tambah. Mobil yang masih dalam kondisi orisinil, secara psikologis membuat pembeli serasa mendapat mobil yang baru.

Baca juga : 4 Alasan Anda Membutuhkan Pengecekan Independen Saat Membeli Mobil Bekas

Kata-kata “tangan pertama” memang tidak selalu jaminan bahwa kondisi mobil selalu dalam keadaan baik. Namun setidaknya dari kondisi ini, kita bisa lebih memastikan kondisi mobil idaman, karena kita mungkin sempat bertemu dan berbincang dengan pemilik mobil sedari baru.

Namun jika Anda ingin lebih memastikan kondisi mobil yang menjadi incaran, akan lebih baik kalau melibatkan jasa inspeksi mobil bekas. Dari sini Anda akan mendapat gambaran yang lebih pasti, dari pada sekadar menebak-nebak.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Perbedaan Rem ABS dan Non ABS

Maret 05, 2024
Seringkali orang merasa perlu cari tahu soal perbedaan rem ABS dengan Non ABS. Biasanya ini dilakukan oleh calon pembeli yang sedang mencari-cari mobil dengan membandingkan fitur-fiturnya. Soalnya fitur rem ABS maupun non ABS bisa sama-sama didapati di mobil dengan merek dan model yang sama. Perbedaan rem ABS dan non ABS memang bukan cuma soal kelengkapan
Baca lebih lanjut

Tips Cara Menghitung Pajak Progresif

Maret 04, 2024
Kadang ada sementara orang bertanya, apa gunanya kita tahu cara menghitung pajak progresif? Tentu saja perhitungan ini akan ada gunanya, jika Otofriends punya lebih dari satu mobil. Dengan perhitungan yang tepat, kita jadi bisa merencanakan anggaran untuk kepemilikan kendaraan di masa depan. Pajak progresif, secara gampangnya adalah tarif pungutan pajak dengan persentase yang didasarkan pada
Baca lebih lanjut

Berapa Sih Biaya Perbaikan Power Steering Mobil?

Februari 29, 2024
Hi otofriends, nggak kebayang deh kalau belom ada teknologi si power steering ini. Gimana enggak, kalau power steering belum ada nih, otot-otot tangan pasti bakalan pegel Cuma buat belokin mobil doang. Seperti yang udah kita tau nih, power steering memiliki fungsi yang sangat besar, supaya setir mobil jadi ringan ketika kita memutarnya, entah itu untuk
Baca lebih lanjut