Jangan Lalai, Cek Poin Ini Biar Wiper Tetap Maksimal

Januari 23, 2024
By Getan Metodius
Jangan Lalai, Cek Poin Ini Biar Wiper Tetap Maksimal-otospector

Wiper adalah salah satu fitur yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil, apa lagi pada saat musim hujan seperti sekrang ini peran fitur wiper sangat membantu pengemudi untuk dapat menyapu kaca mobil secara maksimal.  Maka dari itu pastikan sebelum kamu hendak berangkat pastikan kamu cek wiper mobil kamu dulu ya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Karena peran wiper pada mobil sangatlah penting, fungsinya yang bisa menyapu air hujan saat jatuh ke kaca mobil depan dan bagian kaca mobil belakang. Namun, apa bila terjadi kerusakan pada wiper mobil, maka pengemudi mobil pun tidak akan nyaman berkendara.

Sehinga jarak pandang pengemudi mobil pun akan terhalang oleh air hujan yang mengenai kaca depan mobil. Supaya hasil kerja wiper maksimal berikut ini ada beberapa poin yang harus kamu cek dan perhatikan:

#1: Tingkat kelenturan karet wiper

karet wiper

Sumber: Freepik

Kelenturan karet pada wiper mobil juga harus kamu cek pada saat musim hujan, jika karet wiper pada saat dipegang tidak lentur lagi, itu artinya karet wiper tidak akan maksimal dalam menyeka air hujan yang turun.

#2: Usia pemakaian wiper

karet wiper

Sumber: Freepik

Wiper atau wiper blade ternyata memliki batas pemakaian lho. Misalnya pemakaian wiper sudah dua tahun, serta mobil yang terbiasa parkir di tempat yang terbuka dan sering terkena sinar matahari maka akan menyebabkan karet wiper tidak lentur, sebaiknya segeralah mengganti karet wiper mobil.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Kaca Mobil Buram Saat Hujan? Ini 5 Tips Mengatasinya

#3: Dinamo pada wiper

wiper

Sumber: Freepik

Dinamo atau motor penggerak merupakan komponen yang harus selalu dicek, apa lagi pada saat musim hujan harus dicek secara rutin. Karena pengeraknya bisa lambat ketika dinamo sedang bermasalah. Biasanya kondisi ini bisa dialami jika mobil usainya lebih dari 20 tahun. Jika hal ini sudah terjadi maka segeralah memperbaikinya ke bengkel kesayangan kamu.

#4: Wiper fluid

air wiper

Sumber: Earth.com

Dengan adanya wiper fluid ini akan memaksimalkan kinerja untuk membersihkan kaca depan dan belakang mobil kamu dari derasnya air hujan. Minyak serta kotoran yang susah dibersihkan jika membersihkannya hanya dengan air biasa.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Cara gerak wiper

wiper mobil

Sumber: Rumah Modifikasi

Cara gerak wiper pun harus kamu perhatikan, karena jika sapuan wiper sudah mulai melambat atau bisa dibilang sudah tidak normal. Maka ini menjadi tanda sistem penggeraknya sudah berkarat atau sudah mulai kotor.

Solusinya adalah kamu harus segera membersihkan bagian engkol wiper dengan cairan anti karat. Dan jika kondisi sudah mulai parah maka kamu harus melalukan pengelasan atau bisa juga ganti dengan yang baru.

Baca juga: 5 Langkah Cara Merawat Karet Wiper Mobil

Fungsi komponen mobil terkecil tidak boleh luput dari perhatian.

Sepertinya wiper ini terlihat sepele ya otofriends, saking sepelenya, orang kadang enggak memperhatikannya. Tau-tau rusak parah, kalau udah rusak malah butuh biaya besar kan? Mending kalau lagi mau servis, kamu request ke mekanik untuk mengecek wiper.

Atau kamu juga bisa mengecek sendiri otofriends, dari yang paling mudah saja seperti melihat karet dari wiper. Memang sudah sewajarnya mobil butuh perawatan, bahkan jika mobil yang minim perawatan akan berdampak pada anjloknya harga jual kembali.

Buat kamu yang mau beli mobil bekas, pastiin deh menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Biar nggak salah pilih mobil dan kamu bisa dapetin mobil yang bener-bener sehat.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Perbedaan Rem ABS dan Non ABS

Maret 05, 2024
Seringkali orang merasa perlu cari tahu soal perbedaan rem ABS dengan Non ABS. Biasanya ini dilakukan oleh calon pembeli yang sedang mencari-cari mobil dengan membandingkan fitur-fiturnya. Soalnya fitur rem ABS maupun non ABS bisa sama-sama didapati di mobil dengan merek dan model yang sama. Perbedaan rem ABS dan non ABS memang bukan cuma soal kelengkapan
Baca Lebih Lanjut

Catat, Ini Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

Maret 05, 2024
Niat pemilik mobil untuk memperbarui tampilan warna mobil, sering terkendala soal ketidaktahuan biaya cat mobil. Berapa biaya pengecatan per panel? Berapa biaya pengecatan full body? Cat apa yang bagus? Dan pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Memang biaya cat mobil sangat dipengaruhi banyak faktor. Bisa dari jenis cat, banyaknya bagian yang dicat, full bodi atau hanya per panel,
Baca Lebih Lanjut

Tips Cara Menghitung Pajak Progresif

Maret 04, 2024
Kadang ada sementara orang bertanya, apa gunanya kita tahu cara menghitung pajak progresif? Tentu saja perhitungan ini akan ada gunanya, jika Otofriends punya lebih dari satu mobil. Dengan perhitungan yang tepat, kita jadi bisa merencanakan anggaran untuk kepemilikan kendaraan di masa depan. Pajak progresif, secara gampangnya adalah tarif pungutan pajak dengan persentase yang didasarkan pada
Baca Lebih Lanjut