Aman Tidak Pakai Sparepart Mobil Copotan, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

September 08, 2023
By Getan Metodius
Aman Tidak Pakai Sparepart Mobil Copotan, Simak Kelebihan dan Kekurangannya-otospector

Sebagai pengguna mobil, selain berkewajiban membayar pajak serta melakukan service, kita juga patut tahu kalau part mobil itu ada waktunya perlu diganti. Bukan hanya pada sisi mesin dan kebutuhan mesin pacu saja Otofriends, tetapi kebanyakan juga dari sisi eksterior. Kalau kita berbicara untuk membeli suku cadang, kita tidak harus membelinya di bengkel resmi nih, pasalnya penjual spare part mobil itu banyak di luar bengkel resmi.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Plus minus memang sebagai pembeli, plusnya harganya murah, mungkin kekurangannya ini adalah spare part mobil copotan. Eits, balik lagi ini, kalau kamu misalnya punya mobil yang sudah cukup berumur, lalu ada part yang wajib diganti, kita sebagai pemilik mobil tidak masalah membeli sparepart mobil diluaran atau sparepart copotan itu tidak masalah, apalagi jika bengkel atau showroom resmi sudah tidak mampu menghadirkannya.

Berdasarkan pengalaman dan banyak review pembahasan, inilah kelebihan dan kekurangan sparepart mobil copotan:

#1: Kelebihan atau keuntungan beli part / suku cadang copotan.

sparepart copotan

Sumber: Tribunjambi.com

Pertama yang perlu kita ketahui dalam keunggulan beli mobil bekas itu adalah harganya yang murah daibandingkan membeli produk orisinil keluaran bengkel resmi. Biasanya spare part ini ditawarkan berupa part dari sisi eksterior, interior atau juga banyak penjual spare part itu menjual komponen mobil bagian dalam atau mesinnya.

Contoh mobil kamu adalah Isuzu Panther yang butuh dashboard, atau juga setir, kamu bisa dengan mudah mencari suku cadang mobil kamu di bengkel sparepart mobil copotan. Biasanya mereka menjual beberapa komponen yang cukup acak dan enaknya bisa langsung nego di tempat.

Biasanya juga barang yang dijual adalah asli, karena ini merupakan komponen yang copotan atau terpisah dari mobil utuh diluaran. Kita bisa riset secara sederhana lokasi bengkel secara online, atau melihat singkat lewat video call jika lokasi jauh, nego sementara baru usakan datang untuk memastikan sparepart dalam kondisi baik.

Membeli part mobil copotan menjadi salah satu alternatif untuk kamu yang butuh part dengan harga murah. Jadi kapan lagi nih beli harga spare part atau suku cadang bekas yang murah? Cuma di bengkel part mobil copotan kamu bisa dapatkan.

Baca juga: Pahami Dulu Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Bekas Taksi

#2: Kekurangan membeli spare part mobil bekas.

kelebihan dan kekurangan sparepart mobil copotan

Sumber: bukalapak.com

Kekurangan yang pertama dan paling menonjol adalah kualitas dari barang spare part ini tidak bisa dijamin. Akan menjadi sangat menguntungkan kalau kamu mengerti sekali akan kualitas suatu part tersebut. Namun, pemilik barang bekas spare part copotan ini tidak akan menjamin kualitas part yang kamu beli ini masih bagus atau tidak, kamu lah yang harus menentukan sendiri sebelum beli atau nego harga suku cadangnya.

Yah, boleh dibilang beli part mobil copotan bekas begini sifatnya sih untung-untungan, karena ada yang awet dipakai dan ada juga yang pas dibeli, dipakai sebentar lalu rusak. Ya tidak bisa komplain, mungkin sparepart itu sudah waktunya rusak pas Ketika kita membelinya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Fakta harga yang beragam.

mesin mobil copotan

Sumber: Cintamobil.com

Nah begini Otofriends, sama seperti suku cadang mobil baru disetiap bengkel itu berbeda, layaknya part baru, part bekas copotan ini juga memiliki harga yang berbeda. Contoh seperti bagian bemper depan innova di bengkel part copotan A punya harga Rp800.000 namun di bengkel spare part copotan B harganya adalah Rp1.000.000.

Setiap harga dan bengkel itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing termasuk dari harga, maka dari itu kita sendirilah yang harusnya tahu kualias barang yang ada di depan mata itu. Saran kami jangan terburu-buru, jadi tunggu sambil meyakinkan hati.

Baca juga: Ciri-Ciri Mobil Bekas Rental Ini Wajib Anda Ketahui!

Pastikan saat beli mobil bekas tidak menggunakan part copotan.

Ada kalanya memang membeli mobil bekas itu menjadi pilihan utama, apalagi mereka yang sudah mengerti membeli mobil baru ketika masuk ke garasi rumah pertama kali, harganya langsung jatuh. Bagi mereka yang ingin membeli mobil bekas itu sepatutnya juga harus hati-hati, karena tidak menutup kemungkinan si penjual mobil bekas itu menggunakan salah satu part copotan bekas, seperti cotohnya bemper depan atau belakang.

Namun saat ini sudah ada layanan pengecekan mobil bekas, jadi inspektor akan membantu mengecek dan memberikan laporan jika mobil ini layak atau tidak dibeli. Contoh saja ketebalan dari sisi cat mobil yang berbeda dengan part bemper mobil copotan tadi, itu saja sudah menjadi satu kejanggalan dan bisa merugikan kedepannya.

Untuk itu jangan sampai salah pilih mobil bekas, hubungi layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector sekarang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Pahami, Inilah Fungsi Karburator Mobil 2024

Januari 29, 2024
Wajar jika para pengemudi mobil zaman sekarang agak asing dengan karburator. Maklum, komponen ini memang sudah ketinggalan zaman. Mobil-mobil zaman sekarang umumnya menggunakan teknologi injeksi untuk sistem pembakarannya. Antara sistem injeksi dengan karburator tentu punya banyak perbedaan mendasar yang berpengaruh pada performas mesin. Agar Otofriends memahami peran karburator di masa lalu, ada baiknya kita mengenal
Baca Lebih Lanjut

Harga Toyota Rush Bekas Per 2024, Mulai Rp85 Jutaan

Januari 29, 2024
Sampai dengan 15 tahun sejak kehadirannya pertama kali pada tahun 2006, harga Toyota Rush bekas terbukti masih tetap perkasa. Prestasi ini tak lepas dari pasar di segmen Low SUV yang terus tumbuh dan bersaing ketat. Dari semula hanya berdua bersama saudara kembarnya “Daihatsu Terios”, kini Rush harus berbagi kue dengan 5 merek lain. Meski demikian,
Baca Lebih Lanjut

Simak Nih, Harga Mobil Wuling Bekas Per Januari 2024

Januari 28, 2024
Memasuki tahun keenam kehadirannya di Indonesia, PT SGMW Motors Indonesia selalu APM Wuling semakin kokoh dalam memikat konsumen Indonesia untuk membeli mobil produk-produk asal Tiongkok itu. Tentu hal ini sebuah prestasi yang bukan main-main, mengingat selama ini konsumen Indonesia sudah telanjur akrab dengan merek-merek asal Negeri Matahari Terbit. Bahkan kondisi ini sudah berlangsung lebih dari
Baca Lebih Lanjut