Rahasia TWI Pada Perawatan Ban Mobil

Juli 04, 2024
By Thomas W
Rahasia TWI Pada Perawatan Ban Mobil-otospector

Bukan cuma mesin, bodi, maupun interior; salah satu yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil adalah perawatan ban mobil. Pada kenyataannya, masih banyak pemilik mobil yang cuek dengan kondisi ban mobilnya. Entah itu sudah retak, alur tapak sudah botak, atau bahkan usia ban sudah kelewat tua.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Salah satu cara mudah untuk melihat kelayakan sebuah ban, adalah lewat Tread Wear Indikator (TWI). Meski bentuknya sederhana, namun TWI menjadi indikator penting tentang kelayakan ban, termasuk penggunaannya di kondisi jalan tertentu. 

Apa saja pentingnya TWI dalam hal perawatan ban yang harus dilakukan rutin? Mari kita bedah penjelasannya:

#1:  TWI Bagaimana Bentuknya?

TWI ban mobil

Sumber: hrswheel.com

Seperti terlihat dalam gambar di atas, TWI terletak di telapak ban. Bentuknya seperti tonjolan setinggi kurang lebih 1,6 mm. 

Posisi keberadaan TWI pada telapak, ditandai adanya tanda TWI yang berbentuk segitiga dan tergambar sisi atas dinding ban. Jadi kita bisa cepat menemukan lokasinya.

Pada umumnya, setiap ban punya 6 buah TWI di sekelilingnya. 

Baca juga: 5 Tanda Shockbreaker Mobil Bermasalah

#2: Makna dari Indikator TWI

Alur telapak ban sudah botak

Sumber: Gofleet.id

Seiring pemakaian ban, maka alur tapak atau kembangan yang ada di telapak ban akan semakin menipis, hingga akhirnya menyentuh indikator TWI di telapak. 

Jika indikator TWI sudah tampak sejajar dengan telapak, artinya ban sudah tidak direkomendasikan lagi untuk dipakai pada permukaan basah. 

Ban dengan kondisi seperti ini maka kemampuannya dalam membuang air akan jauh berkurang. Akibatnya, pada kondisi banyak genangan, risiko aquaplaning atau mobil tergelincir juga semakin besar.  

Kalau pengemudi tetap mau membawanya di lahan kering, sebenarnya tidak akan terlalu menjadi masalah, asal tetap berhati-hati.

beli mobil bekas di tokopedia

#3:  Penyebab Alur Telapak Cepat Terkikis

Penyebab alur telapak terkikis

Faktor utama penyebabnya tentu jarak tempuh. Semakin jauh yang sudah ditempuh, alur telapak ban akan semakin cepat habis. 

Gaya mengemudi juga sangat berpengaruh. Jika Otofriends mengemudi secara agresif yaitu cepat dalam berakselerasi, pengereman, atau menikung; maka TWI cepat habis. 

Kondisi jalan yang kasar atau off-road tentu akan lebih cepat menghabiskan TWI pada ban dibandingkan kalau jalannya lurus-lurus saja. 

Tekanan yang tidak sesuai anjuran pabrikan, baik terlalu tinggi atau justru kerendahan, juga bisa membuat TWI cepat habis. Apalagi kalau beban yang dibawa kendaraan relatif lebih berat. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Kapan Saatnya Ban Diganti?

Saatnya ban diganti

Sumber: Kompas.com

TWI tentu menjadi salah satu indikator tentang usia pakai ban. Jika TWI sudah terlihat sejajar dengan telapak, maka ban sebaiknya segera diganti. 

Akan tetapi ada kondisi-kondisi di mana ban tetap harus diganti, meski TWI masih terlihat utuh. 

Kondisi itu misalnya jika usia pemakaian ban sudah 5 tahun, keausan yang tidak merata, muncul getaran pada ban, dan adanya pengurangan daya cengkeram. 

Baca juga: Mencegah Rem Mobil Terkunci Ketika Mobil Diparkir Lama

Cara Mudah Mengantisipasi Rusaknya Kaki-kaki Mobil

Kaki-kaki mobil adalah komponen yang juga butuh perhatian khusus, meski tidak ada keluhan. Pastikan setiap bagian bekerja dengan baik dan tidak menimbulkan masalah saat dipakai dalam segala kondisi jalan. Pada jalan yang rusak, kaki-kaki biasanya baru akan menunjukkan kondisi yang sebenarnya.

Untuk mengetahui kondisi kaki kaki mobil bekas, jangan ragu menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan prosedur inspeksi mobil di lebih dari 150 titik, Otofriends akan dapat gambaran tentang kondisi mobil secara keseluruhan. Hasilnya jadi referensi dalam pengambilan keputusan pembelian.  


Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Faktor-faktor Yang Membuat Mobil Kuat Di Tanjakan

Mei 09, 2024
Bagi sebagian pemilik mobil, isu soal mobil “kuat nanjak” mungkin dianggap ga penting. Apalagi orang-orang yang tinggalnya di perkotaan, seperti Jakarta, Bandung, atau Surabaya; yang jalannya relatif landai. Makanya ketika sejumlah merek terkenal di Indonesia mengalihkan dari sistem RWD ke FWD, tidak terlalu banyak keberatan. Akan tetapi kalau pemilik mobil tinggal di daerah pegunungan dengan
Baca Lebih Lanjut

Inilah Fungsi Defogger Mobil Dan Cara Kerjanya

Mei 07, 2024
Sering kali ditemukan, sebagian pengemudi yang ternyata tidak paham tentang fungsi defogger mobil. Padahal fitur itu ada di mobil mereka. Dan mereka juga pernah merasa terganggu dengan adanya embun atau kabut yang menghalangi pandangan saat mengemudi. Sayangnya, fitur ini jadi tidak termanfaatkan secara optimal. Masalahnya, orang sering tidak menghiraukan gangguan pandangan akibat embun atau kabut,
Baca Lebih Lanjut