5 Alasan Mobil Avanza Bekas Masih Layak Dibeli

Oktober 12, 2022
By Thomas W
5 Alasan Mobil Avanza Bekas Masih Layak Dibeli-otospector

Bukan hal yang mengherankan jika sampai hari ini mobil Avanza bekas masih dicari oleh para peminat mobil bekas, terutama di kelas MPV. Tak heran jika mobil sejuta umat yang telah dipasarkan dua dekade itu, masih menjadi mobil favorit masyarakat, walau banyak kompetitor yang berusaha menyainginya secara ketat.

Tentu saja ada beragam pendapat mengapa mobil ini masih tetap bertahan hingga hari ini. Namun yang jelas Toyota Avanza terbukti mampu menjawab kebutuhan konsumen otomotif Indonesia akan mobil yang berkapasitas cukup besar, tangguh, serta perawatan dan operasionalnya mudah.

Nah, apa saja alasan sampai sebuah mobil Avanza bekas layak dibeli:

#1: Menyandang Nama Toyota

Logo Toyota
Logo Toyota di Avanza

Meski Toyota Avanza merupakan mobil hasil kerjasama (rebadge) dengan Daihatsu Xenia, namun orang rupanya tidak peduli bahkan cenderung lupa. Kebesaran nama Toyota membuat orang percaya pada kualitas produk dan layanan purna jual yang dijamin tidak banyak persoalan.

Harus diakui, Toyota Astra Motor mempunyai strategi jitu dalam membangun reputasi sebagai brand otomotif ternama. Tentu hasilnya konsumen selalu percaya bahkan bangga telah membeli produk Toyota, meski hanya sebatas unit yang bekas sekalipun.

Reputasi ini rupanya juga berimbas ke harga mobil  bekasnya. Bukan hanya Avanza, harga jual kembali produk lain seperti Kijang kapsul, Fortuner, Camry, Rush, atau Innova, juga tinggi dan cukup stabil.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Harga Mobil Avanza Kian Menarik, Ini Harga Bekas Dan Barunya

#2: Layanan Purna Jual Dan Suku Cadang Yang Mudah

Servis resmi Avanza
Servis Avanza di bengkel resmi

Bukan cuma soal pemakaian, soal perawatan juga harus diperhitungkan para pemilik mobil. Nah, hingga saat ini Toyota masih unggul dalam hal layanan purnajual. Diperkirakan terdapat lebih dari 300 outlet purnajual Toyota yang tersebar di 37 provinsi di Indonesia. Jumlah ini adalah yang terbanyak saat ini.

Tak kalah penting adalah ketersediaan suku cadang dari produk Toyota yang umumnya mudah didapat. Harganya juga relatif tidak mahal.

Namun sebenarnya yang lebih penting bagi pemilik adalah adanya banyak pilihan spare part, terutama untuk merek yang populer seperti Avanza, Innova, Agya, dll. Bahkan spare part yang bukan original atau kualitas nomor dua ini sering juga jadi pilihan

#3: Populasi Avanza Sangat Banyak

Rombongan Avanza
Rombongan Toyota Avanza

Tak salah kalau Avanza dijuluki mobil sejuta umat. Karena sejak peluncurannya pertama kali tahun 2003 hingga hari ini, Avanza sudah terjual lebih dari 1,6 juta unit. Penjualan ini merupakan rekor tertinggi di Indonesia sekaligus pencapaian tercepat hingga 1 juta unit.

Banyaknya Avanza di pasaran membuat konsumen punya banyak pilihan saat memilih unit bekasnya. Konsumen juga bisa membandingkan serta mendapatkan unit serta harga terbaik.

Populasi Avanza yang begitu meluas, membuat pemakai juga merasa tenang. Karena jika mereka sampai mengalami kendala di jalan, maka dipastikan akan bakal bisa tertangani dengan baik.

#4: Kualitasnya Sudah Teruji

Mesin Avanza
Mesin Toyota Avanza

Meski tidak sedikit orang yang mencoba mengkritik mobil ini, namun nyatanya Toyota Avanza banyak kita temui di pedalaman dengan medan yang cukup sulit. Terbukti mobil ini cukup tangguh dan mampu mengatasi area dengan kondisi yang minim.

Dibandingkan dengan Low MPV lainnya, Toyota Avanza memang punya dua keunggulan. Pertama, berpenggerak roda belakang sehingga diyakini lebih kuat menanjak. Kemudian ground cleareance-nya juga cukup tinggi, sehingga mampu mengatasi jalanan kasar dan berbatu tanpa mentok ke body.

Namun sebenarnya yang tak kalah penting adalah keberadaan mesin Avanza itu sendiri yang tangguh tapi tetap irit. Apalagi sejak tahun 2015 atau generasi ketiga, Avanza memakai mesin NR Series, yakni 1NR-FE untuk 1.300 cc, serta 2NR-FE untuk 1.500 cc. Pemakaian seri NR ini membuat efisiensinya meningkat sampai 15 persen.

#5: Mobil Keluarga Serbaguna

Baris ketiga Avanza
Bangku baris ketiga Avanza ketika dilipat

Harus diakui, daya angkut Avanza yang mencapai 7 penumpang menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen Indonesia. Tak heran jika mobil ini akhirnya sah menjadi mobil keluarga, setelah sebelumnya orang mengenal jenis minibus atau Toyota Kijang.

Sebagai MPV alias kendaraan serbaguna, Avanza juga tidak mengecewakan karena daya akomodasinya sangat baik. Cukup dengan melipat baris ketiga dan menyetel baris kedua, maka didapat ruang yang cukup luas untuk mengangkut berbagai barang.

Dengan kapasitas yang optimal inilah Toyota Avanza belakangan justru sering dimanfaatkan sebagai mobil untuk berniaga. Mobil ini disulap menjadi kios darurat di mana bagasi belakang dipakai untuk memajang barang dagangan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Baca, 4 Fakta Oli Mobil Avanza Yang Harus Diketahui

Ada bermacam penawaran mobil Avanza bekas di pasaran, bagaimana cara mendapatkan unit yang terbaik?

Mengingat populasinya yang sangat banyak, tentu tidak sulit mendapatkan Toyota Avanza di pasaran mobil bekas. Namun masalahnya, tidak semua unit Avanza bekas ada dalam kondisi seperti yang diharapkan. Apalagi mobil ini juga dikenal juga sebagai mobil “operasional” sehari-hari.

Untuk memastikan kondisi Toyota Avanza yang hendak dipinang, Otofriends jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan proses inspeksi yang detail dan tenaga inspektor berpengalaman, Otofriends akan mendapat gambaran yang utuh tentang kondisi sebuah mobil bekas. Mobil yang sudah lulus inspeksi juga akan memperoleh garansi.

Keuntungan lain dari Otospector, setiap mobil yang lulus inspeksi bisa mendapatkan garansi melalui mobil bekas bergaransi. Jadi kini bukan hanya mobil baru saja, mobil bekas juga bisa mendapat garansi hingga maksimal 1 tahun.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Simak Nih, Harga Mobil Wuling Bekas Per Januari 2024

Januari 28, 2024
Memasuki tahun keenam kehadirannya di Indonesia, PT SGMW Motors Indonesia selalu APM Wuling semakin kokoh dalam memikat konsumen Indonesia untuk membeli mobil produk-produk asal Tiongkok itu. Tentu hal ini sebuah prestasi yang bukan main-main, mengingat selama ini konsumen Indonesia sudah telanjur akrab dengan merek-merek asal Negeri Matahari Terbit. Bahkan kondisi ini sudah berlangsung lebih dari
Baca lebih lanjut

Start 198juta, Update Harga Innova Reborn Bekas 2024

Januari 27, 2024
Meski bisa dibilang masih sangat stabil, namun di pasaran mobil bekas, harga mobil Innova Reborn bekas saat ini semakin terjangkau. Multi Purpose Vehicle (MPV) medium atau mobil keluarga yang semasa Kijang pernah dijuluki sebagai mobil sejuta umat ini, bahkan sekarang sudah ada yang dijual di bawah Rp200 jutaan. Buat yang mencari mobil keluarga, memang Innova
Baca lebih lanjut

Tips Berkendara Ketika Hujan

Januari 26, 2024
Bagi Otofriends yang sering membawa mobil sendiri, wajib memahami tips berkendara ketika hujan di bawah ini. Apalagi di saat musim hujan seperti sekarang ini di mana hujan turun sangat deras hingga mengakibatkan genangan, bahkan banjir di mana-mana. Berkendara di saat hujan tentu berbeda dengan saat hari cerah. Sangat dibutuhkan kehati-hatian karena kondisi pandangan yang terbatas,
Baca lebih lanjut