Kalau ingin dibahas secara mendalam, tentu saja ada banyak keunggulan mobil transmisi CVT (Continuously Variable Transmission).
Karena berbagai keunggulan itulah, tak heran kalau jenis transmisi inilah yang sekarang banyak dipakai di mobil-mobil keluaran terbaru, selain transmisi matic konvensional atau disebut juga sebagai AT.
Transmisi CVT terutama banyak ditemui untuk mobil-mobil untuk kawasan perkotaan seperti sedan, city car, hatchback, atau MPV
Apa saja kira-kira keunggulan mobil transmisi CVT yang harus kita pahami? Yuk, kita bahas satu per satu:
Sumber: Domotransmisi
Perpindahan gigi CVT memang lebih halus dibanding AT. Hentakan sangat minim, karena itulah nyaman dikendarai.
Faktor penyebabnya, karena sistem ini tidak menggunakan gigi seperti di sistem AT, melainkan sabuk baja dan puli. Mekanisme ini membuat friksi jadi lebih sedikit.
Perpindahan gigi yang halus membuat mobil menjadi lebih nyaman dikendarai.
Sumber: Kompas.com
Pada CVT rasio gigi berubah secara kontinyu artinya tidak ada jeda atau hentakan saat persneling naik. Kita merasakannya seperti tidak ada jeda dan akselerasi lebih halus.
Rasio gigi juga disesuaikan secara instan sesuai kebutuhan tenaga mesin. Begitu pedal gas diinjak, rasio gigi akan langsung disesuaikan sehingga tenaga mesin tersalurkan optimal ke roda.
Putaran mesin juga dijaga agar tetap berada pada titik puncak pada setiap kecepatan. Analoginya seperti kita naik sepeda dengan rasio gigi menyesuaikan secara otomatis sehingga tenaga kita akan lebih optimal untuk setiap kondisi jalan.
Sumber: Autofun
Perpindahan gigi yang berlangsung mulus dan kontinyu, selain menghilangkan hentakan juga menghasilkan bunyi mesin yang lebih halus. Getaran juga minimal.
Sistem ini juga menjaga putaran mesin tetap rendah, termasuk saat kecepatan tinggi, jadi kebisingannya lebih rendah.
CVT secara otomatis menyesuaikan rasio gigi agar mesin tidak masuk ke zona merah, di mana biasanya bunyi mesin sangat bising.
Senyapnya bunyi juga dipengaruhi komponen-komponen CVT yang didesain lebih presisi dan halus serta material yang lebih berkualitas.
Sumber: Wuling.id
Sistem CVT selalu menyesuaikan rasio gigi terus menerus sehingga putaran mesin selalu ada pada titik paling efisien di setiap kecepatan. Mesin tidak perlu bekerja terlalu keras atau terlalu pelan.
Karena perpindahan giginya tidak bertahap, CVT menghindari momen-momen di mana mesin harus bekerja lebih keras untuk mengatasi perubahan rasio gigi.
Dalam sistem CVT tidak ada komponen kopling yang sering mengalami slip seperti pada transmisi AT. Efeknya tentu tenaga mesin tersalurkan ke roda secara lebih efisien tanpa banyak kehilangan energi.
Pengendalian putaran mesin yang lebih presisi membuat pengemudi dapat menjaga akselerasi tetap halus dan tidak berlebihan. Semua itu, efeknya ada pada konsumsi bahan bakar akan lebih efisien.
Sumber: Moladin
CVT punya desain yang lebih sederhana karena tidak ada komponen seperti planetary gear set yang kompleks. Pada transmisi AT, planetary gear ini cukup memakan ruang dan bobot.
Komponen utamanya seperti puli dan sabuk baja juga ukurannya lebih kecil dan ringan. Komponen-komponen elektrik dan mekanik juga semakin diminimalkan ukurannya.
Desain yang lebih fleksibel juga memungkinkan penempatan komponen secara lebih efisien, dalam ruang terbatas. Kelebihan ruang bisa dipakai untuk komponen lain atau agar interior lebih lega.
Dengan komponen yang compact, maka bobot transmisi dan bobot kendaraan juga jadi lebih ringan.
Transmisi matic memang membuat mobil lebih nyaman dikendarai, namun pemilik juga harus waspada terhadap usia pakai transmisi ini yang terbatas. Contohnya, transmisi CVT diperkirakan usia pakainya sekitar 150.000 km sampai 200.000 km.
Jika Otofriends bermaksud membeli mobil bekas bertransmisi matic, maka jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.
Inspeksi mobil yang dilakukan secara cermat oleh tenaga profesional akan memberi Otofriends gambaran menyeluruh tentang sebuah mobil bekas, terutama yang bertransmisi matic. Dengan mengetahui kondisi mobil, maka Otofriends terhindar dari biaya perbaikan yang lebih besar.
Bagikan