Cara Mengetahui AC Mobil Bekas Masih Bagus

September 02, 2024
By Thomas W
Cara Mengetahui AC Mobil Bekas Masih Bagus-otospector

AC mobil bekas memang salah satu komponen yang bikin calon pembeli jadi bertanya-tanya: bagaimana kondisinya? Apakah kira-kira masih bagus atau ada kerusakan?

Wajar kalau ada rasa penasaran. Soalnya selain fungsinya sangat penting di dalam kabin kendaraan yaitu untuk mencegah rasa panas saat dikendarai, kalau memang sampai terjadi kerusakan pada AC mobil, biaya perbaikannya juga tidak sedikit. Lagi pula rasanya tidak ada orang yang mau membeli mobil bekas, tetapi tahu-tahu sudah harus servis AC.

Masalahnya, kondisi AC sebuah mobil bekas memang bervariasi. Jika pemilik sebelumnya kurang apik, bisa saja akan muncul berbagai keluhan saat akan dipakai. Tetapi kalau ternyata AC dirawat dengan benar, kondisinya bisa saja mirip dengan mobil baru. 

Bagaimana cara kita mengetahui AC mobil bekas masih dalam kondisi bagus atau bermasalah? Mari kita ikuti empat langkah berikut ini:

#1:  Periksa Embusan Udara di Kisi-kisi AC

Periksa embusan kisi AC

Sumber: Avito.ru

Langkah pertama yang paling dasar, pengecekan embusan udara yang keluar dari kisi-kisi AC. Posisikan blower embusan udara di setelan maksimal.

Kalau ternyata embusan udaranya lemah atau berisik, penyebabnya bisa beberapa hal. Antara lain lemahnya motor blower yang berfungsi mengembuskan udara. 

Penyebab lain bisa karena evaporator yang fungsinya menurunkan suhu dari udara yang mengalir, juga ikut bermasalah. 

Pada mobil bekas, kasus yang paling sering terjadi adalah adanya lendir pada evaporator. Akibatnya kinerja AC menurun bahkan timbul aroma tidak sedap. Hati-hati, kondisi ini bisa juga menyebabkan timbulnya jamur dan bakteri di AC. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Periksa Kondisi Freon

Periksa kondisi freon

Sumber: Hyundai.com .

Kalau AC terasa kurang dingin, sebaiknya periksa freon (refrigerant) lewat lubang kaca di pipa freon. Kalau diintip lewat lubang tersebut lalu terlihat ada semacam busa putih di saat AC mobil dihidupkan, kemungkinan freon berkurang atau malah habis. 

Habisnya freon biasanya disebabkan bocor, akibat dari kerusakan secara fisik di pipa. Bisa juga karena usia AC yang sudah cukup tua sehingga komponen aus. 

Kalau memang penyebabnya freon, gampang saja, tinggal dibawa ke bengkel untuk diisi lagi. Tetapi sebaiknya Otofriends juga tahu penyebab kebocorannya agar pengisian tidak sia-sia.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Harus Ganti Aki Mobil?

#3: Periksa Kompresor AC

Periksa kompresor AC

Sumber: Alibaba.com

Kompresor berfungsi untuk meningkatkan tekanan freon agar dapat memindahkan panas dengan efisien. Kompresor juga memompa freon agar bisa bisa bersirkulasi dalam sistem AC. 

Kompresor bekerja menggunakan tenaga dari pulley mesin di mana kompresor terhubung ke dalam komponen kompresor yang menggerakkan piston. 

Jika terdengar bunyi kasar dari kompresor, artinya ada masalah. Bunyi semacam ini biasanya disebabkan oli kompresor jarang diganti.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Periksa Ekstra Fan 

Periksa ekstra fan

Sumber: Dokter Mobil

Sebenarnya fungsi ekstra fan atau motor kipas adalah untuk mendinginkan kondensor. Nah, kalau kipas ini sampai lemah atau malah mati, jangan harap AC akan dingin. Salah-salah malah bisa bikin suhu mesin jadi meningkat. 

Pada umumnya posisi ekstra fan AC bersebelahan dengan motor fan radiator. 

Motor ekstra fan biasanya mati karena memang sudah waktunya alias sudah tua. Karena itu penting untuk memeriksa apakah ekstra fan AC maupun fan radiator masih berfungsi dengan baik. Begitu juga dengan alat otomatisnya. 

Baca juga: Kapan Sih Shockbreaker Mobil Harus Diganti?

Apakah kondisi AC mobil bekas bisa dipengaruhi oleh lingkungan?

Betul. Kondisi AC mobil sebenarnya sangat dipengaruhi oleh pemakaian sehari-hari. Jika mobil digunakan di lingkungan yang panas, berdebu, dan kotor, maka AC mobil akan cenderung cepat rusak atau bermasalah. Apalagi jika jarang dibersihkan.

Jika Otofriends bermaksud mengecek kondisi AC mobil bekas, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Inspeksi mobil yang dilakukan secara cermat oleh inspektor yang berpengalaman akan memberi Otofriends gambaran tentang sebuah mobil bekas, terutama pada bagian AC. Dengan mengetahui kondisi mobil, maka Otofriends terhindar dari mendapat mobil bekas yang tidak sesuai harapan.   

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Kapan Waktunya Mengganti Tutup Radiator Mobil?

Juli 14, 2024
Hayo siapa nih yang masih bingung kapan harus mengganti tutup radiator mobil kamu? Mengganti tutup radiator pada mobil kamu mempunyai fungsi yang krusial, karena tutup radiator berguna untuk selalu menjaga kevakuman dan menjaga tekanan pada radiator mobil dan dapat mencegah dari kebocoran air radiator. Jika tutup radiator mobil sudah rusak, maka akan menyebabkan berbagai macam
Baca Lebih Lanjut

Catat, Ini 5 Mobil Pintu Geser Dengan Harga Ekonomis

Juli 12, 2024
Meski di pasaran banyak tersedia pilihan jenis mobil, namun mobil pintu geser jadi favorit para penggemarnya. Pasalnya mobil jenis ini mampu memberi akses ke dalam mobil yang lapang. Begitu juga ketika sedang membawa mobil ini di tempat parkir. Sayangnya keberadaan mobil pintu geser identik dengan harga jual yang masih tinggi, seperti contohnya Toyota Alphard. Saat
Baca Lebih Lanjut

Indikasi Freon AC Mobil Habis

Juli 12, 2024
Ada beberapa tanda-tanda yang bisa menjadi indikasi freon AC mobil habis. Tanda-tanda itu jelas akan dapat terlihat dan bisa dirasakan, hingga akhirnya kita bisa berkesimpulan bahwa freon sudah jauh berkurang atau malah habis sama sekali. Dalam sebuah sistem AC, peran freon sangat penting sebagai sumber pendingin pada ventilasi AC. Masalahnya, kebocoran gas freon sulit terdeteksi
Baca Lebih Lanjut