Apa Yang Dilakukan Ketika Mobil Terendam Banjir?

Desember 29, 2023
By Getan Metodius
Apa Yang Dilakukan Ketika Mobil Terendam Banjir?-otospector

Hari apes emang enggak pernah ketahuan di kalender, jadi jika memang hal buruk menimpa kamu seperti mobil terendam banjir, tetap harus dicari jalan keluarnya. Seperti yang baru-baru ini viral di media social bahwa ada salah satu basement apartemen di wilayah Tangerang Banten yang banjir dan melalap setengah badan mobil yang terparkir.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Simak beberapa fakta yang terjadi, serta juga cara mengatasi saat pertama kali dan juga mencari tahu berapa estimasi biaya perbaikannya disini.

#1: Kejadian di apartemen cisauk.

apartemen ciasuk banjir

Sumber: beritasatu

Banjir di basement apartemen ini terjadi tepatnya di Apartemen Serpong Garden yang berada di Kawasan Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Ini terjadi dikarenakan adanya luapan air sungai dari jebolnya tanggul dan masuk ke area parkir apartemen. Seperti dikutip Kompas.com dimana ada sekitar 50 mobil terparkir disana dan kena banjir sampai 100 cm.

Baca juga: Tips Biar Nggak Stres Saat Macet di Momen Liburan Nataru

#2: Hal pertama yang harus dilakukan.

banjir di basement apartemen serpong garden

Sumber: bisnis.com

Ketika sudah kejadian seperti ini, si pemilik mobil harus melakukan Tindakan yang tepat agar kesuakan mobil nggak makin parah. Boleh dibilang penanganan khusus yang harus dilakukan pada mobil yang sudah terlanjur terendam banjir.

Seperti dikutip di Kompas.com, jika sudah terendam banjir begini, jangan langsung menyalakan mesin mobil. Langsung lepas kabel aki, untuk memindahkan mobil usahakan bisa dengan cara mendorong, buka pintu agar semua air keluar.

Kenapa tidak boleh dinyalakan? Karena mobil yang dinyalakan dalam kondisi seperti ini akan membuat air banjir yang kotor tadi bisa masuk ke ruang pembakaran dari mobil melalui intake atau knalpot mobil, jika air masuk bisa merusak mesin dengan sangat cepat.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Biaya yang perlu disiapkan.

service mobil

Sumber: hondabintangmadiun

Apes memang jika uang yang disiapkan untuk liburan malah terpakai untuk perbaikan mobil yang rusak. Namun ini bisa menjadi pelajaran kedepannya dan juga untuk pihak pengelola apartemen.

Perbaikan mobil mulai dari interior yang terendam banjir bisa mencapai Rp 4 juta sampai Rp 5 juta. Harga itupun belum termasuk jika jok belum terendam oleh air banjir. Karena jika masih dibawah jok, kelistrikan mobil masih aman.

Tapi jika sudah di atas jok serta sampai ke dashboard, perbaikan jadi lebih mahal dan lebih lama. Perbaikan bisa memakan waktu satu minggu sampai dua minggu tergantung pada perbaikan yang dikerjakan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Ini Nih Bahayanya Ketika Mobil Menerobos Banjir

Teliti beli mobil bekas, agar tidak dapat mobil bekas terendam banjir:

Seperti yang kita ketahui ya otofriends, yang namanya mobil udah terendam banjir itu selain potensi kerusakan lebih besar, nilai jual kembali jadi anjlok.

Pelajaran penting buat yang mau beli mobil bekas nih, pastikan tidak salah pilih. Jangan sembarangan memilih, sekarang udah ada layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector yang bisa digunakan untuk membantu kamu.

Dengan menggunakan layanan ini, kamu bisa terhindar dari oknum nakal yang menjual mobil bekas tabrakan besar dan juga mobil yang terendam banjir.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Rekomendasi 5 Aki Mobil Terbaik Tahun 2024

Maret 23, 2024
Aki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai sumber aliran listrik untuk menghidupkan mesin, lampu, klakson, dan perangkat elektronik lainnya di mobil. Oleh karena itu, pemilik mobil harus memilih aki mobil yang bagus dan berkualitas, agar tidak mengalami masalah saat berkendara. Dari aki yang lama hanya menggunakan air aki sampai tidak menggunakan air
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih Biaya Ganti Bearing Mobil?

Maret 22, 2024
Biaya ganti bearing mobil memang sangat tergantung pada jenis dan model bearing yang digunakan. Hanya saja dalam setiap kerusakan bearing yang harus diperhatikan tentu soal kapan bearing harus diganti dan bagaimana kualitasnya. Bearing roda mobil adalah komponen yang menunjang roda kendaraan. Fungsinya menjaga kestabilan dan perputaran roda mobil. Jika bearing mengalami kerusakan, tentu saja akan
Baca Lebih Lanjut

Simak! Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Maret 22, 2024
Seperti yang kita ketahui bahwasanya Mobil Hybrid saat ini sudah menjadi sorotan di kalangan dunia otomotif karena klaim efisiensinya. Karena mobil Hybrid ini sudah ramah lingkungan dan juga hemat bahan bakar, akan tetapi masih perlu kita soroti kelebihan dan kekurangan dari mobil Hybrid ini Otofriends. Berikut ini adalah kelebihan dari mobil Hybrid. #1: Irit atau
Baca Lebih Lanjut