Simak Dulu Fakta-fakta Tentang Busi

Maret 22, 2020
By Thomas W
Simak Dulu Fakta-fakta Tentang Busi-otospector

Kita semua tentu+ tahu tentang peran busi di dalam proses pembakaran. Karena fungsinya yang begitu vital tersebut, maka busi punya usia pakai. Bahkan pada saat fungsinya terkesan masih optimal sekalipun, busi sudah harus diganti jika memang sudah waktunya.

Nah, mari kita simak beberapa fakta agar lebih mengenal fungsi busi dalam sebuah mesin kendaraan.

#1: Perlu pergantian berkala

Simak Dulu Fakta-fakta Tentang Busi

Pergantian sebuah busi selalu didasari atas dua faktor yakni jarak tempuh pemakaian dan tingkat kerusakan. Dua faktor ini sesungguhnya saling terkait satu sama lain.

Berbeda dengan pelumas, busi tidak dipengaruhi waktu. Jika mesin didiamkan lama atau tidak bekerja, busi tidak mengalami perubahan. Menurut penelitian, setiap jenis busi menentukan usia pemakaian. Setiap jenis berbeda usia dan masa pakainya.

#2: Jenis busi di pasaran

Simak Dulu Fakta-fakta Tentang Busi

Saat ini terdapat tiga jenis busi yang beredar yakni busi tanpa logam mulia, busi logam mulia tunggal, dan busi logam mulia ganda. Tingkat keausan dari masing-masing jenis berbeda-beda.

Apa sebenarnya pengertian keausan? Kepala busi yang berada dalam ruang pembakaran dilengkapi dua elektroda, yaitu elektroda pusat dan elektroda ground. Dua ujung busi itu berfungsi menghasilkan percikan listrik untuk memulai proses pembakaran dalam blok silinder.

Busi dikatakan aus jika celah antar-elektroda semakin renggang akibat pengikisan.

Baca juga: Bukan Hanya karena Aki, Ini 5 Penyebab Lain Mengapa Mobil Susah Distarter

#3: Bilamana busi diganti?

Simak Dulu Fakta-fakta Tentang Busi

Pada mobil, celah normal dua elektroda berjarak 0,8-0,9 mm. Bila melebihi batas, misalnya dari 0,8 mm menjadi 1 mm, maka busi harus diganti. Celah yang lebar membuat lompatan arus jadi sulit. Semakin jauh jaraknya, suplai tegangan listrik yang dibutuhkan lebih besar.

Jika kondisi keausan dibiarkan, maka akan terjadi berbagai kendala. Contoh komponen kelistrikan rusak, idle mesin tak stabil, akselerasi turun, sulit distarter hingga konsumsi bahan bakar meningkat.

#4: Jenis busi dan keausannya

Simak Dulu Fakta-fakta Tentang Busi

Dalam perhitungan pemakaian per kilometer, busi tanpa logam mulia adalah yang terendah. Sebenarnya busi jenis ini sudah tidak populer lantaran kedua elektrodanya adalah nikel yang tingkat keausannya tinggi. Apalagi mengingat mesin-mesin saat ini umumnya berkompresi tinggi. Pergantiannya setiap 20.000 km.

Pada busi logam mulia tunggal,  elektroda pusatnya menggunakan iridium atau platinum, pada bagian elektroda pusatnya. Busi semacam ini umumnya digunakan untuk keperluan modifikasi dalam rangka mendongkrak performa.

Dalam hal modifikasi, kilometer pemakaiannya sangat berbeda-beda. Sebab mobil yang dimodifikasi punya kondisi mesin bervariasi. Setiap kondisi mesin mempengaruhi kinerja busi itu sendiri.

Dalam hal durabilitas, antara busi logam mulia dengan yang standar hasilnya sama. Sedangkan pada busi logam mulia ganda, masa pakainya lebih lama yakni sekitar 100.000 km. Kedua elektroda yang dipakai cukup kuat menahan pengikisan sehingga masa pakainya lebih awet.

Baca juga: Mengecek Problem Pada Rem Mobil Bekas? Simaklah 6 Indikasi Ini

Demikian secuplik peran busi dalam proses pembakaran di mesin. Dengan busi yang sesuai dengan peruntukannya, maka performa mesin jadi semakin optimal dan lebih awet.

Namun jangan lupa, meski ada perhitungan “resmi” tentang usia pakai, tidak menutup kemungkinan busi bisa bermasalah di tengah jalan. Karena itu, busi juga perlu perhatian khusus agar tetap awet dalam pemakaian.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Maung MV3 Garuda Limousine, Mobil Andalan Presiden Prabowo

Oktober 21, 2024
Beberapa saat setelah dilantik di Gedung DPR/MPR RI di Senayan Jakarta, Minggu (20/10), Presiden Prabowo Subianto tampak berkendara menuju Istana Merdeka, menggunakan Maung MV3 Garuda Limousine. Mobil SUV yang disebut-sebut sebagai mobil kepresidenan yang baru itu segera menjadi pusat perhatian masyarakat. Soalnya dibanding mobil-mobil kepresidenan sebelumnya, Maung MV3 Garuda Limousine memang tidak lazim. Pertama, jenis
Baca Lebih Lanjut

Ini Dia Konsumsi BBM Mobil Paling Irit

Oktober 19, 2024
Konsumsi BBM mobil yang paling irit tidak mengenai tentang hemat bahan bakar saja, melainkan harus mempunyai performa yang bagus agar mobil yang kamu milik dapat menempuh perjalanan yang jauh.  Memiliki kendaraan roda empat menjadi salah satu yang wajib dimiliki, bukan? Karena memiliki mobil salah satunya dapat melindungi dari segala macam cuaca, selain itu memiliki mobil
Baca Lebih Lanjut

Buka Kaca Mobil Sedikit Ketika Parkir Lama, Wajib?

Oktober 18, 2024
Ketika kamu sedang parkir mobil di luar ruangan, dan ternyata ada anggapan jika sedang parkir mobil harus membuka sedikit jendela kaca mobil, hal ini bisa membantu melancarkan sirkulasi udara yang berada di dalam kabin mobil.  Tapi, hal ini juga bisa bermanfaat untuk kamu, karena dapat menyulitkan maling dengan modus ingin memecahkan pintu kaca mobil. Lantas
Baca Lebih Lanjut