Download Aplikasi OTOS
Install

5 Penyebab Mobil Diesel Tidak Mau Menyala

Juli 29, 2023
By Thomas W
5 Penyebab Mobil Diesel Tidak Mau Menyala-otospector

Dibandingkan mobil bensin, mobil diesel konon lebih disukai karena katanya “tidak perlu dirawat”. Apa benar? Tentu anggapan itu salah karena tanpa perawatan secara berkala yang memadai, maka suatu hari bisa terjadi mobil tiba-tiba tidak mau menyala atau susah hidup.

Pada mobil-mobil diesel bermesin konvensional, apalagi yang sudah cukup berumur (di atas 5 tahun) kejadian mesin susah dinyalakan ini bakal sering terjadi. Terutama pada pagi hari, saat mesin masih dalam kondisi dingin.

Nah, kira-kira apa penyebab mesin diesel jadi susah hidup saat distarter? Mari kita kupas beberapa penyebabnya:

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

#1: Mesin Mengalami “Masuk Angin”

Penyebab diesel tidak mau nyala
Filter solar

Masuk angin adalah istilah di mana ada udara yang masuk ke saluran sistem bahan bakar. Angin biasanya masuk ke mesin saat dilakukan penggantian filter solar, bahan bakar diesel.

Seperti kita tahu, diesel bekerja dengan tekanan. Udara yang terjebak akhirnya terkompresi sehingga pompa bahan bakar hanya menekan udara saja. Sementara tekanan ke bahan bakar menurun drastis dan mobil susah hidup.   

Masuknya angin terjadi ketika proses penggantian filter atau karena tangki sering kosong. Jadi, pemilik mobil harus mencegahnya.

Baca juga: Perhatikan, Inilah 4 Kelemahan Mesin Diesel

#2: Udara Terjebak Di Saluran Bahan Bakar

Penyebab diesel tidak mau nyala
Injektor solar

Gejalanya bisa berupa mesin mobil diesel susah hidup. Gejala lain adalah performa mobil yang turun akibat kompresi yang kurang. Tarikan berat, lalu bahan bakar boros, bahkan mogok.

Udara yang terjebak akan dikeluarkan dengan dipompa (bleeding) sehingga udara bergerak ke injektor. Udara akan disalurkan ke luar setelah mesin dihidupkan.

Otofriends bisa mencoba mengeluarkan udara dengan memompa udara secara manual lewat primping pump. Namun jika tidak yakin, lebih baik meminta bantuan mekanik saja. Untuk mengakses layanan ini tentu diperlukan proses pembayaran.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Ada Masalah Pada Busi Pijar  

Penyebab diesel tidak mau nyala
Busi pijar

Masalah pada busi pijar atau glow plug bisa dikatakan cukup merepotkan. Sebenarnya untuk memahami penyebabnya cukup sepele yaitu usia busi pijar.

Karena kemungkinan sudah melewati usia pakainya, maka tidak bisa menginjeksikan kembali solar untuk mencapai titik bakar. Penyebab lain bisa karena timing pada busi pijar yang error.

#4: Masalah Turbocharger

Penyebab diesel tidak mau nyala
Turbocharger

Pada mobil yang berteknologi turbo, masalah bisa timbul karena turbo vane tidak terbuka. Akibatnya udara menurun (underboost) atau bisa juga tekanan udara tidak stabil.

Tekanan kompresi yang menurun saat pemadatan juga bisa menyebabkan proses pembakaran tidak sempurna. Faktor penyebabnya adalah karena jumlah udara yang ada pada ruang silinder berkurang.

Turunnya tekanan kompresi biasanya disebabkan ring kompresi yang aus atau mesin seal injektor rusak.

#5: Rusaknya Pompa-pompa

Penyebab mobil diesel tidak mau nyala
Priming pump

Pompa yang berfungsi untuk memompa solar keluar dari filter menuju ruang bakar (supply pump) bisa saja bermasalah sehingga tidak ada bahan bakar yang tersalurkan. Tentu saja pembakaran tidak akan bisa terjadi.  

Begitu pula dengan pompa yang menarik bahan bakar dari tangki ke ruang bakar (priming pump) yang bermasalah. Kerusakan pompa ini bisa menyebabkan jumlah bahan bakar yang mengalir akan berkurang. Dampaknya adalah proses pembakaran dan mesin sulit hidup.

Baca juga: Pahami Soal Diesel Common Rail, Ini 5 Penjelasannya

Bagaimana cara memutuskan mobil bekas bermesin diesel yang terbaik untuk dibeli?

Alasan seseorang memilih dan menggunakan mobil bermesin diesel, biasanya adalah karena untuk digunakan sebagai “mobil operasional” alias untuk aktivitas harian. Karena itu wajar jika mobil ini sudah dalam kondisi capek atau KM tinggi..

Agar Otofriends tidak repot saat menilai mobil bekas bermesin diesel, manfaatkanlah jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Inspektor Otospector bekerja secara profesional dan independen dalam menilai kondisi mobil bekas secara menyeluruh.

Dari hasil penilaian, Otofriends akan punya rujukan dalam menentukan kelayakan sebuah mobil bekas untuk dibeli.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Ada Jazz, Ini List Mobil Bekas Jogja Dibawah 100 Juta

Agustus 22, 2025
Hi otofriends kali ini bang min mau berbagi beberapa rekomendasi lagi nih, terutama buat kamu warga Jogja. Buat yang mau cari atau mau beli mobil bekas namun biayanya dibawah atau maksimal 100 juta, bang min punya beberapa rekomendasi nih buat kamu. Beli mobil bekas saat ini udah jadi banyak menjadi pilihan masyarakat, bagaimana tidak, dengan
Baca Lebih Lanjut

Wajib Tahu! Perbedaan Oli Mesin Mobil Biasa dengan Hybrid untuk Performa Maksimal

Agustus 21, 2025
Kalian tau gak sih ada perbedaan jenis oli mesin yang biasa dengan mobil hybrid? Nah, yuk simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui apa sih bedanya. Supaya kelak kamu gak salah pilih untuk memilih oli mesin untuk mobil kamu!  Mobil hybrid semakin tahun menjadi incaran bagi para pecinta otomotif, karena efisiensi mobil hybrid dan juga
Baca Lebih Lanjut

Selain DOT 3 Ini Detail Spesifikasi Minyak Rem Mobil

Agustus 20, 2025
Seperti yang kita ketahui, bahwa minyak rem mobil berfungsi sebagai pemulas cakram dan kampas rem. Komponen ini cenderung mudah panas dan mudah kering karena karea kedua komponen tersebut saling bergesekan. Maka diberikan minyak rem berfungsi untuk meredam gesekan tersebut.  Selain itu, minyak rem juga berfungsi untuk penyalur tenaga hidrolika untuk sistem pengereman, seperti silinder roda
Baca Lebih Lanjut