Pasar mobil penumpang di Indonesia memang masih didominasi oleh merek-merek asal Jepang, serta beberapa negara Asia lain. Namun meski demikian, bukan berarti mobil-mobil Eropa tidak bisa unjuk gigi. Brand-brand Eropa tetap punya penggemar fanatik, tak terkecuali mobil-mobil bekas pakainya.
Harus diakui, dibandingkan mobil-mobil produksi negara lain, mobil Eropa memang unggul dalam kualitas. Tak heran jika harganya juga berada di level atas. Namun kondisi itu diimbangi dengan kepuasan dalam memakainya, sehingga pasarnya juga khusus.
Berikut beberapa merek mobil Eropa yang laris di Indonesia, sesuai data penjualan Gaikindo, pada 2018:
BMW tercatat sebagai brand Eropa terlaris di Indonesia. Penjualan produk asal Jerman ini bahkan pada kisaran 2.800 unit setiap tahun. Dari sisi desain, BMW memang punya keunggulan, dengan performa yang juga tidak mengecewakan. Istimewanya, BMW juga identik dengan mobilnya “anak muda”.
Saat ini ada 23 model mobil BMW di Indonesia; 7 Crossover, 5 Sedan, 5 Coupe, 3 SUV, 2 Convertible dan 1 Hatchback
Meski bukan berasal dari Eropa, Chevrolet bolehlah kita golongkan sebagai produk dengan kualitas yang setara. Kehadiran Chevrolet sendiri istimewa, karena brand ini sudah mengakar kuat di Indonesia selama hampir 100 tahun! Sayangnya, keputusan Chevrolet untuk menghentikan penjualannya di Indonesia pada tahun 2020 ini, membuat namanya tenggelam.
Saat ini ada 4 model mobil Chevrolet di Indonesia; 1 Crossover, 1 Pickup Trucks, 1 Hatchback dan 1 SUV
Jumlah penjualan pada posisi ketiga ini sebenarnya terpaut jauh dengan dua posisi sebelumnya. Meski demikian Volkswagen yang juga sudah berkiprah lebih dari 50 tahun di Indonesia, tetap kokoh dalam mempertahankan brand-nya dalam persaingan industri otomotif Tanah Air. Keunggulan kualitas amat menunjang pencapaian ini.
Saat ini ada 6 model mobil Volkswagen di Indonesia; 3 Hatchback, 2 SUV dan 1 MPV
Produk asal Prancis ini tidak pernah terlalu menonjol, namun tetap bertahan selama beberapa dekade. Baru belakangan Renault berniat memantapkan posisinya dengan mengeluarkan beberapa produk entry level pada harga di bawah Rp150 juta. Tentu saja Renault menjadi pesaing yang tidak bisa diremehkan.
Saat ini ada 4 model mobil Renault di Indonesia; 2 SUV, 1 Hatchback dan 1 MPV.
Boleh dikata, brand Mini memang mempunyai pasar yang khusus. Desainnya yang unik, membuat Mini senantiasa punya penggemar fanatik. Dan menariknya, para peminatnya di Indonesia, ternyata cukup mampu merespons kehadiran mobil asal Inggris ini. Buktinya, Indonesia tercatat sebagai penjualan tertinggi Mini di kawasan Asia (9 negara).
Saat ini ada 6 model mobil MINI di Indonesia; 4 Hatchback, 1 Convertible dan 1 SUV.
Bukan hanya mobil baru, mobil Eropa yang bekas, juga masih memiliki banyak peminat. Tentu saja para peminat ini beruntung, karena dengan budget yang ekonomis, mereka mendapat barang dengan kualitas yang premium. Asalkan kondisinya masih layak, tentu mobil Eropa dapat menjadi pilihan yang terbaik.
Bagikan