Dari 21 Ban Mobil Pecah dan Dugaan Kasus Korupsi Tol MBZ, Cek Faktanya

November 27, 2023
By Getan Metodius
Dari 21 Ban Mobil Pecah dan Dugaan Kasus Korupsi Tol MBZ, Cek Faktanya-otospector

Siapa yang sering lewatin jalan Tol MBZ? Kamu sadar nggak sih Tol ini tuh lagi jadi buah bibir di media sosial. Karena langsung dua pembahasan berturut-turut dalam kurun waktu dua bulan terakhir.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Pertama ada yang bikin geger kalau ada 21 mobil pecah ban secara bersamaan, lalu sampai dugaan kasus korupsi, buset bikin kaget nggak tuh.

Sebetulnya jalan Tol MBZ ini adalah salah satu jalan layang yang sangat dibutuhkan oleh pengendara, pasalnya bisa memangkas perjalanan cukup baik. Untuk itulah dibuat jalan Tol MBZ ini, agar tidak terlalu parah penumpukan kendaraan seperti sebelumnya.

Simak yuk beberapa fakta dari Tol MBZ berikut:

#1: Diresmikan sejak 12 Desember 2019.

peresmian jalan tol MBZ

Sumber: Kompas.com

Jalan Tol Layang dari Jakarta hingga ke Cikampek ini panjangnya mantap otofriends, yaitu 36,84 Km. Dulunya jalan Tol ini memiliki nama Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated saat diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, dan berubah nama menjadi Jalan Layang MBZ Sheikh Mohammed Bin Zayed ketika tahun 2021 di bulan April.

Sejarah ini tidak terlepas dari hubungan baik diplomatik antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UAE). Menurut sumber bpjt.pu.go.id, jalan Tol ini memiliki fitur keselamatan emergency yaitu U-turn di delapan titik lokasi khusus kondisi darurat, serta juga 100 lebih CCTV yang bisa dipantau secara langsung.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#2: Punya masalah pada besi yang tertancap dijalannya.

kasus pecah ban di tol mbz

Sumber: liputan6

Besi yang tertancap di salah satu ruas jalan Tol MBZ sempat membuat setidaknya 21 mobil pecah ban secara bersamaan. Lokasinya tepat di Km 18+400 Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau Tol MBZ ke arah Cikampek di Jumat, 20 Oktober 2023.

Meskipun begitu, pengelola jalan Tol MBZ sudah melakukan penyisiran menyeluruh pada setiap expansion joint. Serta untuk mobil yang mengalami pecah ban, tentu bisa meminta ganti rugi kepada pihak pengelola yaitu Jasamarga.

Baca juga: 5 Langkah Cara Merawat Karet Wiper Mobil

#3: Terkuak dugaan kasus korupsi terbaru.

tol mbz

Sumber: fin.co.id

Emang nggak ada habisnya ini pembahasan Tol yang satu ini, bulan Oktober punya berita ramai tentang 21 ban mobil pecah. Di bulan November ini malah muncul pemberitaan adanya dugaan kasus korupsi.

Seperti dikutip dari CNN Indonesia, diketahui Direktur Penyidik Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kuntadi memberikan keterangan bahwa adanya modus yang dilakukan mengurangi spesifikasi volume proyek dan juga mengatur pemenang tender.

Menyambut hal ini, Menteri PUPR pun juga buka suara. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pun memberikan komentar, menurutnya penggunaan rangka baja tidak menimbulkan risiko atau tidak jauh beda dengan rangka beton. Karena rangka baja yang digunakan Tol MBZ sudah melalui uji sertifikasi.

Baca juga: 3 Cara Mencari Lokasi Rest Area Terdekat Dari Kita? Update 2023

Bagaimana kita menanggapinya?

Tentu sebagai pengguna jalan kita perlu mengetahui bahwa fakta jalan Tol MBZ ini di satu sisi memiliki poin plus karena bisa memangkas waktu yang cukup baik. Tetapi di satu sisi lainnya kita perlu berhati-hati ketika melintas disana.

Selain posisinya di atas atau tinggi rentan akan hempasan angin yang kencang, adanya pembatas atau penyambung jalan bisa saja membuat kaki-kaki mobil terkena dampak. Untuk itu atur kecepatan dengan benar dan tidak perlu terburu-buru dalam melintasinya.

Pastiin juga mobil kamu sehat ya Otofriends kalau bepergian jauh. Seperti biasanya akhir tahun itu banyak yang ingin membeli mobil bekas karena dapat bonus tahunan, tapi kamu juga perlu cermat ya.

Pastiin menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Biar nggak salah keluarkan uang nih temen-temen, nggak mau dong beli mobil yang gak sehat karena asal aja nggak pakai jasa inspeksi?

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Karena 5 Alasan Ini Innova Diesel Terus Dicari

Februari 25, 2024
Sudah bukan kabar baru lagi kalau Toyota Kijang Innova diesel adalah salah satu jenis mobil yang paling sulit ditemui di bursa mobil bekas. Karena mobil ini biasanya tidak bakal lama-lama nongkrong di showroom. Begitu dipajang, tak lama bakal langsung terjual. Bukan cuma karena menyandang nama Toyota dan Innova, maka mobil ini laris manis di pasaran.
Baca Lebih Lanjut

5 Rekomendasi Dealer Mobil Bekas Di Bandung 2024

Februari 25, 2024
Apakah Otofriends tahu, bahwa tidak semua orang selalu berminat untuk membeli mobil baru, tapi ada yang sengaja memilih membeli mobil bekas. Bukan berarti tidak ada dananya, tapi mereka sengaja memilih mobil bekas karena berbagai alasan. Salah satunya karena harga mobil bekas tidak akan terlalu jatuh. Selain Jakarta, salah satu penjualan mobil bekas terbesar adalah Bandung.
Baca Lebih Lanjut

Mari Mengenal Lebih Dekat Garansi Mobil Terbaik

Februari 24, 2024
Membeli mobil tentu saja merupakan investasi yang besar dan membutuhkan pertimbangan yang matang. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah garansi yang diberikan oleh produsen mobil atau penjual. Sayangnya tidak semua pembeli menyadari arti pentingnya garansi. Terutama pada pembelian mobil bekas. Sehingga mereka tidak mempedulikan apakah penjual menyediakan garansi atau tidak. Sebenarnya sejauh mana pentingnya
Baca Lebih Lanjut