Klik disini untukJual Mobil Anda

5 Penyebab Mobil Diesel Tidak Mau Menyala

Desember 24, 2022
By Thomas W
5 Penyebab Mobil Diesel Tidak Mau Menyala-otospector

Dibandingkan mobil bensin, mobil diesel konon lebih disukai karena katanya “tidak perlu dirawat”. Apa benar? Tentu anggapan itu salah karena tanpa perawatan secara berkala yang memadai, maka suatu hari bisa terjadi mobil tiba-tiba tidak mau menyala atau susah hidup.

Pada mobil-mobil diesel bermesin konvensional, apalagi yang sudah cukup berumur (di atas 5 tahun) kejadian mesin susah dinyalakan ini bakal sering terjadi. Terutama pada pagi hari, saat mesin masih dalam kondisi dingin.

Nah, kira-kira apa penyebab mesin diesel jadi susah hidup saat distarter? Mari kita kupas beberapa penyebabnya:

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

#1: Mesin Mengalami “Masuk Angin”

Penyebab diesel tidak mau nyala
Filter solar

Masuk angin adalah istilah di mana ada udara yang masuk ke saluran sistem bahan bakar. Angin biasanya masuk ke mesin saat dilakukan penggantian filter solar, bahan bakar diesel.

Seperti kita tahu, diesel bekerja dengan tekanan. Udara yang terjebak akhirnya terkompresi sehingga pompa bahan bakar hanya menekan udara saja. Sementara tekanan ke bahan bakar menurun drastis dan mobil susah hidup.   

Masuknya angin terjadi ketika proses penggantian filter atau karena tangki sering kosong. Jadi, pemilik mobil harus mencegahnya.

Baca juga: Perhatikan, Inilah 4 Kelemahan Mesin Diesel

#2: Udara Terjebak Di Saluran Bahan Bakar

Penyebab diesel tidak mau nyala
Injektor solar

Gejalanya bisa berupa mesin mobil diesel susah hidup. Gejala lain adalah performa mobil yang turun akibat kompresi yang kurang. Tarikan berat, lalu bahan bakar boros, bahkan mogok.

Udara yang terjebak akan dikeluarkan dengan dipompa (bleeding) sehingga udara bergerak ke injektor. Udara akan disalurkan ke luar setelah mesin dihidupkan.

Otofriends bisa mencoba mengeluarkan udara dengan memompa udara secara manual lewat primping pump. Namun jika tidak yakin, lebih baik meminta bantuan mekanik saja. Untuk mengakses layanan ini tentu diperlukan proses pembayaran.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Ada Masalah Pada Busi Pijar  

Penyebab diesel tidak mau nyala
Busi pijar

Masalah pada busi pijar atau glow plug bisa dikatakan cukup merepotkan. Sebenarnya untuk memahami penyebabnya cukup sepele yaitu usia busi pijar.

Karena kemungkinan sudah melewati usia pakainya, maka tidak bisa menginjeksikan kembali solar untuk mencapai titik bakar. Penyebab lain bisa karena timing pada busi pijar yang error.

#4: Masalah Turbocharger

Penyebab diesel tidak mau nyala
Turbocharger

Pada mobil yang berteknologi turbo, masalah bisa timbul karena turbo vane tidak terbuka. Akibatnya udara menurun (underboost) atau bisa juga tekanan udara tidak stabil.

Tekanan kompresi yang menurun saat pemadatan juga bisa menyebabkan proses pembakaran tidak sempurna. Faktor penyebabnya adalah karena jumlah udara yang ada pada ruang silinder berkurang.

Turunnya tekanan kompresi biasanya disebabkan ring kompresi yang aus atau mesin seal injektor rusak.

#5: Rusaknya Pompa-pompa

Penyebab mobil diesel tidak mau nyala
Priming pump

Pompa yang berfungsi untuk memompa solar keluar dari filter menuju ruang bakar (supply pump) bisa saja bermasalah sehingga tidak ada bahan bakar yang tersalurkan. Tentu saja pembakaran tidak akan bisa terjadi.  

Begitu pula dengan pompa yang menarik bahan bakar dari tangki ke ruang bakar (priming pump) yang bermasalah. Kerusakan pompa ini bisa menyebabkan jumlah bahan bakar yang mengalir akan berkurang. Dampaknya adalah proses pembakaran dan mesin sulit hidup.

Baca juga: Pahami Soal Diesel Common Rail, Ini 5 Penjelasannya

Banner iklan dana tunai

Bagaimana cara memutuskan mobil bekas bermesin diesel yang terbaik untuk dibeli?

Alasan seseorang memilih dan menggunakan mobil bermesin diesel, biasanya adalah karena untuk digunakan sebagai “mobil operasional” alias untuk aktivitas harian. Karena itu wajar jika mobil ini sudah dalam kondisi capek atau KM tinggi..

Agar Otofriends tidak repot saat menilai mobil bekas bermesin diesel, manfaatkanlah jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Inspektor Otospector bekerja secara profesional dan independen dalam menilai kondisi mobil bekas secara menyeluruh.

Dari hasil penilaian, Otofriends akan punya rujukan dalam menentukan kelayakan sebuah mobil bekas untuk dibeli.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Daftar Harga Mobil Keluarga Bermesin Diesel Rp 100 Jutaan

Juni 01, 2022
Sebagian dari peminat mobil bekas, diketahui selalu memantau perkembangan harga mobil keluarga di pasaran. Maklum, sejauh ini mobil keluarga atau mobil berkapasitas 7 penumpang atau lebih, masih dianggap sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Terutama bagi keluarga dengan anggota cukup banyak. Mobil keluarga juga dianggap punya nilai plus, jika nyaman, bermesin tangguh, dan biaya operasionalnya murah.
Baca lebih lanjut

5 Komponen Yang Bikin Biaya Servis Mobil Membengkak

Mei 30, 2022
Kata orang, biaya servis mobil kadang tidak pernah tetap. Artinya, ketika dilakukan suatu perbaikan, maka ada saja bagian-bagian lain yang butuh perhatian. Alhasil, harus diperbaiki atau diganti sekalian. Apa boleh buat, servis mobil memang bertujuan menjaga kondisi mobil agar tetap dalam kondisi prima. Ada perbaikan yang sifatnya ringan, ada pula yang berat. Umumnya besaran biasa
Baca lebih lanjut

4 Cara Menghemat BBM Dari Kebiasaan Sehari-hari

Mei 29, 2022
Tips cara menghemat BBM dijamin bakal menarik bagi pengemudi yang sehari-hari punya mobilitas tinggi. Apalagi jika mereka yang sehari-harinya bisa menempuh jarak puluhan bahkan ratusan kilometer. Belum lagi ketika harus bertemu dengan kepadatan lalu-lintas yang bisa berjam-jam. Cara menghemat BBM juga bakal jadi trik bagi mereka yang  sehari-hari pakai BBM dengan RON alias “oktan” yang
Baca lebih lanjut