Pengen Tau Cara Cek Mobil Kena Tilang ETLE?

April 26, 2024
By Getan Metodius
Pengen Tau Cara Cek Mobil Kena Tilang ETLE?-otospector

Sudah ada yang tahu belum kalau sekarang, kita nih masyarakat Indonesia sudah bisa melakukan pengecekan status kendaraan yang terkena tilang elektronik secara online.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Udah gampang banget kan, sekarang sudah ada cara yang simpel untuk mengeceknya, yaitu melalui online yang sudah disediakan oleh Polri. 

Karena sekarang sudah ada beberapa daerah yang sudah dipasang kamera Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE, dengan ada nya ETLE yang terpasang bisa memudahkan penangkapan pelanggaran lalu lintas yang biasanya pengemudi lakukan, ini berlaku untuk motor atau mobil ya.

Oh iya kamera ETLE atau biasa dibilang dengan sebutan tilang elektronik, sudah di pasang monitor oleh Bank Office di RTMC Polda Metro Jaya. Jika ada salah satu pengemudi yang terekam oleh kamera ETLE maka nanti akan ada pengiriman media barang bukti pelanggaran tersebut, lalu nanti akan diidentifikasi data kendaraan oleh petugas dengan menggunakan Electronic Registration dan Identification (ERI).

#1: Sejarah dibuatnya ETLE.

Cara Cek Mobil Kena Tilang ETLE

Sumber: tajukflores

ETLE di Indonesia udah dikenal dengan nama e-tilang, atau bahasa awamnya tilang elektronik ni otofriends. Teknologi ini resmi diluncurkan 25 November tahun 2018, oleh Ditlantas Polda Metro Jaya. Kehadiran ETLE ini berawal dari ide yang diprakarsai oleh Kapolri Jendral Polisi Idham Aziz yang saat itu masih menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Awalnya nih Ditlantas Polda Metro Jaya baru ada dua kamera yang jenisnya e-police yang bisa mendeteksi nih pelanggaran marka dan traffic light aja. Lokasi kamera itu awalnya ada di persimpangan Bundaran Patung Kuda dan Sarinah Thamrin.

Dinilai dari evaluasi itu penindakan pelanggaran dengan ETLE bisa menurunkan jumlah pelanggar lalu lintas loh, sampai 44,2 persen. Nah atas dasar itu otofriends, Ditlantas PMJ menilai ETLE sangat bagus dan efisien dalam penegakan hukum pelanggaran lalu lintas.

beli mobil bekas di tokopedia

#2: ETLE Untuk Mobil dan Motor.

tilang motor etle

Sumber: kompas

Jangan salah, pengamatan pelanggaran lalu lintas melalui ETLE ini bukan hanya untuk mobil. Motor pun juga dipantau ya otofriends, jadi meskipun motor, tetap akan ada sanksi jika melanggar.

Contoh pelanggaran motor seperti terobos lampu merah, berboncengan lebih dari 3 orang, main Hp saat berkendara sampai tidak pakai helm. Begitupun mobil, tidak boleh menerobos lampu merah, menggunakan Hp sampai tidak pakai sabuk pengaman.

Baca juga: Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

#3: Cara Cek Tilang Elektronik.

cek tilang elte online
  1. Kunjungi laman https://etle-pmj.info/id/check-data
  2. Lalu masukan nomor plat kendaraan, nomor mesin, serta nomor rangka sesuai dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
  3. Jika sudah data sudah dimasukkan, lalu klik tombol yang ada tulisan “Cek Data” kemudian nanti sistem akan memberi informasi sesuai data yang sudah kamu masukan.

Tunggu beberapa saat, kemudian nanti sistem tersebut akan memberikan informasi mengenai data kendaraan kamu. Namun, jika tidak ada pelanggaran maka nanti akan muncul keterangan “No data available”. 

Jika kendaraan kamu terdeteksi melanggar lalu lintas maka nanti akan tertangkap oleh kamera elektronik atau kamera ETLE, nanti akan keluar catatan lokasi, waktu, status, dan tipe pelanggaran nya. Bagi Pengemudi atau Pemilik kendaraan yang melanggar lalu lintas akan memberikan surat konfirmasi dari petugas. 

Untuk konfirmasi pelanggaran sudah dapat dilakukan secara online, melalui laman resmi https://etle-korlantas.info/id/confirm. Biasanya akan ada maksimal konfirmasi yaitu maksimal 8 hari kerja sehabis kejadian pelanggaran.

Nah, jika pemilik kendaraan tidak segera melakukan konfirmasi maka akan ada konsekuensinya, yaitu pemblokiran STNK untuk sementara. Untuk pembayaran denda tilang elektronik sudah bisa dilakukan dengan sistem transfer bank yang sudah disediakan ci kode billing atau bisa melalui virtual account. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Cari Tau Yuk Arti Warna dan Simbol Dalam Google Maps Berikut

Pentingnya tertib lalu lintas.

Mengemudi itu kuncinya harus sabar, apalagi nyetir di kota besar seperti Jakarta, kesampingkan ego biar tetap aman dan nyaman dalam berkendara. Patuhi peraturan, seperti pakai sabuk pengaman, sebetulnya ini kan juga demi keselamatan pengendara.

Terlebih lagi jika kamu berkendara setiap hari, mobil juga kondisinya harus sehat. Supaya mobil awet dan nggak rewel tiba-tiba minta jajan, terlebih lagi nih buat yang mau beli mobil bekas jangan salah beli. Jangan buru-buru, cek dengan teliti kalau mobil yang dibeli itu adalah layak dibeli.

Gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector biar kamu punya keputusan yang mantap. Inspeksi mobil otospector akan mengecek mobil incaran kamu secara menyeluruh dan nantinya akan dikirim laporan, dari laporan ini lah kamu bisa memutuskan beli atau tidak, ingat beli mobil jangan sampai salah, biar nggak beli kucing dalam karung, apalgi tergiur harga murah.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Rekomendasi Dealer Mobil Bekas di Depok dan Bogor

Februari 26, 2024
Warga Depok dan Bogor mana suaranya? Teruntuk kamu yang pengen beli mobil bekas berkualitas, bang min saranin kamu beli di showroom mobil bekas Otospector aja ya. Kamu bisa dapetin mobil yang sudah di inspeksi dan bergaransi. Tapi kalau kamu bingung dimana aja sih dealer rekanan Otospector yang ada di Depok atau Bogor? Cek aja di
Baca Lebih Lanjut

Karena 5 Alasan Ini Innova Diesel Terus Dicari

Februari 25, 2024
Sudah bukan kabar baru lagi kalau Toyota Kijang Innova diesel adalah salah satu jenis mobil yang paling sulit ditemui di bursa mobil bekas. Karena mobil ini biasanya tidak bakal lama-lama nongkrong di showroom. Begitu dipajang, tak lama bakal langsung terjual. Bukan cuma karena menyandang nama Toyota dan Innova, maka mobil ini laris manis di pasaran.
Baca Lebih Lanjut

5 Rekomendasi Dealer Mobil Bekas Di Bandung 2024

Februari 25, 2024
Apakah Otofriends tahu, bahwa tidak semua orang selalu berminat untuk membeli mobil baru, tapi ada yang sengaja memilih membeli mobil bekas. Bukan berarti tidak ada dananya, tapi mereka sengaja memilih mobil bekas karena berbagai alasan. Salah satunya karena harga mobil bekas tidak akan terlalu jatuh. Selain Jakarta, salah satu penjualan mobil bekas terbesar adalah Bandung.
Baca Lebih Lanjut