Klik disini untukJual Mobil Anda

5 Merek Mobil Di GIIAS 2022 BSD Yang Jadi Perhatian

Agustus 24, 2022
By Thomas W
5 Merek Mobil Di GIIAS 2022 BSD Yang Jadi Perhatian-otospector

Pameran mobil akbar ini berlangsung 11-21 Agustus. Dari berbagai merek mobil di GIIAS 2022 BSD, setidaknya terdapat 5 mobil yang berhasil menarik perhatian para pengunjung. Mobil-mobil ini menjadi sorotan bukan hanya lantaran karena sosoknya yang baru hadir saja di Tanah Air, tapi ada juga yang karena adanya pembaruan teknologi dan desain. Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show GIIAS 2022 sudah bikin penasaran.

Rata-rata merek mobil di GIIAS 2022 BSD memang tampil dengan sejumlah peningkatan yang menggembirakan sehingga menambah semarak industri otomotif dai Tanah Air. Namun khusus untuk 5 mobil berikut ini, masing-masing ternyata punya catatan khusus.

Nah, biar gak penasaran, yuk kita tengok 5 merek mobil di GIIAS 2022 BSD yang bikin pengunjung penasaran:

#1: Toyota bZ4X

Toyota bZ4X di GIIAS 2022
Toyota bZ4X

Toyota memang lengkap, mulai dari mobil SUV, Sedan sampai kendaraan komersial pun tidak bisa dianggap remeh. Saat ini Toyota sudah masuk ke segmen kendaraan listrik, mengingat perkembangan listrik di Indonesia sangat baik Toyota tidak mau kalah unjuk gigi.

Toyota bZ4X jadi mobil yang paling ditunggu-tunggu para pecinta otomotif Tanah Air, lantaran selama ini Toyota terkesan tidak terlalu serius dalam berbisnis mobil listrik. Namun menjelang digelarnya KTT G-20 di Bali November 2022, Toyota membuktikan keseriusannya dengan mempersiapkan bZ4X sebagai salah satu mobil resmi acara tersebut.

Di Jepang, Toyota BZ4X hadir dengan pilihan satu motor elektrik Front-Wheel Drive (FWD) dan dua motor elektrik All-Wheel Drive (AWD).

Pada versi FWD, BZ4X memakai motor elektrik AC Synchronous bertenaga 150 kW (204 dk). Sedangkan pada AWD, ada dua motor bertenaga 80 kW (108 dk) sehingga keduanya menghasilkan tenaga 216 dk.

Baterai yang digunakan Lithium-ion 355 volt berkapasitas total 71,4 kWh. Ada perbedaan jarak tempuh antara versi FWD yakni 500 km dengan versi AWD yaitu 460 km.

Sampai hari ini Toyota belum resmi mengumumkan harga bZ4X serta tanggal pasti peluncurannya. Akan tetapi diperkirakan bakal berada di kisaran Rp1,1 milyar.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: 4 Mobil Baru Di Pembukaan GIIAS Agustus 2022 BSD

#2:  BMW iX

BMW iX di GIIAS 2022
BMW iX xDrive40

Kehadiran BMW iX bukan saja menyedot perhatian pengunjung, melainkan juga terbukti laris dalam penjualan. Kabarnya, selama pameran GIIAS 2022, pemesanan mobil listrik ini sudah distop lantaran antrean pembeli sudah sampai tahun 2023 alias tahun depan. Membludaknya minat pembeli diduga karena harga BBM yang tinggi.  

Varian BMW iX yang diluncurkan di Indonesia adalah xDrive40 atau berpenggerak semua roda. Dengan output lebih dari 326 Hp, mobil ini mencapai kecepatan dari 0 hingga 100 km/jam dalam 6,1 detik.

Sementara untuk unit baterainya, BMW iX yang dijual seharga Rp2,3 milyar ini memiliki kandungan energi (gross) lebih dari 70 kWh. Dengan kondisi tersebut, produsennya mengklaim mampu mempunyai jarak tempuh hingga 420 km.

#3: Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer di GIIAS 2022
Hyundai Stargazer

Kehadiran Stargazer memang salah satu yang ditunggu pengunjung GIIAS karena mobil ini disebut-sebut bakal bersaing dengan merek-merek yang sudah mapan di kelas low MPV seperti Toyota Avanza atau Mitsubishi Xpander. Sejauh ini Stargazer menawarkan beberapa kelebihan, antara lain pada desain eksterior serta kabinnya.

Bukan hanya lapang, satu catatan khusus adalah soal kenyamanan kabin. Desainnya juga modern dan praktis. Tersedia banyak ruang penyimpanan seperti small tray, cup holder, extra pockets, dan picnic table. Pada varian Trend, Style, dan Prime, kenyamanan masih ditunjang keberadaan jok captain seat.

Hal lain yang patut dicatat adalah keberadaan Hyundai Bluelink, yakni sistem penghubung antara pengguna dengan mobilnya melalui ponsel. Lewat ponsel, pengguna bisa menghidupkan dan mematikan mesin, mengatur suhu kabin, membuka-mengunci pintu, menyalakan klakson, menyala-matikan lampu, dan mengetahui lokasi mobil di tempat parkir.

Stargazer dipasarkan dalam empat varian, yakni Active, Trend, Style, dan Prime. Harganya berada pada rentang Rp243 juta sampai Rp307 juta. Mengingat kecanggihan teknologinya, harga itu cukup kompetitif di kelasnya.

#4: Subaru BRZ

Subaru BRZ di GIIAS 2022
Subaru BRZ

Subaru sudah cukup dikenal, bahkan seperti Subaru XV terbilang cukup laris, kini saudaranya yaitu Subary BRZ hadir di giias 2022, mobil terbaru ini termasuk yang nanti-nanti karena kabarnya ada perbedaan antara BRZ generasi kedua ini dibanding generasi sebelumnya.

Antara lain dengan power, torsi, dan akselerasi yang lebih baik, mobil ini memberikan handling, keseimbangan, dan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Mesinnya menggunakan Boxer 2.4 liter naturally aspirated yang menghasilkan tenaga 237 ps dan torsi 250Nm. Dengan mesin barunya ini kabarnya tenaga meningkat sampai 15 persen, throttle-nya lebih repsonsif, torsi merata di semua putaran, tapi istimewanya tetap terasa ringan.

Performa mesin ditunjang desain yang makin sempurna. Ini terutama tampak pada grille heksagonal yang posisinya rendah dan lebih lebar sehingga membuat titik gravitasinya rendah. Kehadiran item aerodinamis seperti side sill spoilers dan air outlets di belakang fender juga punya fungsi optimal. Semua itu bukan cuma sekadar aksen, tapi meningkatkan performa keseluruhan.

Dengan semua keunggulan itu, harga BRZ terasa kompetitif di kelasnya. Subaru BRZ dengan transmisi manual dibanderol Rp 825 juta, sedangkan transmisi matic harganya Rp 850 juta.

#5: Porsche Cayenne e-Hybrid

Porsche Cayenne e-Hybrid di GIIAS 2022
Porsche Cayenne e-Hybrid

Di bawah payung Eurocars, Porsche Indonesia mengenalkan E-Hybrid terbaru pada Cayenne. SUV mewah ini menawarkan sistem plug-in hybrid yang lebih jauh daya jelajahnya. Dengan kombinasi mesin pembakaran dan motor listrik, jangkauan all-electric meningkat antara 40-60 km. Kapasitas baterai mobil ini memang lebih besar, dari semula 14,1 kWh menjadi 17,9 kWh.

Powertrain listrik pada Cayenne E-Hybrid yang disalurkan melalui transmisi Triptronic S delapan percepatan, bisa menghasilkan output 100 kW (136 PS) dan torsi 140 Nm. Kecepatan tertinggi dengan hanya menggunakan baterai atau listrik murni ini mencapai 135 km/jam.

Pada mode Sport atau Sport Plus, yang  mengawinkan mesin V6 Trubo 3.0L dengan powertrain listriknya, bisa dihasilkan tenaga lebih besar lagi yakni 340 kW (462 PS).

Menariknya, peluncuran Cayenne kali ini juga dilengkapi varian Edisi Platinum, yang menggabungkan fitur desain Satin Gloss Platinum. Implementasinya pada velg Sport Desain Eksklusif 21 inci yang dicat Platinum, knalpot sport hitam, kaca privasi, trim jendela samping dalam warna hitam. Harga yang ditawarkan Rp3,1 milyar.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Sedan Kurang Diminati Di Indonesia, Mungkin Ini Sebabnya

Bagaimana cara berburu mobil sedan mewah bekas berharga murah dengan kondisi terbaik?

Mengingat mobil-mobil semacam ini ada di segmen yang khusus dan populasinya tidak banyak, maka Otofriends harus sabar dan rajin memantau agar mendapatkan unit bekas yang terbaik. Setelah mendapat unit yang menjadi incaran, maka jangan ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk memastikan kondisinya.

Saat berburu sedan mewah, pastikan juga Otofriends mencarinya di dealer-dealer mobil bekas terpercaya rekanan Otospector, untuk mendapatkan mobil yang sudah terinspeksi dan bergaransi.   

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya