Klik disini untukJual Mobil Anda

Inilah 4 Indikasi Oli Gardan Mobil Harus Diganti

Maret 23, 2022
By Thomas W
Inilah 4 Indikasi Oli Gardan Mobil Harus Diganti-otospector

Dibandingkan dengan cairan untuk mobil lainnya, oli gardan mobil memang tergolong cukup lama usia pakainya. Alasan ini pula yang membut oli gardan jadi jarang ditengok. Akibatnya ada yang lupa diganti sampai melewati batas waktu.

Seperti kita tahu, oli gardan mobil membantu fungsi gardan dalam meneruskan tenaga putar yang dihasilkan mesin ke roda penggerak. Jika mekanisme ini tidak lancar, akibatnya gardan bisa mengalami kerusakan bahkan sampai jebol. Ujung-ujungnya keluar biaya lebih banyak.

Nah, agar gardan tetap terjaga, Otofriends harus paham apa indikasi oli gardan mobil harus diganti:

#1: Sudah Waktunya Jadwal Pergantian Rutin

Inilah 4 Indikasi Oli Gardan Mobil Harus Diganti

Seperti halnya cairan pelumas lain, oli gardan mobil juga punya masa pakai. Memang waktunya lebih panjang, yakni 40.000 km atau sekitar dua tahun.

Sebenarnya usia pakai oli gardan berbeda-beda untuk setiap mobil. Karena waktu pergantian sangat tergantung dari spesifikasi oli gardan, jumlah oli yang dibutuhkan, hingga jarak tempuh yang sudah dilalui.

Jika Otofriends terbiasa melakukan servis di bengkel resmi, tentu akan ada catatan jadwal pergantian. Namun kalau terbiasa ganti sendiri, tentu harus lebih memperhatikan. Hanya saja pada prinsipnya, semakin oli sering diganti, tentu akan semakin bagus untuk gardan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: 5 Jenis Oli Mobil Dan Aturan Perawatannya

#2: Ada Getaran Dan Bunyi  

5 Jenis Oli Mobil Dan Aturan Perawatannya

Ketika oli gardan mobil sudah minta diganti, biasanya akan ada gejala atau tanda yang muncul. Misalnya muncul bunyi dengungan dari bawah mobil. Kali lain ada getaran di bagian bodi mobil saat melewati jalanan menurun. Begitu juga ada bunyi saat berbelok.

Penyebab gejala-gejala itu biasanya disebabkan oli sudah tidak mampu melumasi gigi-gigi secara sempurna. Permukaan gigi menjadi tidak licin lagi sehingga timbul bunyi atau getaran tidak lazim.

#3: Oli Gardan Berubah Warna

Hindari Oli Palsu

Perubahan warna juga bisa jadi indikasi oli gardan harus diganti. Yakni ketika ketika warnanya agak putih atau abu-abu metalik gelap. Kekentalannya juga terlihat agak encer dari seharusnya.

Akan tetapi harus diingat, perubahan warna dan kekentalan juga bisa disebabkan oli terkontaminasi air. Bisa terjadi ketika mobil melewati banjir.

Perubahan warna jadi abu-abu metalik gelap juga bisa karena oli sudah terlalu lama digunakan alias tidak pernah diganti.

#4: Mobil Bekas Yang Baru Dibeli

OTOS, Aplikasi Jual Beli Mobil Terpercaya

Saat Otofriends baru saja membeli mobil bekas, maka sebaiknya lakukan pergantian beberapa cairan pelumas, termasuk oli gardan.

Pergantian cairan pelumas mutlak dilakukan terutama pada mobil bekas yang sudah cukup berumur (di atas 5 tahun) dan tidak mempunyai catatan servis yang baik. Kecuali jika catatan servis bisa dilihat dan dipastikan dengan benar.

Jual Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Inilah 5 Indikasi Saatnya Ganti Oli Mobil

Bagaimana memastikan kondisi gardan pada saat membeli mobil bekas dari dealer maupun perorangan?

Karena indikasi gangguan pada gardan akan lebih jelas saat mobil berjalan, maka sebaiknya lakukan test drive pada mobil bekas yang akan dibeli. Dengan indikasi-indikasi seperti di atas, Otofriends bisa menilai kondisi gardan.

Namun jika Otofriends ingin lebih pasti, maka gunakan saja jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan tenaga inspektor yang berpengalaman dan prosedur inspeksi berstandar nasional, Otofriends akan mendapat gambaran menyeluruh tentang kondisi mobil bekas yang akan dibeli.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya