Mantap Ekspor Mobil Indonesia di 2023 Hampir Setengah Juta

Desember 21, 2023
By Getan Metodius
Mantap Ekspor Mobil Indonesia di 2023 Hampir Setengah Juta-otospector

Indonesia emang sudah tidak perlu diragukan dalam hal pangsa pasar. Indonesia salah satu negara pasar otomotif terbesar di dunia. Penjualan mobil baru dan juga mobil bekasnya sangat menggiurkan bagi para pelaku usaha. Sampai akhirnya kita punya peluang untuk memproduksi mobil, dan itu sudah mulai terwujud otofriends.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Sampai di tahun 2023 pun total unit mobil yang diproduksi serta di ekspor ke luar negeri sudah mencapai 465.595. Data yang membanggakan ini sejalan sih dengan goal pemerintah untuk memberdayakan anak bangsa di pabrikan otomotif ternama dunia. Dan lebih jauh lagi memberikan sumbangsih pada negara ketika mobil tersebut bisa dijual atau diekspor ke luar negeri.

#1: Hampir setengah juta ekspor mobil Indonesia.

ekspor mobil indonesia 2023

Sumber: Detik Oto

Berita yang sangat membahagiakan menjelang akhir tahun 2023. Dimana hampir setengah juga unit mobil buatan Indonesia diekspor ke luar negeri. Dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, ada 42.129 unit buatan Indonesia di kirim ke mancanegara di bulan November 2023.

Secara total, dari bulan Januari sampai November 2023, tercatat sudah 468.595 unit mobil buatan anak bangsa diekspor ke luar negeri secara utuh.

Baca juga: Perlukah Mobil Dipasangi Anti Karat?

#2: Di November 2023, Toyota menjadi penyumbang terbesar.

ekspor mobil

Sumber: Viva.co.id

Pada bulan November kemarin, Toyota mencatatkan ekspor terbesar otofriends. Pabrikan Toyota Motor Manufacturing Indonesia atau TMMIN mengirimkan 13.292 unit mobil. Disusul Daihatsu yang mengirimkan 13.008 unit mobil. Sekedar informasi aja otofriends, PT Astra Daihatsu Motor juga temasuk mengekspor merek Mazda.

Ada juga Hyundai yang mengekspor mobil buatan Indonesia, dimana Hyundai mengirim 5.992 unit mobil selama bulan November kemarin. Disusul juga oleh Mitsubishi yang juga mengekspor 5.068 unit mobil.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Detail ekspor mobil Indonesia bulan November 2023.

1. Toyota Motor Manufacturing Indonesia: 13.292 unit

2. Astra Daihatsu Motor: 13.008 unit

3. Suzuki Indomobil Motor: 2.365 unit

4. Honda Prospect Motor: 1.363 unit

5. Hino Motor Manufacturing Indonesia 30 unit

6. Isuzu Astra Motor Indonesia: 610 unit

7. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia: 5.068 unit

8. Handal Indonesia Motor: 190 unit

9. Hyundai Motor Manufacturing Indonesia: 5.992 unit

10. PT SGMW Motor Indonesia: 211 unit

Baca juga: Gak Cuma Esemka Ini 10 Merek Mobil Buatan Indonesia Yang Pernah Sampai 2023

#4: Hampir mencapai target pemerintah.

menteri airlangga

Sumber: Sekretariat Kabinet

Data tersebut sedikit lagi menyentuh target dari pemerintah otofriends. Dimana pemerintah memberikan target 500.000 unit mobil diekspor ke luar negeri. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto target ini meningkat dari tahun sebelumnya.

Menurutnya, seperti yang dikutip detik.com, daya saing Indonesia di sektor ekonomi meningkat dari sebelumnya 44 menjadi 34. Peningkatan ini juga disebabkan salah satunya adanya penerapan Undang-Undang Ciptaker.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Pangsa pasar mobil bekas tetap memiliki pasar yang stabil.

Di Indonesia sendiri, keinginan akan membeli mobil bekas juga tidak sedikit. Dimana masih sangat banyak sekali masyarakat Indonesia memilih beli mobil bekas karena harganya jauh lebih terjangkau.

Namun perlu dipastikan agar tidak salah pilih, gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Agar bisa mendapakan mobil yang benar-benar sehat, minim PR dan bisa awet digunakan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mari Kenali Jenis-jenis Asuransi Mobil

Oktober 22, 2023
Sebagai pemilik mobil, Otofriends pasti pernah mendengar tentang asuransi mobil. Ya, asuransi mobil adalah salah satu produk asuransi, sama seperti asuransi-asuransi lain yang kita kenal. Hanya saja asuransi ini memberikan jaminan perlindungan finansial. Terutama jika terjadi risiko kerusakan atau kehilangan mobil akibat bencana alam, pencurian, kecelakaan, dan lain-lain.  Asuransi semacam ini menjadi pilihan banyak orang
Baca lebih lanjut

Aplikasi Google Maps Vs. Waze Bagus Mana?

Oktober 21, 2023
Salah satu kemudahan berkendara di jalan raya saat ini adalah tersedianya aplikasi maps atau aplikasi peta digital. Dua aplikasi yang terkemuka saat ini adalah Google Maps dan Waze yang bisa didapat di Google Play Store dan App store. Waze sendiri sebenarnya adalah salah satu aplikasi yang menjadi bagian dari Google karena sudah diakuisisi pada 2013.
Baca lebih lanjut

Komplet! Berbagai Jenis Mobil Bekas Dibawah 50 Juta 2023

Oktober 20, 2023
Meski mobil bekas tahun muda harganya sudah semakin turun, tapi sebagian konsumen rupanya masih memburu mobil bekas dibawah 50 juta. Angka 50 juta seolah memang menjadi semacam angka psikologis harga sebuah mobil bisa dikatakan sudah murah.   Selain faktor harga, faktanya tidak sedikit mobil-mobil tersebut yang kondisinya masih layak pakai. Bahkan untuk pemakaian harian sekalipun.
Baca lebih lanjut