Mari Mengenal Lebih Dekat Garansi Mobil Terbaik

Februari 24, 2024
By Thomas W
Mari Mengenal Lebih Dekat Garansi Mobil Terbaik-otospector

Membeli mobil tentu saja merupakan investasi yang besar dan membutuhkan pertimbangan yang matang. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah garansi yang diberikan oleh produsen mobil atau penjual.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Sayangnya tidak semua pembeli menyadari arti pentingnya garansi. Terutama pada pembelian mobil bekas. Sehingga mereka tidak mempedulikan apakah penjual menyediakan garansi atau tidak.

Sebenarnya sejauh mana pentingnya garansi dan cara memilih garansi mobil terbaik. Yuk, kita simak poin-poin yang harus Otofriends pahami:

#1: Arti Garansi

Garansi Mobil Terbaik

Garansi adalah jaminan tertulis atas kualitas produk yang diberikan oleh produsen kepada konsumen. Garansi berisi pernyataan tanggung jawab produsen untuk memperbaiki kerusakan yang ditanggung oleh produk selama masa berlaku garansi.

Garansi mobil biasanya mencakup tanggung jawab produsen untuk memperbaiki kerusakan pada mesin, transmisi, sistem kelistrikan, sistem pendingin, sistem rem, dan suku cadang lainnya yang rusak akibat cacat produksi atau bahan baku.

Garansi mobil juga bisa mencakup layanan gratis seperti servis berkala, ganti oli, dan tune up. Garansi mobil umumnya berlaku selama 3 tahun atau sekitar 100.000 km, tergantung mana yang lebih dulu tercapai.

Baca juga: Baiknya Garansi Mobil Berapa Tahun?

#2: Hal-hal Yang Tidak Ditanggung Garansi

Garansi Mobil Terbaik

Namun, tidak semua kerusakan mobil bisa ditanggung oleh garansi. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan garansi mobil batal atau tidak berlaku, seperti:

  • Kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian pengguna, seperti tidak melakukan servis berkala, mengubah spesifikasi mobil, atau mengoperasikan mobil di luar batas kemampuan.
  • Kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan, bencana alam, atau tindakan kriminal, seperti tabrakan, banjir, kebakaran, pencurian, atau sabotase.
  • Kerusakan yang disebabkan oleh pemakaian atau karena faktor eksternal, seperti penggunaan bahan bakar atau oli yang tidak sesuai, penggunaan suku cadang palsu atau tidak resmi, atau perbaikan di bengkel yang tidak resmi.
Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Pentingnya Buku Warranty

Garansi Mobil Terbaik

Untuk mengetahui lebih detail tentang garansi mobil yang dibeli, Otofriends harus membaca dengan teliti buku pedoman pemilik kendaraan dan buku warranty yang disertakan oleh produsen.

Buku-buku tersebut berisi informasi lengkap tentang apa saja yang ditanggung dan tidak ditanggung oleh garansi, serta syarat dan ketentuan yang berlaku. Pastikan juga bahwa Otofriends mendapat kartu garansi dan stempel servis dari dealer resmi saat membeli mobil.

#4: Cara Melakukan Klaim

Garansi Mobil Terbaik

Jika mengalami kerusakan pada mobil yang masih dalam masa garansi, Otofriends harus segera menghubungi dealer resmi atau bengkel resmi terdekat untuk melakukan klaim garansi mobil.

Pemilik harus menunjukkan kartu garansi dan bukti servis berkala sebagai syarat klaim. Jika kerusakan ditanggung garansi, maka kita tidak perlu membayar biaya perbaikan. Namun, jika tidak ditanggung, pemilik harus merogoh kocek pribadinya.  

#5: Membeli Mobil Bekas

Garansi Mobil Terbaik

Bagaimana jika mobil bekas yang dibeli masih ada sisa garansi? Apakah bisa diwarisi?

Ada beberapa produsen mobil yang memberi garansi untuk bisa dialihkan ke pemilik baru selama masa berlaku garansi belum habis. Namun, ada juga produsen mobil yang tidak mau memberi pengalihan garansi dan garansi hanya berlaku untuk pemilik pertama.

Karena itu tanyakan dahulu permasalahan ini kepada penjual mobil bekas sebelum membeli.

Baca juga: Kenapa Beli Mobil Bekas Harus Dengan Garansi

beli mobil bekas di tokopedia

Terkait garansi, apa saja yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli mobil bekas?

Garansi mobil adalah salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan saat membeli mobil baru atau bekas. Garansi mobil memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi pengguna mobil jika terjadi kerusakan pada produk.

Namun, garansi mobil juga memiliki batasan dan syarat yang harus dipenuhi oleh pengguna mobil agar tetap berlaku. Karena itu pahami dengan baik segala hal tentang garansi mobil yang Otofriends dapatkan dan tetap menjaga kondisi mobil agar tetap prima.

Jika Otofriends hendak membeli mobil bekas, pastikan mobil tersebut memiliki Garansi Mobil Bekas Otospector. Selain sudah dijamin lulus jasa inpeksi mobil bekas Otospector, mobil tersebut juga memilik layanan 24 jam jika terjadi kendala di jalan.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 Merek Ban Mobil Terbaik Di Indonesia 2024

Maret 05, 2024
Dari sejumlah merek ban mobil yang beredar di Indonesia, ada beberapa merek ban yang layak diberi penghargaan sebagai ban mobil terbaik. Kita bahas merk ban mobil terbaik, atau yang penasaran tentang rekomendasi merk ban mobil terbaik di Indonesia. Bukan hanya soal teknologi yang dipakai dalam pengembangan produknya, namun bagaimana ban tersebut juga mampu menjawab kebutuhan
Baca Lebih Lanjut

Tips Cara Menghitung Pajak Progresif

Maret 04, 2024
Kadang ada sementara orang bertanya, apa gunanya kita tahu cara menghitung pajak progresif? Tentu saja perhitungan ini akan ada gunanya, jika Otofriends punya lebih dari satu mobil. Dengan perhitungan yang tepat, kita jadi bisa merencanakan anggaran untuk kepemilikan kendaraan di masa depan. Pajak progresif, secara gampangnya adalah tarif pungutan pajak dengan persentase yang didasarkan pada
Baca Lebih Lanjut

Ini Rekomendasi Kaca Film Mobil Terbaik 2024

Maret 03, 2024
Dalam hal kaca film, harus diakui masyarakat Indonesia masih punya kesalahan persepsi tentang kegunaannya. Ada yang menganggap kaca film adalah semata-mata sebagai penolak panas matahari. Jadi semakin gelap kaca filmnya, suhu udara di dalam kabin juga jadi semakin sejuk. Atau ada juga anggapan, kualitas kaca film ditentukan dari harga, dan seterusnya. Kaca film berfungsi menghalangi
Baca Lebih Lanjut