Pahami Dulu Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Bekas Taksi

September 25, 2023
By Thomas W
Pahami Dulu Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Bekas Taksi-otospector

Untuk membeli mobil bekas taksi bisa menjadi pilihan bagi Otofriends yang ingin memiliki mobil pribadi dengan harga terjangkau. Namun, sebelum memutuskan untuk menjadi salah satu pembeli mobil bekas taksi, ada baiknya kita mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Ada beberapa pilihan mobil bekas taksi yang ditawarkan perusahaan-perusahaan ternama seperti Blue Bird. Antara lain Toyota Limo, Nissan Almera, Honda Mobilio, Toyota Camry, Toyota Etios, dan Toyota Alphard. Mobil-mobil yang ditawarkan tentu kondisinya bervariasi, tergantung merek, tahun produksi, sampai perawatan.  

Apa sih, kelebihan dan kekurangan mobil bekas taksi? Mari kita bedah satu per satu:

Kelebihan Mobil Bekas Taksi

#1: Harga lebih murah

Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Bekas Taksi

Kelebihan utama membeli mobil eks taksi tentunya harga yang murah daripada harga pasaran mobil bekas. Tentu juga lebih murah dibandingkan mobil bekas diluar mobil armada taksi.

Otofriends bisa mendapatkan mobil bekas taksi dengan harga yang bisa sepertiga atau setengah dari harga aslinya, tergantung dari jenis dan kondisi mobilnya.

#2: Kondisi Terjamin

Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Bekas Taksi

Kondisi mobil bekas taksi umunya terjamin, karena sudah melalui proses rekondisi oleh perusahaan taksi yang menjualnya.

Jangan khawatir kita akan mendapatkan mobil bekas taksi yang rusak atau bekas banjir, karena semua sudah diperbaiki dan diperiksa sebelum dijual. Bahkan proses perbaikan mobil bisa kita lihat. Banyaknya pilihan juga membuat kita bisa memilih mobil dengan kondisi terbaik.

Baca juga: Cek Dulu Fakta Ini Sebelum Beli Mobil Bekas Angkutan Umum

#3: Perawatan Rutin

Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Bekas Taksi

Mobil-mobil yang dijual umumnya sudah dilakukan perawatan rutin selama mobil tersebut beroperasi. Sudah pasti mendapatkan servis berkala dan pergantian spare part yang sesuai dengan standar. Hal ini membuat mesin dan komponen mobil lebih awet dan bandel.

#4: Dokumen Lengkap

Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Bekas Taksi

Mobil yang dijual dijamin punya dokumen lengkap karena sudah disiapkan oleh perusahaan taksi. Kita tidak perlu repot mengurus surat-surat dan birokrasi, karena semua sudah diurus oleh pihak penjual.

Kita juga tidak perlu membayar biaya tambahan untuk migrasi dari pelat kuning ke pelat hitam, karena sudah termasuk dalam harga jual.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Kekurangan Mobil Bekas Taksi

#1: Kilometer Tinggi

Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Bekas Taksi

Mobil bekas taksi biasanya sudah beroperasi setiap hari selama beberapa tahun, sehingga bisa mencapai ratusan ribu kilometer. Hal ini bisa mempengaruhi performa dan kesehatan mesin, dan jika tidak bisa ditangani dengan baik maka ini bisa menjadi penyakit mobil ex taksi yang menjamur serta menimbulkan potensi kerusakan di masa depan.

#2: Tampilan Kurang Menarik

Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Bekas Taksi

Meskipun sudah direkondisi, tetapi mobil bekas taksi masih memiliki jejak-jejak penggunaan sebelumnya, seperti lecet, baret, atau goresan pada bodi. Disarankan juga cek menyeluruh sampai mesin mobil dan juga kaki kaki, jika sudah baru nego harga mobil bekas taksi ini.

Selain itu, desain interior dan eksterior mobil bekas taksi juga cenderung standar dan monoton, tanpa banyak modifikasi atau aksesori, namanya juga armada taksi tidak bisa berhadap banyak.

#3: Fitur Kurang Lengkap

Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Bekas Taksi

Fitur-fitur mobil bekas taksi biasanya kurang lengkap. Hanya ada fitur-fitur dasar yang dibutuhkan untuk operasional, seperti AC, radio, atau speedometer. Fitur-fitur tambahan seperti power window, central lock, alarm, atau airbag mungkin tidak tersedia atau tidak berfungsi dengan baik.

#4: Resale Value Rendah

Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Bekas Taksi

Mobil bekas taksi sudah pasti memiliki harga jual yang lebih rendah daripada harga belinya, karena faktor-faktor seperti kilometer tinggi, tampilan kurang menarik, fitur kurang lengkap, dan stigma negatif dari masyarakat.

Jika Otofriends ingin menjual kembali mobil bekas taksi, mungkin akan ada kesulitan menemukan pembeli atau harus menawarkan harga yang sangat murah.

Baca juga: Ciri-Ciri Mobil Bekas Rental Ini Wajib Anda Ketahui!

Bagaimana memilih unit mobil bekas taksi yang terbaik?

Dengan status mobil bekas angkutan umum, tentu saja ada beberapa kondisi yang berbeda dengan mobil bekas pada umumnya. Tapi jangan terlalu dibuat susah. Salah satu cara agar mudah melakukan seleksi adalah memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan proses pemeriksaan yang mendetail serta tenaga inspektor yang berpengalaman, Otofriends akan mendapat gambaran sejelas-jelasnya tentang mobil bekas yang sedang diminati.

Keuntungan lain, mobil yang lulus inspeksi Otospector juga mendapat garansi mesin dan transmisi. Tentu saja pemakaiannya sehari-hari jadi lebih tenang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Waspada! Ini Ciri Bensin Oplosan!

April 08, 2024
Hayo siapa nih di antara kalian yang masih bingung membedakan bensin oplosan dengan bensin yang asli? Kali ini kita akan membahasnya, agar kamu dan mobil kamu terhindar dari kerusakan akibat dari pemakaian bensin oplosan, serta juga terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan pada mesin. Yang perlu diperhatikan bagi pemilik mobil, pada saat pembakaran internal kualitas
Baca Lebih Lanjut

Mesin Bergetar Sampai ke Kabin, Ini 5 Penyebabnya

April 07, 2024
Mesin bergetar sampai ke kabin bisa menjadi pertanda bahwa satu atau beberapa komponen di dalam mesin sedang bermasalah. Tentu saja akibat  getaran, pengemudi maupun penumpang merasa sangat tidak nyaman, bahkan bisa menyebabkan pusing karena juga ada kebisingan. Getaran memang wajar terjadi di saat putaran mesin atau RPM sedang rendah. Namun biasanya getarannya tidak sampai ke
Baca Lebih Lanjut

Jangan Panik Ini Dia Arti Indikator Airbag Mobil Menyala

April 06, 2024
Hai Otofriends, yang namanya kalau lampu indikator udah nyala nggak normal sih, bisa bikin deg-degan yah. Tapi jangan khawatir, kamu perlu pahami bahwa masih ada beberapa hal penting yang perlu kamu tahu kalau lampu indikator di dashboard mobil kamu menyala tidak normal. Contohnya saja lampu indikator airbag nyala, apa sih artinya? Bahaya atau enggak, yuk
Baca Lebih Lanjut