Batas Aman Mobil Untuk Lewati Banjir 

Mei 16, 2024
By Getan Metodius
Batas Aman Mobil Untuk Lewati Banjir -otospector

Kamu ingin menerjang banjir menggunakan mobil? Tapi kamu masih tidak tahu berapa batas aman mobil ketika sedang terendam banjir? Simak pembahasan berikut ini otofriends.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Seperti yang kita ketahui kalau banjir adalah sesuatu yang sering terjadi di Indonesia, terutama di daerah dataran rendah yang sering kali terkena banjir ketika hujan sudah mulai turun. Dan bagi pemilik mobil, banjir menjadi hal yang menakutkan.

Di dalam kondisi yang terjebak banjir banyak sekali kendaraan yang mogok, serta mengalami kerusakan pada mesin mobil. Sehingga kamu pasti bertanya – tanya tentang berapa batas aman untuk mobil jika terendam banjir?

Berikut ini ada beberapa faktor yang bisa kamu temukan jawabannya.

#1: 30 Centimeter di Bawah Air Intake.

mobil melewati banjir

Sumber: medcom

Air intake merupakan jalan masuknya udara sebelum nantinya akan masuk kedalam Compressor. Dan jika air masuk ke saluran air intake maka mesin bida mengalami wafer hammer. Biasanya kondisi ini akan ada air yang terhisap ke ruang bakar sehingga menyebabkan kerusakan yang sangat fatal.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Bolehkah Radiator Bocor Pakai Telur? Ini Tips Saat Darurat

#2: Setengah Ban.

mobil kena banjir

Sumber: mobilmo

Setengah ban menjadi batas aman jika mobil kamu hendak ingin menerjang banjir, tapi jika mobil kamu di dalam kondisi yang standar. 

Untuk melewati batas banjir ini, akan berisiko juga akan ada nya air yang masuk ke dalam ruang mesin serta dapat mengakibatkan kerusakan di dalamnya. Seperti, jika air hujan sudah masuk ke dalam ruang filter udara maka akan mengakibatkan mesin tersedak atau mampet.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Ketinggian dari Berdasarkan Tipe Mobil.

mobil lewatin banjir

Sumber: mitsubishi motors

Tipe mobil yang bermacam-macam seperti mobil MPV, SUV, dan LCGC, tentu batas aman untuk terendam banjir sangat berbeda-beda. 

Untuk tipe mobil LCGC biasa nya sudah mempunyai batas. Aman yang cenderung rendah, dikarenakan ground clearance nya yang rendah. Seperti, Toyota Innova mempunyai ground clearance sekitar 230 mm, sedangkan Toyota Agya mempunyai ground clearance sekitar 160 mm.

Untuk mobil Daihatsu Ayla mempunyai batas yang cukup sekitar 30 cm. Sebaiknya untuk mobil tipe ini hindari menerjang banjir.

Dan untuk mobil tipe MPV mempunyai ground clearance yang tinggi dibandingkan dengan mobil tipe LCGC. Jadi, untuk batas aman mobil tipe ini sedikit lebih tinggi. Tapi kamu juga harus tetap hati-hati ketika ingin melewati banjir. Contoh mobilnya seperti Mitsubishi Xpander yang mempunyai batas aman di 40 cm.

Mobil dengan tipe SUV mempunyai ground clearance yang lumayan sangat tinggi, jadi untuk batas mobil terendam banjir nya juga  cukup tinggi. Seperti pada Toyota Fortuner yang sudah mempunyai batas aman di 50 cm.

Baca juga: Ini Nih Bahayanya Ketika Mobil Menerobos Banjir

Berikut ini ada faktor lain untuk mengetahui batas aman mobil pada saat terendam banjir.

  • Batas Ketinggian Pada Knalpot 

Jika knalpot mobil kamu sudah terendam air, maka mesin akan mati, dikarenakan akan adanya gas buangan yang tidak bisa keluar.

  • Mobil yang Dimodifikasi

Untuk mobil yang sudah dimodifikasi yang meninggikan suspensi mobil bisa adalah meningkatkan batas aman terendam banjir. Tapi yang perlu dipahami untuk modifikasi lainnya seperti pada air intake yang rendah juga dapat menurunkan batas aman. Contohnya seperti pada pemasangan lift kit 2 inci bisa meningkatkan batas aman mobil sekitar 5 cm.

  • Arus Air

Ini juga harus diperhatikan, yaitu mengetahui arus air ketika sedang banjir. Karena arus air yang dengan hujan yang deras dapat menyebabkan mobil terseret. Alangkah baiknya jika arus air hujan nya deras jangan melewatinya.

Jangan sampai beli mobil yang bekas banjir.

Kalau hanya melewati banjir dengan ketinggian yang rendah itu tidak masalah otofriends. Yang jadi masalah adalah ketika kita pengen beli mobil bekas dan ternyata kita nggak tahu kalau mobil yang kita incar itu bekas banjir.

Makanya biar nggak salah beli mendingan pakai jasa inspeksi mobil bekas Otospector aja. Dengan layanan inspeksi mobil ini bakalan membantu kamu memilih mana mobil yang benar-benar layak dibeli.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Waspada! Ini Akibatnya Jika Mobil Sering Terkena Air Hujan

Maret 20, 2024
Banyak sekali pemilik mobil yang cuek mengenai bahayanya air hujan untuk mobil. Contohnya adalah seperti terlalu sering membiarkan air hujan mengering sendiri pada bagian bodi mobil dan tidak segera membersihkannya atau juga tidak segera mengelap dan tidak pula mencuci mobilnya. Walaupun cuma hanya terkena air hujan, jika dibiarkan begitu saja akan menjadi kebiasaan serta dapat
Baca Lebih Lanjut

Cara Atasi Ngantuk Berkendara Saat Berpuasa

Maret 20, 2024
Cara atasi ngantuk berkendara memang ada beragam cara. Namun karena situasinya sedang berkendara, saat mempraktikkannya tentu Otofriends dituntut untuk selalu berhati-hati dan menyesuaikan kondisi sekitar. Jangan sampai malah makin membahayakan perjalanan. Pengemudi yang merasa ngantuk saat berkendara memang bakal menghadapi situasi yang rawan bahaya. Apalagi kalau sampai pengemudi ketiduran sejenak atau istilahnya microsleep. Jika tertidur
Baca Lebih Lanjut

Begini Cara Perhitungan Over Kredit Mobil

Maret 16, 2024
Perhitungan over kredit mobil memang tidak semudah perhitungan kredit mobil pada saat awal. Ada beberapa hal yang harus diperhitungkan, seperti angsuran yang sudah berjalan, asuransi mobil, biaya modifikasi, dan sisa angsuran yang masih harus dibayarkan. Akan tetapi yang tidak kalah penting, jika ingin melakukan over kredit mobil, Otofriends harus tahu beberapa aturan tentang penjualan ini.
Baca Lebih Lanjut