;
Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

4 Tips Agar Wiper Kaca Mobil Selalu Siap Saat Hujan

Desember 21, 2020
By Thomas W
4 Tips Agar Wiper Kaca Mobil Selalu Siap Saat Hujan-otospector

Memasuki akhir tahun dan datangnya musim hujan, wajar kalau pemilik kendaraan mulai memperhatikan kondisi wiper kaca mobil. Karena hujan bisa datang sewaktu-waktu, maka sangat dibutuhkan wiper yang selalu berfungsi optimal.

Sayangnya, saat awal-awal musim hujan, biasanya banyak wiper yang kedapatan bermasalah. Penyebabnya karena selama musim panas, wiper tidak pernah digunakan atau dicek. Apalagi biasanya pemilik mobil merasa, usia wiper mobilnya belum terlalu lama.

Nah, kalau kepingin punya wiper kaca mobil yang selalu siap saat diperlukan, simak beberapa tips pemakaiannya:

#1: Perhatikan Usia Pakai Karet Wiper Kaca

4 Tips Agar Wiper Kaca Mobil Selalu Siap Saat Hujan

Mungkin Otofriends tidak mengira, usia pakai karet wiper tidaklah panjang. Idealnya cuma 6 bulan sampai 1 tahun saja.

Usia pakai ini sangat tergantung pada pemakaian kendaraan. Jika sering terkena panas matahari, saat mobil berjalan atau ketika parkir, maka usianya makin singkat.

Perawatan karet juga harus selalu diperhatikan. Karena karet wiper mengandung bahan khusus yang membuatnya tetap elastis, sehingga harus hati-hati saat membilasnya. Sebaiknya karet juga jangan terkena sabun pencuci mobil agar tidak menjadi keras.   

#2: Pahami Risiko Angkat Gagang Wiper

4 Tips Agar Wiper Kaca Mobil Selalu Siap Saat Hujan

Agar karet wiper awet, ada sebagian orang yang mengangkat gagang wiper atau mengganjalnya saat parkir di tempat panas.

Tindakan ini memang bisa menambah keawetan karet, namun risikonya per pada gagang wiper jadi kendur. Akibatnya gagang wiper tidak berfungsi optimal dalam menekan karet ke kaca. Tentu ini merugikan.

Di sisi lain, harus dipahami juga, karet wiper yang berkualitas baik sesungguhnya sudah dirancang untuk menghadapi suhu panas maupun dingin yang ekstrem. Jadi tidak perlu takut karet akan rusak hanya karena panas.

Kesimpulannya, kembali ke pemilik mobil masing-masing. Lebih pilih menyelamatkan karet wiper kaca sementara per jadi rusak, atau mungkin pilih sebaliknya.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Merawat Wiper Agar Berfungsi Maksimal di Musim Hujan

#3: Bersihkan Selalu Debu Di Kaca Mobil

4 Tips Agar Wiper Kaca Mobil Selalu Siap Saat Hujan

Karet wiper bisa rusak jika digunakan pada saat kaca kering. Ini bisa terjadi kalau wiper bekerja secara tidak sengaja, misalnya ketika tombol wiper tersenggol tangan.

Risiko kerusakan bisa semakin besar, kalau kebetulan kaca banyak debu dan kotoran. Apalagi kotornya sudah berhari-hari. Debu bisa saja mengandung pasir yang tajam, sehingga karet dan kaca bisa tergores.

Untuk mencegahnya, bersihkanlah debu di kaca sesering mungkin. Terutama kalau hari akan hujan. Bilas kaca dengan air sebelum wiper bekerja. Saat darurat di tengah jalan, kita bisa menggunakan air dari botol minum contohnya.

Saat kaca banyak debu, semprotan air dari nozzle wiper saja tidak bisa diandalkan karena volume airnya tidak cukup banyak. Jika sering nekat dilakukan, malah akan cepat merusak karet wiper.

#4: Pahami Tanda-tanda Karet Wiper Bermasalah

4 Tips Agar Wiper Kaca Mobil Selalu Siap Saat Hujan

Selain dari usia pakai, tanda karet wiper sudah tidak layak, bisa terlihat dari hasil sapuannya. Jika di kaca muncul seperti jejak garis air dan cenderung menghalangi pandangan, maka karet harus diganti.

Tanda lain, muncul suara berisik atau berdecit saat karet menyapu kaca. Jika diperhatikan lebih detail, bunyi tersebut berasal dari pinggiran karet sudah terlihat tidak rata, karet juga cenderung keras dan pecah-pecah.

Namun Otofriends harus jeli juga, karena dua masalah tadi bisa juga terjadi karena jamur kaca. Karena itu, jika kondisi wiper masih baru, maka kaca juga perlu dirawat dengan cara pemolesan rutin.  

Baca juga: Manfaatkan Test Drive Saat Beli Mobil Bekas. Ini 5 Hal Yang Harus Dikerjakan

Kapan Waktunya Harus Ganti Karet?

Meski Otofriends mungkin sudah merawat semaksimal mungkin, namun karet wiper yang sudah tidak layak, sebaiknya harus segera diganti. Apalagi harga karet wiper relatif tidak mahal, jika dibandingkan fungsinya. Saat ini harga karet di kisaran Rp100 ribu – Rp200 ribu sudah cukup bagus kualitasnya.

Perlu disadari juga, kondisi wiper berhubungan dengan keselamatan berkendara, terutama saat hujan lebat. Jika pandangan terhambat, maka risiko kecelakaan semakin besar. Karena itu, jangan tunda untuk mengganti wiper yang rusak.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Kapankah Waktu Terbaik untuk Ganti Ban Mobil?

Maret 14, 2018
Mengganti ban mobil merupakan salah satu perawatan yang tidak boleh dilupakan. Sering diabaikan, padahal jika ban rusak atau kondisinya abnormal, sangat membahayakan dalam berkendara dan bagian lain dari mobil bisa terkena dampaknya. Kira-kira, kapan hal ini harus Anda lakukan ya? Berikut ulasan lengkapnya dari tim OtoSpector. #1: Ban Bolak-Balik Kempes Teman OtoSpector, jalan raya zaman
Baca Lebih Lanjut

Bisa Berakibat Fatal! Ini Kesalahan Berkendara yang Masih Banyak Dilakukan Orang

Maret 07, 2018
Beberapa waktu ke belakang ini, dunia maya diwarna pro kontra larangan menyetir sambil mendengar musik atau merokok. Disebutkan, kedua aktivitas tersebut dapat memecah konsentrasi sehinga dapat terjadi kesalahan berkendara yang menyebabkan kecelakaan. Terlepas dari penafsiran arti dari larangan tersebut, Anda perlu tahu bahwa ada beberapa kesalahan berkendara yang sangat membahayakan dan perlu dihindari. Ayo segera
Baca Lebih Lanjut

5 Perawatan Mobil Penting yang Kerap Diabaikan

Februari 27, 2018
Mobil dengan kondisi prima bisa didapatkan bila Anda rutin melakukan service sesuai dengan anjuran perawatan. Wah, bila semuanya dilakukan bisa-bisa kantong jadi bolong bukan? Jalan tengahnya, orang pun kerap melakukan perawatan mobil sesuai dengan skala prioritas saja. Penggantian oli, aki, melakukan spooring dan balancing, atau pengecekan roda merupakan beberapa perawatan yang umum diutamakan. Lantas, perawatan
Baca Lebih Lanjut

Inilah Keuntungan Melakukan Pengecekan Mobil Bekas Sebelum Membelinya

Februari 19, 2018
Melakukan pengecekan mobil bekas sebelum dibeli, buat apa sih? Buang-buang uang, toh jika mobil mengalami kerusakan, kita bisa protes dan minta uang dikembalikan! Ah, lebih baik uang untuk mengecek digunakan untuk beli aksesoris mobil saja. Mungkin beberapa dari Anda juga pernah menggumamkan hal di atas bukan? Pengecekan mobil bekas sebenarnya tidak boleh dipandang sebelah mata.
Baca Lebih Lanjut
Baca Artikel Lainnya