Klik disini untukJual Mobil Anda

5 Bahan Alami Untuk Pengharum Mobil Anda

Januari 16, 2022
By Thomas W
5 Bahan Alami Untuk Pengharum Mobil Anda-otospector

Bagi pemilik yang rajin merawat dan memperhatikan kebersihan kabin mobilnya, pengharum mobil jadi salah satu benda yang wajib ada. Apalagi kalau mobil biasa dipakai harian dan terkadang ikut ditumpangi oleh orang-orang lain.  

Di pasaran memang tersedia berbagai pengharum mobil buatan pabrik. Namun masalahnya tidak semua orang menyukainya. Bahkan dapat membawa efek negatif bagi orang-orang yang “alergi”, seperti pusing, sakit kepala, atau malah mual.

Nah, sebagai alternatifnya mari kita coba 5 bahan alami untuk pengharum mobil yang direkomendasikan oleh Otospector:

#1: Pandan

5 Bahan Alami Untuk Pengharum Mobil Anda

Salah satu kebaikan pandan adalah wanginya yang khas dan tidak terlalu menyengat. Alhasil pada umumnya orang akan menyukainya. Aromanya sedap, mirip-mirip sejumlah masakan.

Untuk menggunakannya, Otofriends cukup menyiapkan 20 helai pandan segar. Satukan pandan tersebut agar tidak berantakan, kemudian taruh di bawah jok mobil.  

Aroma daun pandan bisa bertahan sekitar dua minggu sebelum akhirnya daun mengering.

#2: Kopi

5 Bahan Alami Untuk Pengharum Mobil Anda

Kopi dikenal punya aroma yang kuat, tapi tidak mengganggu. Kebanyakan orang menyukai aromanya atau minimal tidak keberatan. Aromanya juga diyakini bisa membangkitkan semangat. Kopi juga dikenal mampu menyerap bau tidak sedap seperti bau apek atau bau asap rokok.

Untuk memanfaatkan kopi, ambil segenggam bubuk atau biji kopi, lalu letakkan dalam sebuah wadah tertutup yang telah diberi lubang kecil-kecil.

Tempatkan wadah kopi di sudut-sudut kabin. Dalam waktu tidak lama, aroma kopi akan tercium dan aroma yang tidak sedap akan terserap oleh kopi.

Aplikasi OTOS

Baca juga: Begini Langkah-langkah Merawat Kabin Mobil Sendiri

#3: Melati

5 Bahan Alami Untuk Pengharum Mobil Anda

Aroma bunga selalu menjadi pilihan untuk pengharum mobil. Beberapa jenis bunga malah diyakini punya efek relaksasi sehingga baik untuk aktivitas yang butuh konsentrasi seperti mengemudi. Salah satunya, melati.

Ambil beberapa kuntum bunga melati. Akan lebih baik kalau masih kuncup. Letakkan di dekat AC atau aliran udara agar aromanya menyebar di dalam kabin

#4: Kayu Manis

5 Bahan Alami Untuk Pengharum Mobil Anda

Tanaman rempah ini punya aroma khas yang cocok untuk jadi pengharum mobil alami. Bisa menggunakan kayu manis yang utuh atau sudah berbentuk bubuk.

Cara pakainya, letakkan kayu manis dalam toples atau kantong kecil. Simpan di tempat yang dilalui aliran udara agar aroma wanginya menyebar.

#5: Serai

5 Bahan Alami Untuk Pengharum Mobil Anda

Aslinya serai adalah bahan untuk jamu atau obat tradisional. Namun ternyata tumbuhan ini bisa menghilangkan berbagai macam bau tak sedap. Selain itu serai juga diketahui mengandung minyak atsiri yang baik untuk memperkuat sistem saraf.

Siapkan 20-25 tangkai serai kemudian taruh dalam wadah tertutup yang berlubang. Tempatkan di dasar kabin mobil. Keunikan serai, justru saat mengering dan terpapar udara, malah aroma wanginya akan keluar.

Baca juga: 6 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Beli Mobil Bekas

Bagaimana tip memilih pengharum mobil yang cocok untuk dipakai sehari-hari?

Memilih pengharum mobil memang sangat tergantung kepada selera masing-masing orang. Karena itu komunikasikan kepada anggota keluarga, wewangian seperti apa yang kira-kira bisa diterima oleh semua.

Komunikasi ini penting agar suasana di dalam kabin bisa membuat bahagia dan bukan malah jadi tersiksa saat harus berpergian dengan mobil. Apalagi ada sebagian orang yang memang tidak cocok dengan pengharum buatan pabrik.

Jika ingin netral, maka Otofriends bisa memilih salah satu bahan alami di atas untuk pengharum kabin. Dijamin lebih sedikit yang keberatan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya