Biaya ganti bearing mobil memang sangat tergantung pada jenis dan model bearing yang digunakan. Hanya saja dalam setiap kerusakan bearing yang harus diperhatikan tentu soal kapan bearing harus diganti dan bagaimana kualitasnya.
Bearing roda mobil adalah komponen yang menunjang roda kendaraan. Fungsinya menjaga kestabilan dan perputaran roda mobil. Jika bearing mengalami kerusakan, tentu saja akan mengganggu fungsi roda. Dan bila dibiarkan, bisa berakibat fatal.
Jadi, berapa biaya ganti bearing mobil? Untuk lebih jelasnya, mari kita pahami dulu fakta-fakta seputar kerusakan bearing:
Sumber: Medium.com
Ciri utamanya adalah munculnya suara gemuruh atau mirip bunyi dengungan lebah, pada saat mobil kecepatannya meningkat. Atau kira-kira di atas 40 km/jam.
Suara gemuruh itu kadang disertai getaran yang dirasakan di dalam kabin, di mana kursi dan setir ikut bergetar. Pengemudi kadang juga merasakan mobil rasanya ngambang, sulit dikendalikan saat akselerasi atau berbelok.
Saat dicek, Otofriends bisa menemukan kalau roda mobil bisa oblak, ban mobil jadi aus sebagian, dan velg juga terasa panas.
Sumber: Dubizzle
Pada mobil-mobil keluaran lama atau tahun 2005 ke bawah, bearing rodanya sebagian masih bisa diservis. Dengan catatan, kalau kerusakannya tidak parah.
Di bengkel, bearing yang rusak akan dibersihkan, grip yang kering ditambah gemuk, dan kalau oblak masih bisa dipress.
Sedangkan di mobil-mobil keluaran baru, umumnya bearing sudah paten. Tidak bisa diservis dan harus diganti baru.
Biaya servis bearing relatif murah, berkisar Rp200 ribu sampai Rp300 ribu.
Sumber: Prestige-Autorepair
Karena fungsinya cukup vital, bearing juga perlu dicek kondisinya diganti secara berkala sesuai jadwal servis. Kalau bearing berfungsi normal, maka posisi roda selalu berada pada sumbu yang tepat.
Bearing yang sehat juga bisa meredam getaran pada kursi dan setir saat mobil melintasi jalanan yang kurang rata atau saat berakselerasi.
Mengganti bearing secara rutin juga bisa mencegah kerusakan komponen kaki-kaki dan komponen kemudi.
Sumber: Gridoto
Biaya ganti bearing mobil sangat bervariasi, mulai dari Rp250 ribu sampai dengan Rp2 juta.
Antara bearing depan dengan bearing belakang biasanya ada perbedaan harga. Mobil-mobil Jepang biasanya akan lebih murah dibanding mobil Eropa.
Saat bearing diganti, biasanya juga dilakukan servis kaki-kaki, seperti tie rod, bushing arm, ball joint, link stabilizer, dll. Biayanya berkisar antara Rp40 ribu sampai Rp400 ribu.
Kaki-kaki mobil harus dirawat sesuai jadwal, jika memang ada yang sudah aus dan harus diganti, gantilah segera. Pilih komponen sesuai spesifikasi dan kualitas yang direkomendasikan pabrikan. Hindari jalanan rusak dan cek selalu tekanan angin sesuai petunjuk dari bengkel.
Untuk tahu kondisi kaki kaki mobil bekas, jangan ragu menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi mobil di lebih dari 150 titik, Otofriends akan dapat gambaran tentang kondisi mobil secara keseluruhan. Hasilnya jadi referensi dalam pengambilan keputusan pembelian.
Bagikan