4 Tips Agar Wiper Kaca Mobil Selalu Siap Saat Hujan

Desember 21, 2020
By Thomas W
4 Tips Agar Wiper Kaca Mobil Selalu Siap Saat Hujan-otospector

Memasuki akhir tahun dan datangnya musim hujan, wajar kalau pemilik kendaraan mulai memperhatikan kondisi wiper kaca mobil. Karena hujan bisa datang sewaktu-waktu, maka sangat dibutuhkan wiper yang selalu berfungsi optimal.

Sayangnya, saat awal-awal musim hujan, biasanya banyak wiper yang kedapatan bermasalah. Penyebabnya karena selama musim panas, wiper tidak pernah digunakan atau dicek. Apalagi biasanya pemilik mobil merasa, usia wiper mobilnya belum terlalu lama.

Nah, kalau kepingin punya wiper kaca mobil yang selalu siap saat diperlukan, simak beberapa tips pemakaiannya:

#1: Perhatikan Usia Pakai Karet Wiper Kaca

4 Tips Agar Wiper Kaca Mobil Selalu Siap Saat Hujan

Mungkin Otofriends tidak mengira, usia pakai karet wiper tidaklah panjang. Idealnya cuma 6 bulan sampai 1 tahun saja.

Usia pakai ini sangat tergantung pada pemakaian kendaraan. Jika sering terkena panas matahari, saat mobil berjalan atau ketika parkir, maka usianya makin singkat.

Perawatan karet juga harus selalu diperhatikan. Karena karet wiper mengandung bahan khusus yang membuatnya tetap elastis, sehingga harus hati-hati saat membilasnya. Sebaiknya karet juga jangan terkena sabun pencuci mobil agar tidak menjadi keras.   

#2: Pahami Risiko Angkat Gagang Wiper

4 Tips Agar Wiper Kaca Mobil Selalu Siap Saat Hujan

Agar karet wiper awet, ada sebagian orang yang mengangkat gagang wiper atau mengganjalnya saat parkir di tempat panas.

Tindakan ini memang bisa menambah keawetan karet, namun risikonya per pada gagang wiper jadi kendur. Akibatnya gagang wiper tidak berfungsi optimal dalam menekan karet ke kaca. Tentu ini merugikan.

Di sisi lain, harus dipahami juga, karet wiper yang berkualitas baik sesungguhnya sudah dirancang untuk menghadapi suhu panas maupun dingin yang ekstrem. Jadi tidak perlu takut karet akan rusak hanya karena panas.

Kesimpulannya, kembali ke pemilik mobil masing-masing. Lebih pilih menyelamatkan karet wiper kaca sementara per jadi rusak, atau mungkin pilih sebaliknya.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Merawat Wiper Agar Berfungsi Maksimal di Musim Hujan

#3: Bersihkan Selalu Debu Di Kaca Mobil

4 Tips Agar Wiper Kaca Mobil Selalu Siap Saat Hujan

Karet wiper bisa rusak jika digunakan pada saat kaca kering. Ini bisa terjadi kalau wiper bekerja secara tidak sengaja, misalnya ketika tombol wiper tersenggol tangan.

Risiko kerusakan bisa semakin besar, kalau kebetulan kaca banyak debu dan kotoran. Apalagi kotornya sudah berhari-hari. Debu bisa saja mengandung pasir yang tajam, sehingga karet dan kaca bisa tergores.

Untuk mencegahnya, bersihkanlah debu di kaca sesering mungkin. Terutama kalau hari akan hujan. Bilas kaca dengan air sebelum wiper bekerja. Saat darurat di tengah jalan, kita bisa menggunakan air dari botol minum contohnya.

Saat kaca banyak debu, semprotan air dari nozzle wiper saja tidak bisa diandalkan karena volume airnya tidak cukup banyak. Jika sering nekat dilakukan, malah akan cepat merusak karet wiper.

#4: Pahami Tanda-tanda Karet Wiper Bermasalah

4 Tips Agar Wiper Kaca Mobil Selalu Siap Saat Hujan

Selain dari usia pakai, tanda karet wiper sudah tidak layak, bisa terlihat dari hasil sapuannya. Jika di kaca muncul seperti jejak garis air dan cenderung menghalangi pandangan, maka karet harus diganti.

Tanda lain, muncul suara berisik atau berdecit saat karet menyapu kaca. Jika diperhatikan lebih detail, bunyi tersebut berasal dari pinggiran karet sudah terlihat tidak rata, karet juga cenderung keras dan pecah-pecah.

Namun Otofriends harus jeli juga, karena dua masalah tadi bisa juga terjadi karena jamur kaca. Karena itu, jika kondisi wiper masih baru, maka kaca juga perlu dirawat dengan cara pemolesan rutin.  

Baca juga: Manfaatkan Test Drive Saat Beli Mobil Bekas. Ini 5 Hal Yang Harus Dikerjakan

Kapan Waktunya Harus Ganti Karet?

Meski Otofriends mungkin sudah merawat semaksimal mungkin, namun karet wiper yang sudah tidak layak, sebaiknya harus segera diganti. Apalagi harga karet wiper relatif tidak mahal, jika dibandingkan fungsinya. Saat ini harga karet di kisaran Rp100 ribu – Rp200 ribu sudah cukup bagus kualitasnya.

Perlu disadari juga, kondisi wiper berhubungan dengan keselamatan berkendara, terutama saat hujan lebat. Jika pandangan terhambat, maka risiko kecelakaan semakin besar. Karena itu, jangan tunda untuk mengganti wiper yang rusak.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Catat Nih! Mobil Bekas Harga 50 Jutaan Update 2024

Januari 12, 2024
Banyak alasan mengapa seseorang ingin memiliki mobil. Salah satunya sebagai alat transportasi yang relatif aman dari efek cuaca; hujan atau panas. Jadi, meski sudah punya sepeda motor untuk mobilitas sehari-hari, orang tetap punya keinginan sebuah mobil. Meski dengan dana terbatas, pilihan mobil bekas sebenarnya bisa sangat beragam. Hanya saja mobil bekas dengan harga Rp50 juta
Baca Lebih Lanjut

Pengertian Sensor TPS Pada Mobil dan Cara Kerjanya

Januari 12, 2024
Pada mobil-mobil modern yang menggunakan sistem injeksi, sensor throttle position sensor (TPS) pada mobil memegang peranan penting. Sensor ini berfungsi untuk mengukur sudut bukaan katup throttle yang terdapat di throttle body. Katup throttle selama ini kita kenal sebagai katup yang mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin. Nah, sensor TPS memberi informasi tentang sudut bukaan
Baca Lebih Lanjut

Cari Tahu Mobil Eropa Murah Bekas Update 2024

Januari 11, 2024
Hi Otofriends, siapa di sini yang suka banget sama mobil-mobil Eropa? Kalau kamu suka mobil-mobil Eropa dan pengen beli mobil Eropa bekas terbaik. Wets, pas banget nih kamu baca artikel dari Otospector kali ini. Emang mobil Eropa atau brand mobil-mobil Eropa itu gak bakal sepi peminat di tanah air, banyak dari temen-temen bang min yang
Baca Lebih Lanjut