Apa Sih Itu Fuel Pump Mobil dan Apa Saja Fungsinya

September 26, 2023
By Getan Metodius
Apa Sih Itu Fuel Pump Mobil dan Apa Saja Fungsinya-otospector

Fuel pump, ada yang pernah berhubungan dengan salah satu komponen ini? Fuel pump ini merupakan salah satu komponen penting di mobil Otofriends. Lah kenapa penting, jelas, karena dia punya tugas penting untuk menyalurkan bahan bakar dari tanki mobil ke tujuan yaitu injektor lalu selanjutnya bahan bakar tersebut diteruskan ke mesin.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#1: Apa Itu Fuel Pump?

apa itu fuel pump pada mobil

Sumber: autopartspro.co.uk

Fuel pump merupakan komponen yang bertanggung jawab atas karburator atau sistem injeksi mobil, dan secara teratur membantu bahan bakar mobil bisa bergerak dan bersikulasi dengan lancar. Jika komponen ini bermasalah, mobil akan tidak pada performa terbaiknya dan bisa berbahaya mogok jika tidak segera dilakukan pengecekan.

Mudahnya fungsi fuel pump mobil cukup vital karena bertanggung jawab akan suplai bahan bakar dari tangki. Karena kendaraan bermotor baik motor atau mobil tidak terlepas dari komponen ini. Komponen ini bekerja untuk menjaga perputaran bensin untuk memberikan tenaga ke mesin tetap stabil.

Setelah komponen ini bisa memompa bahan bakar dan mengalirkan ke mesin, di situlah bahan bakar berubah menjadi energi dan membuat mesin menyala dan mobil bisa bergerak. Kedua sistem bahan bakar baik injeksi ataupun karburator tetap membutuhkan komponen yang vital ini.

#2: Jenis-jenis Fuel Pump.

fuel pump mobil

Sumber: autopartspro.co.uk

Ada dua jenis secara umum fuel pump, ada yang mekanis ada yang elektrik. Fuel pump mekanis merupakan jenis fuel pump yang mengandalkan tenaga mekanis yang dihasilkan oleh mesin mobil. Tenaga dari mesin langsung diubah jadi tenaga hidrolik dan memompa bbm dari tangki ke mesin.

Biasanya fuel pump mekanik ini sih ditemukan di mobil berbahan bakar diesel ya Otofriends, dan putaran mesin disalurkan melalui sabuk penggerak. Dengan adanya fuel pump ini, kinerja mesin jadi stabil, karena fungsi utamanya seperti itu. Sekaligus juga membuat mesin kendaraan jadi stabil dan tidak naik turun.

Jenis elektrik merupakan jenis fuel pump yang menggunakan teknologi motor listrik untuk memompa bensin dari tangki mobil ke ruang pembakaran. Nah motor listrik ini bisa hidup mendapatkan suplai listrik dari aki tentunya. Fuel pump elektrik pun dipecah menjadi dua lagi, ada yang dengan diafragma dan juga injeksi.

Baca juga: Ini Cara Mengatasi Karat Pada Piringan Rem Cakram Mobil

#3: Tanda Fuel Pump Perlu Diganti.

fuel pump rusak

Sumber: pelicanparts.com

Nah ada beberapa tanda atau ciri nih kalau fuel pump mobil mengalami kendala. Mulai dari mobil susah dinyalakan dikarenakan suplai bensin dari tangki tidak sampai ke mesin, jadinya mesin susah sekali dinyalakan. Lalu bisa juga indikator injeksi menyala, sampai pada penurunan performa mobil ketika digunakan di kecepatan tinggi, dikarenakan untuk memompa bahan bakar tadi tidak sempurna dan tidak mencukupi kebutuhan dari tenaga mesin.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Efek Rusaknya Fuel Pump.

performa mobil buruk

Sumber: quora.com

Kadang kita sebagai pemilik mobil bisa tidak sadar kalau ada yang tidak beres di mobil. Apalagi ketika ada gejala-gejala di atas, namun sesegera mungkin harus diperiksa ke bengkel untuk mengecek kondisi fuel pump. Ketika fuel pump rusak akan ada beberapa dampak pada kendaraan. Selain mobil sulit dinyalakan, biasanya kalau pada kasus terparah adalah mobil bisa mati total.

#5: Cara Mudah Merawat Fuel Pump.

penggantian fuel pump

Sumber: autolist.com

Ada beberapa cara mudah untuk merawat fuel pump mobil, seperti yang paling mudah adalah menjaga kebersihan tangki mobil. Otofriends perlu tahu bahwa tangki itu bisa saja terdapat benda-benda asing yang bsia mempuat kondisi fuel pump terganggu, seperti contoh ada debu, kotoran bahkan juga adanya air yang masuk. Menggunakan bahan bakar yang sesuai, agar pembakaran dari mesin sempurna dan tidak memberatkan kerja dari fuel pump itu sendiri.

Baca juga: Aplikasi Google Maps Vs. Waze Bagus Mana?

Merawat kondisi mobil sehat faktor harga jual kembali jadi stabil.

Perawatan mobil memang perlu dilakukan apalagi jika suatu saat ada rejeki lebih dan ingin upgrade mobil, harga jual kembalinya tidak anjlok. Perawatan simpel seperti menggunakan bahan bakar berkualitas dan disarankan untuk rutin untuk membersihkan tangki bensin di bengkel juga jadi salah satu faktornya. Agar tidak mengalami masalah kedepannya.

Selain itu ketika ingin beli mobil, atau upgrade mobil dari mobil Asia ke Eropa misalnya, tidak melulu membelinya dalam kondisi baru. Pasalnya selain bisa dapat harga lebih baik, ketika kita memilih dengan cermat, mobil bekas pun tetap sangat baik. Untuk itu ketika ingin beli mobil bekas, gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector yang bisa memberikan hasil maksimal akan keputusan pembelian mobil bekas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Begini Cara Perhitungan Over Kredit Mobil

Maret 16, 2024
Perhitungan over kredit mobil memang tidak semudah perhitungan kredit mobil pada saat awal. Ada beberapa hal yang harus diperhitungkan, seperti angsuran yang sudah berjalan, asuransi mobil, biaya modifikasi, dan sisa angsuran yang masih harus dibayarkan. Akan tetapi yang tidak kalah penting, jika ingin melakukan over kredit mobil, Otofriends harus tahu beberapa aturan tentang penjualan ini.
Baca Lebih Lanjut

Terbaru Tarif Tol Jakarta ke Jogja

Maret 15, 2024
Yang mau mudik mana suaranya? Bang min ucapkan selamat mudik dan hati-hati dijalan ya otofriends. Terutama saat arus mudik dan arus balik, jaga kondisi kamu dan juga kondisi mobil kamu. Terlebih lagi kamu harus mempersiapkan hal utama dalam bepergian menggunakan mobil pribadi. Yaitu biaya yang harus disiapkan, alias biaya tol, seperti yang bakal kita bahas
Baca Lebih Lanjut

Ini Dia Persiapan Mudik 2024 Pakai Mobil Pribadi

Maret 13, 2024
Alhamdulillah Otofriends udah masuk bulan puasa lagi, kita dikasih waktu untuk kembali menjadi manusia yang bersih. Menuju hari kemenangan, hajat orang Indonesia akan kita rasakan, mudik setiap tahun menjadi momen yang seru untuk kita yang mau pulkam alias pulang kampung. Tahu kah kamu otofriends, menurut hasil survei Kemenhub, untuk tahun 2024 ini pemudik menggunakan mobil
Baca Lebih Lanjut