Apa Sih Kelebihan dan Juga Kekurangan Ban Lebar Buat Mobil

September 20, 2024
By Getan Metodius
Apa Sih Kelebihan dan Juga Kekurangan Ban Lebar Buat Mobil-otospector

Di kalangan penggemar otomotif, kini ban mobil menjadi semakin populer, bukan? Karena sekarang ban mobil tampilannya semakin menarik serta kinerjanya yang semakin meningkat performa. Tapi tetap setiap produk pasti akan ada kelebihan dan kekurangan ban mobil lebar yang perlu kamu ketahui dan pertimbangkan. 

Seperti yang kita ketahui untuk memodifikasi eksterior merupakan hal yang sangat sering dilakukan oleh kalangan penggemar otomotif. Salah satunya ialah melakukan penggantian ban mobil menjadi lebih lebar.

Tapi sebelum kamu memutuskan untuk mengganti ban mobil menjadi ban lebar, kamu harus memahami kelebihan dan juga kekurangannya. 

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari ban lebar untuk mobil:

Kelebihan Ban Mobil Lebar

#1: Stabilitas yang Lebih Baik.

ban mobil

Sumber: gardaoto

Untuk ban mobil yang lebar mempunyai cengkraman yang lebih baik ketika sedang di jalan. Yaitu pada saat bermanuver di kecepatan yang tinggi atau pada saat sedang melewati tikungan yang tajam. 

Dengan ban yang lebih lebar dan lebih besar dapat membantu kendaraan agar tetap stabil pada saat di kecepatan yang tinggi. Dan membuat pengemudi menjadi lebih percaya diri pada saat sedang mengendalikan mobil.

#2: Traksi yang Lebih Baik.

traksi ban mobil

Sumber: carsworld

Ban mobil yang lebar cenderung mempunyai traksi yang jauh lebih baik, terutama ketika sedang berkendara ketika jalan basah atau berlumpur. Dengan area yang cenderung lebih besar dapat membantu ban mempertahankan cengkraman menjadi lebih kuat ketika pada saat permukaan jalan. Hal ini dapat membantu mengurangi terjadinya kehilangan kendali atau dapat mengurangi risiko tergelincir. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#3: Tampilan yang Menarik.

eksterior mobil

Sumber: rajatransit

Benar sekali, ban mobil yang lebar tampilannya lebih mencolok dan juga membuat mobil menjadi lebih sporty. Karena ban mobil yang lebar menawarkan tampilan yang lebih agresif dan gagah pada mobil. Hal ini dapat membuat mobil menjadi lebih estetika. 

#4: Performa Handling yang Meningkat

Ketika kamu memiliki ban mobil yang lebar maka ban tersebut akan memberikan performa handling yang jauh lebih baik daripada ban yang biasa. Dengan ban yang lebar buda meningkatkan area kontak dengan jalan, hal ini juga dapat meningkatkan kemampuan kendaraan untuk menangani serta merespons perubahan arah dengan lebih baik. 

Kekurangan Ban Mobil Lebar

#1: Berpengaruh terhadap Sistem Suspensi.

Penggunaan ban yang lebar dapat mempengaruhi sistem suspensi kendaraan. Soalnya ban yang lebar membutuhkan modifikasi pada suspensi, misalnya penggantian per satu bagian atau secara menyeluruh. Tujuannya untuk memastikan kinerja yang optimal serta kenyamanan pada saat berkendara. 

#2: Lebih Boros dalam Pemakaian Bahan Bakar.

Pada umumnya ban yang mempunyai resistensi gulungan lebih tinggi. Dengan ada hal ini membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih besar. Karena lebar yang lebih besar dapat meningkatkan gesekan dengan jalan. Jadi, membuat lebih banyak tenaga dari mesin untuk menggerakkan kendaraan tersebut. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Harga yang Lebih Mahal.

Harga ban lebar lebih mahal dibandingkan dengan harga ban yang standar. Ban yang lebar biasanya cenderung lebih mahal karena adanya konstruksi serta bahan yang digunakan untuk memenuhi permintaan kekuatan dan kinerja nya juga jauh lebih maksimal. 

Baca juga: Kapan Sih Shockbreaker Mobil Harus Diganti?

#4: Resiko Aquaplaning.

ban terkena aquaplaning

Sumber: cnn

Ban mobil yang lebar memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mengalami aquaplaning pada saat berkendara dijalan yang basah atau berlumpur. Karena friksi ban yang ke aspal lebih cepat hilang. Sehingga membuat lebih cepat pula untuk mobil dalam kehilangan kendali. 

Baca juga: Rahasia TWI Pada Perawatan Ban Mobil

#5: Rawan Gesekan di Spakbor.

Pasti kalian sudah mengetahui jika ban mobil yang lebar biasanya cenderung rawan untuk terkena gesekan pada spakbor. Karena ukuran ban yang sudah melebihi spakbor mobil.

Solusinya kamu bisa lipat atau gulung bibir spakbornya, dengan kamu melakukannya maka pergerakan pada ban mobil tidak akan mengganggu spakbor.

Pastikan beli mobil bekas dengan ban yang masih baik.

Beli mobil bekas termasuk salah satu yang tidak mudah, apalagi kalau kamu tidak memiliki pemahaman akan otomotif terutama mobil. Lebih baik kamu menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan begitu kamu akan mendapatkan laporan yang independen dari Otospector. Mana mobil yang benar-benar layak kamu beli dan mana yang tidak.

Ditambah jika mobil lulus inspeksi, maka akan mendapatkan layanan garansi mobil bekas sampai 1 tahun dari Otospector. Tunggu apa lagi, beli mobil bekas? Inspeksi dulu di Otospector.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Dari Tebu! Simak Review Lengkap Bensin Pertamax Green 95

Juni 27, 2024
Apa sih Pertamax Green 95 itu? Pertamax Green 95 adalah bahan bakar minyak yang berbahan dari 5 persen Bioetanol (E5) dan campuran Pertamax. Bioetanol itu sendiri merupakan hasil dari tebu, dan merupakan sejenis alkohol atau etanol yang berasal dari tumbuhan.  Kini Pertamina menyediakan produknya dengan menggunakan bahan yang sangat berkualitas untuk masyarakat, dengan adanya inovasi
Baca Lebih Lanjut

Mitos atau Fakta Menyalakan AC Mobil Tidak Boleh Langsung Full

Juni 26, 2024
Seperti yang kita ketahui jika AC mobil mampu membuat pengemudi dan penumpang nyaman saat berada di dalam nya. Lalu mitos atau fakta jika menyalakan AC mobil tidak boleh langsung full?  AC mobil merupakan komponen yang sangat penting, karena dengan ada nya AC di dalam mobil mampu membuat perjalanan menjadi lebih nyaman, khusus nya jika sudah
Baca Lebih Lanjut

Mulai 250rb Biaya Perbaikan Untuk Pelek Mobil

Juni 26, 2024
Seperti yang kita ketahui pelek (Velg) mobil merupakan komponen yang cukup penting untuk mobil, lingkaran logam pada pelek berada di dalam roda mobil. Selain untuk estetika, ternyata pelek juga sangat berperan penting untuk menjadi tumpuan dari keempat roda ban mobil. Posisi pelek mobil harus setara atau seimbang supaya roda mobil bisa berputar dan dapat melaju
Baca Lebih Lanjut