Beli Mobil Bekas Harus Ganti Aki Mobil?

Agustus 26, 2024
By Getan Metodius
Beli Mobil Bekas Harus Ganti Aki Mobil?-otospector

Sebagai pemilik mobil, sangat penting untuk memahami mengenai kapan sih aki mobil harus diganti. Lalu apakah kalau kita beli mobil bekas, aki harus diganti?

Seperti yang kita ketahui aki mobil adalah komponen yang sangat penting untuk mendukung sistem kelistrikan pada mobil kamu. Yang berfungsi untuk menyimpan daya listrik untuk menjalankan dari komponen ke komponen yang lain.

Aki juga mempunyai usia batas pemakaian, jika aki mobil kamu tidak segera diganti maka akan menyebabkan menurunnya performa kendaraan mobil kamu karena dengan adanya suplai listrik yang dibutuhkan jadi tidak terpenuhi jika aki mobil kamu sudah melewati batas usia pemakaian.

Untuk usia batas pemakaian aki mobil bisa dilihat dari penggunaan mobil itu sendiri. Namun pada umumnya aki mempunyai batas usia pemakaian di 2 sampai 5 tahun atau sudah mencapai sekitar 50.000 km.

Biasa untuk penggunaan sehari-hari masa pakai aki mobil di usia pemakaian 1 sampai 3 tahun. Dan untuk cuaca yang panas aki juga akan menjadi lebih panas, sehingga hal ini bisa menyebabkan cairan aki menjadi lebih gampang menguap dan akan berdampak pada batas usia pemakaian pada aki mobil.

Berikut ini ada beberapa ciri yang harus kamu perhatikan untuk kapan si aki mobil harus diganti:

#1: Mesin Mobil Sulit Menyala.

starter mobil

Sumber: suara.com

Ciri yang pertama yang mudah diketahui adalah ketika mesin mobil kamu sulit menyala ketika sedang distarter, bisa jadi ini sebagai tanda bahwa aki mobil kamu harus segera diganti atau sudah di batas usia pemakaian.

Biasanya hal ini terjadi karena air aki sudah kering, jadi aki tidak bisa mengalirkan daya listrik menuju starter. Untuk aki yang sudah kering maka mesin pun akan susah dinyalakan, karena andalannya guncangan yang sudah merusak cell pada komponen aki yang disebabkan usia aki yang pemakaian sudah melebihi masa pemakaian. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Baca juga: Dari Tebu! Simak Review Lengkap Bensin Pertamax Green 95

#2: Bau Ketika Mesin Sudah Dinyalakan.

Biasanya ketika mesin mobil sudah dinyalakan, lalu muncul aroma bau yang berasal dari sel aki yang sudah mulai rusak. 

Jika mobil kamu sudah menandakan tanda-tanda seperti ini maka kamu harus segera bawa mobil kamu ke bengkel terdekat untuk segera diperbaiki dan mengganti aki mobil dengan yang baru.

#3: Batas Usia Pemakaian Aki.

penggunaan aki mobil

Sumber: bogordaily

Seperti yang sudah dibahas di atas, jika aki mobil memiliki batas usia pemakaian. Dan biasanya pada saat kamu sedang mengganti aki dengan yang baru, pihak bengkel akan memberitahu dan menuliskan tanggal pembelian sehingga sangat memudahkan kamu untuk melihat usia batas pemakaian aki mobil dengan mudah. 

Biasanya aki mobil mempunyai massa batas pemakaian pada sekitar 2 tahunan. Tapi jangan menjadi patokan karena biasanya setiap pemakaian kendaraan akan berbeda-beda tergantung dari cara perawatan kendaraan kamu. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Suara Klakson Menjadi Lemah dan Lampu Mobil Menjadi Redup.

klakson mobil tidak nyaring

Sumber: auksi

Jika kendaraan kamu sudah menunjukan suara klakson lemah dan lampu sudah mulai erupsi maka bisa jadi aki mobil kamu sudah harus diganti dengan yang baru. 

Jika kamu tidak segera menggantinya akan mempengaruhi pada bagian klakson yang suaranya terdengar tidak seperti biasanya. 

Baca juga: Biaya Harga Perbaikan Kaki-Kaki Mobil?

#5: Tegangan Aki yang Rendah.

cek tegangan aki

Sumber: Antara

Terakhir, biasanya jika tegangan aki sudah mulai rendah itu sudah bertanda jika aki mobil harus segera diganti. 

Dan untuk cara mengetahuinya kamu harus cek aki mobil dengan menggunakan load tester atau dengan menggunakan cranking. Dan jika kamu menemukan tegangan aki kurang dari 10 volt biasanya sudah bertanda kalau aki mobil kamu harus segera diganti dengan yang baru. 

Ganti aki saat beli mobil bekas:

Jika kamu melakukan pembelian mobil bekas, sesegera mungkin minta pengecekan aki. Jika sudah terlalu bad perfomance secara hasil, maka kamu bisa melakukan negosiasi untuk diskon tambahan.

Karena pada dasarnya aki mobil yang sudah dipakai lama, apalagi sudah ada keterangan bad, artinya aki sudah tidak bisa mensuplai tenaga lebih baik. Ini terjadi ketika banyak yang mau beli mobil bekas tapi luput pengecekan aki dengan detail.

Makanya dalam membeli mobil bekas disarankan menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Inspeksi mobil ini sangat membantu kamu, apalagi jika lulus inspeksi, mobil kamu akan mendapatkan garansi loh!

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Arti dan Fungsi dari Lampu Hazard di Mobil

Mei 10, 2024
Hallo Otofriends, kamu tahu nggak nih apa sih sebetulnya arti serta fungsi dari lampu hazard? Kita bahas lebih detail yuk disini. Adanya lampu hazard di setiap mobil sudah pasti banyak sekali manfaatnya untuk kita sebagai pengemudi. Lampu peringatan darurat atau lampu hazard merupakan komponen yang sangat penting yang ada di kendaraan, karena dapat membantu untuk
Baca Lebih Lanjut

Bikin Mlongo 7 Koleksi Mobil Raffi Ahmad Sampai 2024

Mei 09, 2024
Raffi Ahmad merupakan salah satu artis dan pengusaha yang sukses di tanah air. Selain dikenal sebagai presenter, aktor, dan produser, Raffi juga memiliki bisnis di berbagai bidang seperti kuliner, fashion, properti, dan media seperti kanal Youtube. Raffi juga menjadi brand ambassador dari beberapa produk ternama seperti Samsung, Indomie, dan Shopee. Tak heran kalau Raffi menjadi
Baca Lebih Lanjut

Apa Sih, Perbedaan Marka Jalan Putih dan Kuning?

Mei 09, 2024
Perbedaan marka jalan putih dan kuning sering tidak disadari oleh para pengguna jalan. Ya, memang begitulah kenyataannya. Jangankan disadari, perbedaannya saja masih banyak pengguna jalan yang tidak tahu.  Padahal bagi pengguna jalan, marka jalan fungsinya amat penting. Yaitu memberikan informasi kepada pengendara saat menggunakan lajur jalan. Misalnya, apakah kendaraan bisa menyalip atau tidak. Informasi semacam
Baca Lebih Lanjut