Mesin mobil mengalami overheat atau panas berlebih adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh pengemudi. Terutama pada mobil-mobil yang jarang mendapat perawatan atau tidak dicek secara rutin. Selain itu banyak juga terjadi pada mobil-mobil tua alias mobil-mobil yang usianya sudah belasan tahun bahkan lebih.
Hati-hati overheat bukan hanya akan membuat mobil mogok dan tidak mau jalan. Kondisi ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada blok mesin dan komponen lainnya, sehingga perlu dicegah dan ditangani dengan segera.
Apa saja penyebab mesin mobil mengalami overheat dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengetahui, berikut beberapa faktor yang jadi penyebab utama:
Cairan pendingin berfungsi untuk menyerap panas dari mesin dan mendinginkannya di radiator. Jika cairan pendingin habis atau kurang, maka panas mesin tidak akan terbuang dengan baik dan menyebabkan overheat. Cairan pendingin bisa habis karena penguapan akibat suhu mesin yang panas atau karena adanya kebocoran pada sistem sirkulasi radiator.
Kipas pendingin berfungsi untuk menghasilkan aliran udara yang membantu mendinginkan cairan pendingin di radiator. Jika kipas pendingin mati atau rusak, maka tidak ada aliran udara yang mendinginkan coolant pada radiator. Kipas pendingin bisa mati atau rusak karena korsleting listrik, kotoran, atau aus. Akibatnya kipas tidak bisa mendinginkan mesin.
Radiator adalah komponen utama dari sistem pendinginan mesin. Radiator berfungsi untuk melepaskan panas dari cairan pendingin ke udara. Jika radiator mengalami kerusakan atau tersumbat, maka proses pendinginan tidak akan berjalan dengan baik dan menyebabkan overheat. Radiator bisa rusak atau tersumbat karena karat, kotoran, atau kerusakan pada selang atau tutupnya. Akibatnya air radiator tidak bisa bersirkulasi secara normal.
Pompa air berfungsi untuk mensirkulasikan cairan pendingin dari mesin ke radiator dan sebaliknya. Jika pompa air mati atau rusak, maka sirkulasi cairan pendingin akan terhenti dan menyebabkan overheat. Pompa air bisa mati atau rusak karena aus, kotoran, atau kebocoran. Kondisi ini tentu menyebabkan mesin langsung kepanasan dan menjadi penyebab terjadinya overheat.
Termostat adalah katup yang mengatur aliran cairan pendingin sesuai dengan suhu mesin. Jika termostat macet atau rusak dalam posisi tertutup, maka aliran cairan pendingin akan terhambat dan menyebabkan overheat. Termostat bisa macet atau rusak karena aus, kotoran, atau kerusakan pada sensor suhunya.
Jika Otofriends menemukan tanda-tanda bahwa mesin mobil mengalami overheat, seperti indikator suhu yang naik di atas rata-rata, uap yang keluar dari kap mesin, bau terbakar, atau penurunan performa mesin, maka harus segera mengambil langkah-langkah berikut:
Untuk mengetahui apakah mobil bekas yang hendak dibeli mengalami overheat atau tidak, maka Otofriends harus mengujinya sendiri dan selalu memperhatikan indikator suhu. Jika suhu naik begitu cepat saat dipakai berjalan, maka dipastikan mobil itu cenderung overheat.
Jika ingin lebih pasti lagi, maka jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk menentukan kondisi mobil secara keseluruhan. Lewat inspeksi secara menyeluruh, Otofriends akan mendapat gambaran lebih pasti tentang kondisi mobil yang hendak dibeli.
Bagikan