Download Aplikasi OTOS
Install

4 Penyebab Rem Cakram Mobil Jadi Macet

Februari 16, 2022
By Thomas W
4 Penyebab Rem Cakram Mobil Jadi Macet-otospector

Bagi pengendara mobil, kejadian rem cakram mobil yang macet, tentu jadi kengerian tersendiri. Bayangkan, ketika sedang melaju, tiba-tiba rem tidak berfungsi normal. Tentu pengemudi panik dan perjalanan terganggu.

Meski agak jarang terjadi, namun bukan berarti kejadian rem yang istilahnya “gak balik lagi” ini bukan tidak mungkin terjadi. Apalagi kalau mobil kurang dirawat. Biasanya mobil seperti ini ke bengkel hanya sebatas mengganti oli, tanpa mengecek komponen-komponen lain.

Nah, biar tidak terjadi pada Otofriends, yuk kita lihat penyebab rem cakram mobil jadi macet:

#1:  Adanya Karat Pada Rem

Kanvas dan Disc Brake

Karena posisinya di bagian bawah mobil, maka kontak antara rem dengan jalanan selalu terjadi. Kotoran seperti debu, lumpur, atau tanah, mudah masuk dan menempel pada rem.

Kotoran akan memunculkan karat. Panas matahari dan air hujan juga bisa mempercepat adanya karat.

Rem yang berkarat kinerjanya juga berat. Bahkan bisa terjadi vapour lock, yakni kondisi di mana udara terjebak di dalam rem, sehingga timbul potensi karat baru.  

Solusinya, cukup bersihkan sistem rem secara rutin. Jangan biarkan kotoran menumpuk yang akan mengganggu kinerja rem.

#2: Rem Lama Tidak Dipakai

Sarung Mobil

Jika mobil lama tidak dipakai, akibat adanya perubahan suhu selama kendaraan tidak bergerak, maka rem tidak bisa bekerja maksimal. Komponen-komponen yang lama tidak digunakan juga akan menurun fungsinya. Pada bagian cakram juga akan mudah berkarat.

Hati-hati, minyak rem yang lama tidak dipakai juga akan rusak karena titik didihnya turun. Fungsinya jadi tidak optimal lagi.

Jadi sebelum mobil akan dijalankan lagi, periksa sistem rem secara keseluruhan dan ganti komponen yang sudah tidak layak.

Aplikasi OTOS

Baca juga: 6 Indikasi Kerusakan Rem Pada Mobil Bekas

#3: Ada Komponen Yang Kedaluwarsa

Disc Brake

Beberapa bagian dari sistem rem juga punya usia pakai. Apalagi pada rem dengan jenis seal yang berbahan karet. Jika karet sudah terasa mengeras dan kaku, bisa dipastikan sudah tidak layak pakai.

Karet-karet yang keras akan mengganggu kinerja piston rem, karena rem hanya akan terkunci pada satu sisi. Pergerakannya juga ikut terkunci. Inilah penyebab rem cakram mobil jadi macet. Kita juga bisa merasakannya sebagai rem yang susah digerakkan.

#4: Penyetelan Rem Terlalu Rapat

5 Problem Mobil Avanza Bekas Yang Jarang Diungkap

Saat bekerja, rem butuh ruang untuk bergerak atau disediakan jarak bebas (free play). Karena itulah penyetelan rem sebaiknya tidak terlalu rapat. Cara ini berlaku untuk rem cakram maupun rem tromol.

Adanya pengaturan kerapatan antara kampas rem dan permukaan tromol ini bukan cuma memperlancar kerja pengereman. Rem juga jadi terasa lebih enak saat digerakkan.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Pahami Servis Berkala Mobil Yang Wajib Dan Biayanya

Apakah kinerja sistem rem juga akan menentukan kualitas sebuah mobil yang akan dijual?

Jika hendak membeli sebuah mobil bekas, tentu Otofriends berharap akan mendapat unit yang berkualitas dan sesuai harapan. Salah satu kriteria adalah seluruh komponen mobil bekerja baik dan sempurna.

Untuk memastikan kondisi sebuah mobil bekas, Otofriends jangan pernah ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan prosedur inspeksi yang ketat pada lebih dari 150 titik dan tenaga inspektor profesional, Otofriends akan mendapat gambaran secara menyeluruh tentang kondisi sebuah mobil. Berdasarkan laporan hasil inspeksi yang akurat dan dapat dipercaya, maka Otofriends akan dapat mengambil keputusan terbaik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Jangan Asal-Asalan, Inilah Tips Modifikasi Shock Mobil Yang Aman

Oktober 01, 2025
Kalau dalam waktu dekat Otofriends punya rencana memodifikasi shock absorber, maka sebaiknya baca dulu tips modifikasi shock mobil ini. Biasanya shock dimodifikasi dengan dua tujuan. Pertama untuk kenyamanan dengan membuatnya lebih empuk. Lalu yang kedua untuk performa atau stabilitas, seperti dibuat lebih keras atau lebih rendah. Apapun tujuannya yang terpenting, modifikasi tidak boleh dilakukan asal-asalan.
Baca Lebih Lanjut

Selain Umur, Ini Penyebab Indikator Aki Mobil Nyala

September 30, 2025
Hi otofriends, kadang suka bingung nemu kasus lampu indikator aki di dashboard mobil kamu nyala? Pertanyaan ini wajar, karena lampu aki termasuk bagian penting yang memberi peringatan soal kondisi sistem kelistrikan mobil. Lampu indikator aki biasanya menyala merah dengan simbol baterai. Normalnya, lampu ini hanya menyala saat pertama kali mesin dihidupkan, lalu akan mati setelah
Baca Lebih Lanjut

Wadoh! Insentif Tarif Mobil Listrik Tidak Diperpanjang Guys

September 29, 2025
Hi otofriends, sedikit ada kabar yang kurang sedep nih dimana pemerintah Indonesia, lewat Kemenperin negesin buat berhentiin insentif mobil listrik umpor dalam bentuk utuk atau CBU (Completely Built Up) di akhir tahun 2025 ini. Dari peraturan ini, seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Investasi Nomor 6 Tahun 2023 jo. Nomor 1 Tahun 2024, dimana insentif
Baca Lebih Lanjut