Mantap Ekspor Mobil Indonesia di 2024 Hampir Setengah Juta

Januari 21, 2024
By Getan Metodius
Mantap Ekspor Mobil Indonesia di 2024 Hampir Setengah Juta-otospector

Indonesia emang sudah tidak perlu diragukan dalam hal pangsa pasar. Indonesia salah satu negara pasar otomotif terbesar di dunia. Penjualan mobil baru dan juga mobil bekasnya sangat menggiurkan bagi para pelaku usaha. Sampai akhirnya kita punya peluang untuk memproduksi mobil, dan itu sudah mulai terwujud otofriends.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Sampai di tahun 2023 pun total unit mobil yang diproduksi serta di ekspor ke luar negeri sudah mencapai 465.595. Data yang membanggakan ini sejalan sih dengan goal pemerintah untuk memberdayakan anak bangsa di pabrikan otomotif ternama dunia. Dan lebih jauh lagi memberikan sumbangsih pada negara ketika mobil tersebut bisa dijual atau diekspor ke luar negeri.

#1: Hampir setengah juta ekspor mobil Indonesia.

ekspor mobil indonesia 2023

Sumber: Detik Oto

Berita yang sangat membahagiakan menjelang akhir tahun 2023. Dimana hampir setengah juga unit mobil buatan Indonesia diekspor ke luar negeri. Dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, ada 42.129 unit buatan Indonesia di kirim ke mancanegara di bulan November 2023.

Secara total, dari bulan Januari sampai November 2023, tercatat sudah 468.595 unit mobil buatan anak bangsa diekspor ke luar negeri secara utuh.

Baca juga: Perlukah Mobil Dipasangi Anti Karat?

#2: Di November 2023, Toyota menjadi penyumbang terbesar.

ekspor mobil

Sumber: Viva.co.id

Pada bulan November kemarin, Toyota mencatatkan ekspor terbesar otofriends. Pabrikan Toyota Motor Manufacturing Indonesia atau TMMIN mengirimkan 13.292 unit mobil. Disusul Daihatsu yang mengirimkan 13.008 unit mobil. Sekedar informasi aja otofriends, PT Astra Daihatsu Motor juga temasuk mengekspor merek Mazda.

Ada juga Hyundai yang mengekspor mobil buatan Indonesia, dimana Hyundai mengirim 5.992 unit mobil selama bulan November kemarin. Disusul juga oleh Mitsubishi yang juga mengekspor 5.068 unit mobil.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Detail ekspor mobil Indonesia bulan November 2023.

1. Toyota Motor Manufacturing Indonesia: 13.292 unit

2. Astra Daihatsu Motor: 13.008 unit

3. Suzuki Indomobil Motor: 2.365 unit

4. Honda Prospect Motor: 1.363 unit

5. Hino Motor Manufacturing Indonesia 30 unit

6. Isuzu Astra Motor Indonesia: 610 unit

7. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia: 5.068 unit

8. Handal Indonesia Motor: 190 unit

9. Hyundai Motor Manufacturing Indonesia: 5.992 unit

10. PT SGMW Motor Indonesia: 211 unit

Baca juga: Gak Cuma Esemka Ini 10 Merek Mobil Buatan Indonesia Yang Pernah Sampai 2023

#4: Hampir mencapai target pemerintah.

menteri airlangga

Sumber: Sekretariat Kabinet

Data tersebut sedikit lagi menyentuh target dari pemerintah otofriends. Dimana pemerintah memberikan target 500.000 unit mobil diekspor ke luar negeri. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto target ini meningkat dari tahun sebelumnya.

Menurutnya, seperti yang dikutip detik.com, daya saing Indonesia di sektor ekonomi meningkat dari sebelumnya 44 menjadi 34. Peningkatan ini juga disebabkan salah satunya adanya penerapan Undang-Undang Ciptaker.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Pangsa pasar mobil bekas tetap memiliki pasar yang stabil.

Di Indonesia sendiri, keinginan akan membeli mobil bekas juga tidak sedikit. Dimana masih sangat banyak sekali masyarakat Indonesia memilih beli mobil bekas karena harganya jauh lebih terjangkau.

Namun perlu dipastikan agar tidak salah pilih, gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Agar bisa mendapakan mobil yang benar-benar sehat, minim PR dan bisa awet digunakan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Tanda Mobil Kamu Sudah Harus Turun Mesin

Februari 21, 2024
Overhaul atau biasa orang bilang turun mesin kadang dapat mengkhawatirkan bagi pemilik mobil. Seperti yang kita ketahui bahwasanya faktor turun mesin banyak otofriends, bisa di sebabkan dalam jangka waktu yang sangat lama atau juga mesin mobil yang sudah ada banyak kendala, tapi dibiarkan begitu saja. Mobil yang akan turun mesin, tentu mempunyai ciri yang bisa
Baca Lebih Lanjut

Cara Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

Februari 20, 2024
Adalah sebuah kebiasaan baik kalau Otofriends selalu cek kamera CCTV lalu-lintas sebelum berpergian. Itu artinya, kita selalu mempersiapkan diri dan merencanakan rute yang akan dilalui. Kondisi yang tidak diinginkan, bisa diantisipasi sejak dini. Pantauan kamera CCTV lalu-lintas bisa kita lihat lewat internet untuk sejumlah ruas jalan di kota-kota besar dan jalan tol. Sayangnya pantauan CCTV
Baca Lebih Lanjut

Selain Civic Siapa Aja Mobil Sedan Terbaik 2024?

Februari 20, 2024
Kalau ada disini yang suka dengan mobil sedan, bang min pengen tanya kenapa kamu suka mobil sedan sih? Apa karna mobil sedan keren suka ada di film-film Amerika? Semua alasan kamu itu bang min setuju. Kalo bang min paling suka sama mobil sedan itu dari Eropa, yaitu Mercedes-Benz. Tapi kali ini kita bakalan bahas lebih
Baca Lebih Lanjut