Awas Salah Paham, Ini Perbedaan Sunroof dan Panoramic Roof

Oktober 05, 2023
By Getan Metodius
Awas Salah Paham, Ini Perbedaan Sunroof dan Panoramic Roof-otospector

Beli mobil saat ini sudah jadi kebutuhan dan bukan menjadi barang mewah. Sudah ada beberapa mobil baik yang baru ataupun bekas sudah memiliki fitur premium.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Salah satunya adalah fitur Sunroof. Fitur kaca atap mobil ini bisa memberikan rasa ekslusif pada si pemilik, pasalnya mobil dengan sunroof bisa menaikkan rasa percaya diri karena biasanya fitur ini hanya ada pada mobil-mobil mewah saja.

Fitur ini ekslusif bikin nyaman, karena bisa melihat pemandangan luar kabin.

Tapi kadang orang suka bingung loh ada yang namanya Sunroof dan ada juga Panoramic Roof. Tapi sih kebanyakan orang hanya menyebut sunroof saja, apakah itu benar, simak faktanya disini.

#1: Sejarah Sunroof mobil.

sejarah sunroof mobil

Sumber: automotivemileposts.com

Kita tarik sedikit ke belakang supaya lebih afdol karena pengetahuan akan lebih lengkap jika tahu sejarahnya.

Fitur Sunroof ini pertama kali hadir di negara subtropis, tentu dengan sengatan sinar matahari yang lebih sedikit. Alasannya digunakan untuk menikmati pancaran sinar dari matahari di musim panas.

Tren Sunroof ini pertama kali muncul di Inggris sejak tahun 1925 dengan nama awal adalah “Pytchley”. Sampai tren tersebut hadir di Amerika, mulai ramai di tahun 1939 sampai 1940, Oldsmobile, Cadillac, Buick dan LaSalle juga sudah mulai menempatkan Sunroof di mobilnya dengan penamaan “Sunshine Turret.

Baca juga: Inilah Jenis Kaca Film Mobil Dan Fungsinya

#2: Apa itu Sunroof.

sunroof di mobil

Sumber: The Economic Times

Fitur Sunroof sendiri merupakan salah satu istilah yang digunakan oleh para produsen mobil atau pabrikan mobil yang menjelaskan fitur yang disematkan pada atap mobil.

Terciptanya sunroof sebetulnya untuk membuat pengemudi dan penumpang punya pengalaman baru, makanya biasanya ada pada mobil premium.

Tapi perlu diingat, Sunroof punya beberapa perbedaan dengan jenis-jenis yang lainnya. Mudahnya, Sunroof merupakan atap mobil yang bisa dibuka agar udara serta cahaya matahari bisa masuk ke dalam kabin mobil secara langsung.

Umumnya sih, mobil yang pakai fitur ini adalah mobil yang masuk dalam kelas mobil mewah dan juga modern.

Fitur ini akan secara otomatis dibuka tutup. Keuntungannya dua, bisa lihat pemandangan, dan juga sirkulasi udara secara langsung, atau aliran udara bisa kamu rasain secara langsung.

Cara kerjanya pun cukup unik, ketika diaktifkan, dia akan terbuka dengan cara terangkat ke bagian luar atap mobil, jadi kita bisa menikmati udara masuk secara langsung ke kabin.

Fungsi dari Sunroof diantaranya adalah bisa memberikan ruang langsung memiliki fungsi udara segar dan juga cahaya matahari berkualitas untuk masuk ke dalam kabin sehingga berkendara jadi lebih nyaman dan juga sehat.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Panoramic Roof.

pengertian panoramic roof

Sumber: Pricebook.co.id

Untuk fitur yang satu ini sebetulnya sangat mirip dengan Sunroof di point ke 2 di atas.

Jenis kaca atap yang satu ini sedikit berbeda dari ukurannya, Panoramic Roof memiliki punya ukuran yang lebih besar dan juga lebar, tentu dengan menggunakan material kaca terbaik. Jadi, menikmati pemandangan di luar mobil bisa lebih luas.

Kalau Sunroof hanya pada baris satu mobil, tetapi panoramic bisa sampai pada baris ke dua. Kamu bisa melihat pemandangan langit dengan lebih luas, yang suka lihat pemandangan luas pas banget memilih kaca ini.

Tetapi perlu dicatat, Panoramic Roof ini tidak bisa dibuka, karena memang fitur ini tidak memiliki settingan buka tutup dan berharap udara dan sinar matahari masuk.

Secara mudahnya, Fitur Panoramic Roof ini bukan merupakan lubang ventilasi yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan cahaya matahari dan udara masuk ke kabin.

Tetapi keunggulannya adalah ukuran kacanya lebih besar dan luas, bisa bikin kabin lebih terasa luas dan menikmati pemandangan tanpa adanya hambatan.

Baca juga: Catat, 4 Rekomendasi Mobil Sunroof 100 Jutaan

Mobil bekas dengan Sunroof murah:

Gimana, udah tahu perbedaan sunroof dan panoramic roof? Tinggal putusin deh beli mobil apa?

Untuk kamu yang pengen beli mobil dengan fitur mewah ini dengan harga yang terjangkau atau membelinya dalam kondisi bekas, bisa memilih beberapa mobil ini.

Mobil yang memiliki fitur ini ada Honda Odyssey, Chevrolet Trax, sampai Hyundai Tucson. Perlu diperhatikan sebelum beli mobil bekas harus dilakukan pengecekan menyeluruh, jika tidak akan berbahaya kedepannya.

Gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas dari Otospector yang bisa memberikan pengecekan lebih dari 150 titik mobil. Dengan begitu kita bisa mendapatkan laporan apakah mobil yang kita incar ini sehat dan layak dibeli atau tidak.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Rekomendasi 5 Aki Mobil Terbaik Tahun 2024

Maret 23, 2024
Aki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai sumber aliran listrik untuk menghidupkan mesin, lampu, klakson, dan perangkat elektronik lainnya di mobil. Oleh karena itu, pemilik mobil harus memilih aki mobil yang bagus dan berkualitas, agar tidak mengalami masalah saat berkendara. Dari aki yang lama hanya menggunakan air aki sampai tidak menggunakan air
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih Biaya Ganti Bearing Mobil?

Maret 22, 2024
Biaya ganti bearing mobil memang sangat tergantung pada jenis dan model bearing yang digunakan. Hanya saja dalam setiap kerusakan bearing yang harus diperhatikan tentu soal kapan bearing harus diganti dan bagaimana kualitasnya. Bearing roda mobil adalah komponen yang menunjang roda kendaraan. Fungsinya menjaga kestabilan dan perputaran roda mobil. Jika bearing mengalami kerusakan, tentu saja akan
Baca Lebih Lanjut

Simak! Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Maret 22, 2024
Seperti yang kita ketahui bahwasanya Mobil Hybrid saat ini sudah menjadi sorotan di kalangan dunia otomotif karena klaim efisiensinya. Karena mobil Hybrid ini sudah ramah lingkungan dan juga hemat bahan bakar, akan tetapi masih perlu kita soroti kelebihan dan kekurangan dari mobil Hybrid ini Otofriends. Berikut ini adalah kelebihan dari mobil Hybrid. #1: Irit atau
Baca Lebih Lanjut