Apa Penyebab RPM Mobil Matic Naik Turun?

Mei 19, 2024
By Thomas W
Apa Penyebab RPM Mobil Matic Naik Turun?-otospector

RPM mobil matic yang naik turun adalah tanda adanya ketidakberesan pada mesin atau sistem idle speed control. Pengemudi yang peduli kepada mobilnya, tentu bakal terganggu  dengan kondisi ini. Tetapi sebenarnya, yang lebih parah lagi kondisi ini bakal menyebabkan performa mobil yang tidak optimal bahkan mengakibatkan kerusakan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Kondisi RPM mobil matic yang naik turun bisa menyebabkan kita sulit mengendalikan mobil, terjadinya kerusakan komponen, konsumsi bahan bakar yang boros, bahkan terjadi overheat. Tentu Otofriends tidak akan nyaman dengan kondisi ini. 

Nah, apa saja faktor yang menyebabkan RPM mobil matic yang naik turun? Yuk, kita kupas satu per satu: 

#1: Permasalahan Pada Idle Air Control Valve

rpm mobil matic naik turun

Sumber: The Drive.com

Idle Air Control (IAC) valve fungsinya adalah mengatur aliran udara bypass pada intake manifold sehingga putaran mesin stasioner bisa tetap terjaga. 

Kalau komponen ini kotor, mampet, atau rusak, maka aliran udara ke mesin jadi tidak terkontrol. Akhirnya RPM mobil matic jadi naik turun. 

Kondisi yang ideal adalah RPM akan tetap stabil meski terjadi berbagai perubahan dalam mesin. Misalnya sewaktu AC dinyalakan, mesin berakselerasi atau deselerasi, dll. Saat itulah idle speed control diperlukan.

Baca juga:  Mau Beli Mobil Matic? Kenali Dulu Jenis-jenis Transmisinya

#2: Udara Yang Bocor

rpm mobil matic naik turun

Sumber: uchanics.ca

Kebocoran udara terjadi pada intake manifold. Akibatnya, tentu campuran udara dan bahan bakar jadi tidak optimal.

Bocornya udara bisa terjadi di berbagai titik, seperti selang vakum yang aus, paking yang bocor, atau intake manifold yang retak.

Udara yang bocor akan membuat mesin jadi seperti tidak terkendali. RPM akhirnya juga jadi naik-turun.

beli mobil bekas di tokopedia

 #3: Kerusakan Pada Sensor Mass Air Flow (MAF)

rpm mobil matic naik turun

Sumber: MAF sensor

Sensor MAF berfungsi untuk mengukur jumlah udara yang masuk ke mesin. 

Informasi ini akan dijadikan dasar bagi Engine Control Unit (ECU) dalam mengatur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan.

Kerusakan sensor MAF akan menyebabkan data yang diterima ECU jadi salah. Campuran udara dan bahan bakar jadi tidak sesuai, sehingga RPM tidak stabil alias naik turun.

#4: Throttle Body Bermasalah

rpm mobil matic naik turun

Sumber: haynes.com

Throttle body berfungsi mengatur aliran udara masuk ke mesin lewat buka tutup butterfly valve. Udara inilah yang akan dicampur oleh bahan bakar untuk membuat mesin menyala. 

Sayangnya, fungsi throttle body bisa terganggu oleh kotoran atau malah kerusakan, sehingga RPM jadi tidak stabil.

Agar kotoran tidak sampai mengganggu, maka Otofriends harus rutin mengganti filter udara, memeriksa kondisi selang udara, dan menjaga kebersihan ruang mesin. Hati-hati, jika tidak paham, jangan berusaha membersihkan throttle body sendiri!

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Oli Transmisi Matic Kondisinya Kotor atau Kurang

rpm mobil matic naik turun

Sumber: worner matic

Oli matic yang kotor atau kurang, bisa saja mempengaruhi kinerja sistem transmisi. Akibatnya RPM mobil matic jadi naik turun. 

Kondisi yang juga dirasakan pengemudi jika oli matic kotor adalah perpindahan gigi yang kasar. Kondisi RPM naik turun juga bisa dirasakan saat mobil berhenti.

Tentu saja solusinya, oli harus dicek dan diganti. Disarankan setiap 40.000 – 60.000 km, oli transmisi harus diganti.

Baca juga:  Inilah Arti Gigi L di Mobil Matic

Apakah respons pasar saat mobil masih baru mempengaruhi harga bekasnya?

Mobil dengan model-model yang laris di pasaran, tentu adalah gambaran tingkat kepuasan konsumen dalam membeli. Harga jual mobil laris ini biasanya stabil atau depresiasinya rendah.

Akan tetapi dalam menilai sebuah mobil, sebaiknya tidak terpengaruh harga. Kondisinya harus dicek betul, baik body, interior, mesin, transmisi, maupun kelistrikan.

Kalau Otofriends ingin pengecekan menyeluruh secara mudah, pilihan terbaik tentu saja menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi mobil di lebih dari 150 titik dan dilakukan inspektor profesional, hasilnya tentu akan optimal.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Bahayanya Membuka Tutup Radiator Mobil Saat Panas

April 18, 2024
Membuka tutup radiator mobil memang kadang harus dilakukan pada beberapa kondisi. Namun Otofriends harus berhati-hati karena tindakan ini hanya bisa dilakukan dengan  memperhitungkan kondisi dari radiator saat itu. Apakah suhunya masih panas atau sudah cukup dingin. Selain kondisinya, Otofriends juga harus tahu cara membuka tutup yang benar. Karena kalau salah cara bukanya, bisa-bisa malah akan
Baca Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Matic Terbaik 2024

April 18, 2024
Nyari mobil matic? Sini bang min kasih beberapa rekomendasi buat otofriends. Ngomong-ngomong, Otofriends kenapa sih mau atau berniat beli jenis mobil ini? Karena dikendarainya enak nggak bikin pegel atau karena lebih praktis aja? Semua itu balik lagi soal selera sih, jadi kamu bisa jawab semuanya berdasarkan kebutuhan dan selera. Kita bakalan bahas fakta sejarah menarik
Baca Lebih Lanjut

Apa Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem

April 18, 2024
Hi Otofriends, rem mobil yang kurang pakem adalah masalah serius yang dapat mengancam keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lainnya. Supaya bisa mengatasinya dengan efektif, penting nih untuk kita memahami penyebabnya dan langkah-langkah yang bisa diambil untuk memperbaikinya. Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem #1: Kampas Rem Sudah Aus atau Ada Sumbatan. Kampas rem yang aus atau
Baca Lebih Lanjut