Pentingnya Pengecekan Mobil Setelah Perjalanan Mudik

April 25, 2024
By Getan Metodius
Pentingnya Pengecekan Mobil Setelah Perjalanan Mudik-otospector

Masa mudik lebaran 2024 ini sudah selesai, tapi masih ada waktu untuk bang min minta maaf, mohon maaf lahir batin ya Otofriends. Untuk kamu yang tahun ini mudik dengan menggunakan mobil, maka kamu harus melakukan pengecekan terhadap mobil yang udah menemani kamu dan keluarga untuk mudik.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Karena pada saat mudik, pasti ada beberapa kendaraan yang melewati kemacetan yang sangat panjang, biasa nya kemacetan tersebut terjadi ketika kita sedang berada di gerbang tol. Maka kita nih yang di dalem mobil akan bekerja keras menjaga stamina karena berhenti berjam-jam di dalam kondisi tersebut.

Apa lagi dengan kondisi kabin mobil yang banyak penumpang dan barang yang juga nggak kalah banyaknya, berakibat pada mesin bekerja extra keras. Namun, sering kali kita sebagai pemudik akan di hadapi dengan perjalanan yang kurang bagus, seperti berlubang dan tidak rata, ini bisa menyebabkan rusak nya pada kaki-kaki mobil.

Oleh sebab itu, pas balik nih, kamu harus cek kondisi mobil kamu selepas mudik, sehingga kamu bisa tetap memastikan mobil kamu tidak memiliki masalah pada mesin dan lainnya. Dibawah ini ada beberapa bagian mobil yang harus kamu cek setelah dibawa pasca mudik.

#1: Oli Mesin.

ganti oli mobil

Sumber: bisnis.com

Seperti yang kita ketahui, oli mesin ini fungsi nya untuk melindungi mesin mobil dari setiap gesekan antar komponen ke komponen. Oli dapat membantu untuk membuang jenis kotoran akibat gesekan tersebut, serta dapat membantu melepaskan panas pada mesin mobil.

Cara cek yang benar, yaitu kamu harus cek takaran oli lewat dipstick. Lalu kamu perhatikan juga apakah di dalam oli tersebut ada perubahan warna atau tidak. Namun, jika warna oli sudah berubah menjadi coklat susu, maka itu sudah dipastikan oli mesin kamu ada indikator tercampur oleh air. Ya bisa aja ini terjadi kita nggak sadar melewati genangan yang cukup tinggi kemarin.

#2: Ban Mobil.

spooring ban mobil

Sumber: Suzuki

Langkah kedua yang harus cek yaitu bagian ban mobil. Karena posisi ban yang langsung bertemu dengan aspal, serta ban juga harus bekerja secara extra untuk membuat mobil dapat berjalan dengan baik pada saat mudik kemarin.

Maka dari itu kamu harus segera cek kondisi ban mobil kamu ketika sudah sampai di rumah, lalu cek tanda keausan telapak ban mobil kamu. Namun, jika ban mobil kamu sudah tidak layak dipakai, kamu bisa segera untuk menggantinya.

Selain itu kamu juga harus perhatikan dinding pada ban mobil, lalu pastikan tidak ada sobek atau benjolan pada ban. Dan jika ada kerusakan tersebut maka segeralah untuk menggantinya. Ini dirasa perlu, medan berbatu saat mudik kemarin kita nggak bisa hindarin, batu-batu kecil dan tajam bisa aja mengenai ban mobil kita.

Baca juga: Cari Tau Yuk Arti Warna dan Simbol Dalam Google Maps Berikut

#3: Radiator Coolant.

tambah coolant mobil

Sumber: blackxperience

Untuk radiator coolant pada mobil harus terisi penuh, hal ini untuk memastikan untuk tidak ada kebocoran. Dan pastikan untuk warna radiator tidak berubah, tapi jika warna radiator sudah berubah atau terlihat keruh, kamu harus segera kuras agar tidak menimbulkan kerusakan.

beli mobil bekas di tokopedia

#4: Cek Bagian Kaki-kaki Mobil.

cek kaki-kaki mobil

Sumber: Suzuki Batam

Nah, kaki-kaki pada mobil jubah harus dan wajib di cek setelah dibawa mudik. Cara nya kamu bisa cek bagian dari rembesan oli, dan pada bagian pergerakan pada setir mobil, karena hal ini bisa untuk melihat adanya potensi masalah.

Yang perlu diperhatikan, untuk shock absorber tidak boleh sampai bocor. Maka dari itu kamu juga harus memperhatikan kebocoran tersebut lewat selang pada rem. Bila perlu spooring dan balancing jika kemudi sudah tidak enak digunakan ya Otofriends.

Baca juga: Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

#5: Cek Cairan Mobil Lain.

cairan power steering mobil

Sumber: gridoto

Kamu juga harus cek pada bagian cairan mobil, contohnya seperti air aki, oli transmisi, air pembersih kaca, minyak kopling untuk mobil yang manual, serta kamu juga harus cek bagian cairan power streering hidrolis. Dan pastikan tidak ada perubahan warna atau volume tidak berkurang. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Mobil yang dirawat akan sehat dan punya daya jual kembali yang bagus.

Begini Otofriends, emang kita mudik itu jarang-jarang, tapi sekalinya kita pergi mudik, mobil akan kerja tiga kali daripada biasanya. Bayangkan, perjalanan yang jauh, mesin mobil dan semua komponen mobil bekerja tanpa henti.

Jika tidak dirawat dan di cek saat sudah kembali mudik, bisa dipastikan akan ada beberapa komponen yang nantinya luput dari pantauan. Nggak mau dong tiba-tiba kantong jebol karena service besar. Makanya rajin cek kondisi mobil ya, apalagi pas balik mudik. Dengan begitu, jika ada rejeki ingin upgrade mobil kan nilai jual

Buat kamu nih yang mau beli mobil bekas, pastiin mobil yang kamu incer udah di inspeksi sama Otospector. Jasa inspeksi mobil bekas Otospector secara independen bakalan cek semua komponen mobil sampai dokumen dan juga test drive. Jadi boleh dibilang dengan inspeksi mobil ini, kamu bisa dipastikan tidak beli kucing dalam karung.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Biaya Tol Jakarta ke Surabaya Per Desember 2024

Januari 21, 2024
Musim liburan Natal dan Tahun baru sudah di depan mata. Bagi Otofriends yang ingin berlibur dengan melakukan perjalanan menggunakan mobil pribadi dari Jakarta ke Surabaya, tentu akan lebih menyenangkan jika lewat jalan tol. Berapa sih, total tarifnya? Nah, sebelum dijawab, perlu diketahui bahwa Biaya tol Jakarta ke Surabaya sudah beberapa kali mengalami kenaikan. Kenaikan ini
Baca Lebih Lanjut

Yuk, Intip Mobil Bekas Surabaya 2024 Harga Di Bawah Rp200 Juta

Januari 21, 2024
Setelah situasi Pandemi perlahan-lahan mulai berangsur normal, kondisi perdagangan mobil bekas Surabaya perlahan-lahan mulai menggeliat dan bangkit. Situasi bursa sudah mulai bergairah. Perdagangan mobil bekas di Surabaya memang tergolong cukup ramai setelah Jabodetabek. Namun karakteristik pasar di Kota Pahlawan itu agak berbeda dengan Ibukota, karena lebih dominan pada mobil berkapasitas besar atau mobil keluarga. Soal
Baca Lebih Lanjut

Tiga Merek Oli Mobil Terbaik 2024

Januari 20, 2024
Merek oli mobil terbaik adalah merek oli yang dapat memberikan kinerja optimal bagi mesin kendaraan, baik dari segi performa, perlindungan, efisiensi, maupun kebersihan. Merek oli mobil terbaik juga harus memiliki kualitas yang sesuai dengan standar internasional, serta ramah lingkungan dan dibutuhkan bagi pengguna mobil. Selain pakai oli yang bagus, rutin ganti oli juga membuat mesin
Baca Lebih Lanjut