Klik disini untukJual Mobil Anda

5 Mobil Irit BBM Di Kelas Low MPV 1.500 CC

Juli 10, 2022
By Thomas W
5 Mobil Irit BBM Di Kelas Low MPV 1.500 CC-otospector

Di tengah kenaikan harga BBM yang drastis akhir-akhir ini, mobil irit BBM tentu menjadi idaman setiap orang. Apalagi bagi para pemilik yang menggunakan mobilnya untuk mobilitas sehari-hari. Setiap liter BBM jadi sangat berharga.

Mobil irit BBM akan semakin terasa value-nya pada mobil-mobil yang berkapasitas penumpang banyak, seperti low MPV. Dengan statusnya yang multifungsi mobil semacam ini akan sangat berguna menunjang aktivitas sehari-hari. Baik yang menyangkut penumpang  maupun angkutan barang ringan.

Berikut ini 5 Low MPV bermesin 1.500 cc yang dikomparasikan dalam hal konsumsi BBM. Pengetesan dilakukan tim Gridoto, baik untuk rute dalam kota maupun rute tol dengan kecepatan 90 km/jam.

#1: Honda Mobilio RS CVT

5 Mobil Paling Irit BBM - Honda Mobilio RS

Faktor yang sangat mempengaruhi konsumsi BBM Mobilio adalah pada teknologi i-VTEC yang jadi andalan Honda.  

Pada teknologi ini mesin ini bekerja mengatur kecepatan mesin, katup membuka sedikit ketika kecepatan rendah demi mencapai efisiensi bahan bakar. Hasilnya, mesin bertenaga dengan konsumsi BBM sangat efisien.

Faktor lain, transmisi matik CVT Mobilio RS yang dapat menjaga putaran mesin di RPM rendah. Sistem CVT selain dikenal nyaman, konsumsi BBM juga bisa diminimalkan.   

Hasilnya konsumsi BBM untuk rute dalam kota 14,8 km/liter, untuk rute tol 18,9 km/liter.

#2: Suzuki Ertiga Sport A/T

5 Mobil Irit BBM Di Kelas Low MPV 1.500 CC

Mesin berkode K15B dengan Teknologi VVT (Variable Valve Timing) di Suzuki Ertiga Sport ini ternyata membuat konsumsi BBM semakin efisien. Cukup lumayan.  

Mesin ini menggantikan mesin sebelumnya yang digunakan di Ertiga generasi sebelumnya, yaitu mesin kode K14B kapasitas 1.373cc. Perbedaan antara kedua mesin itu terletak pada panjang bore dan stroke, di mana mesin lama punya ukuran masing-masing lebih pendek.

Hasilnya konsumsi BBM untuk rute dalam kota 12,7 km/liter, untuk rute tol 17,8 km/liter.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Ini Daftar 5 Mobil Paling Irit BBM Di Indonesia

#3: Toyota Veloz 1.5 A/T

Harga Mobil Avanza Tetap Perkasa, Ini 5 Bekas Paling Favorit - 5 Mobil Irit BBM Di Kelas Low MPV 1.500 CC

Sebagai MPV dengan penggerak roda belakang (RWD), maka dapat dimaklumi jika konsumsi BBM-nya sedikit lebih tinggi dibanding penggerak roda depan (FWD). Pada Veloz hal ini menjadi istimewa karena punya kelebihan pada tenaga saat menanjak.

Veloz menggunakan mesin 4-silinder DOHC Dual VVT-i dengan kode 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc. Mesin yang juga dipakai oleh Avanza ini punya tenaga 104,5 Hp dan  torsi 137,2 Nm.

Hasilnya konsumsi BBM untuk rute dalam kota 13,1 km/liter, untuk rute tol 17 km/liter.

#4: Mitsubishi Xpander 1.5 Ultimate

5 Harga Mobil Second Dengan Cruise Control Kisaran 200 Jutaan - 5 Mobil Irit BBM Di Kelas Low MPV 1.500 CC

Mitsubishi Xpander 1.5 Ultimate dikenal menggunakan teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system) yang  sayangnya belum mampu menyaingi Veloz, Mobilio maupun Ertiga.

Teknologi MIVEC pertama kali digunakan pada 1992 di model Mirage. Teknologi ini terus berkembang, hingga mesin yang digunakan pada Xpander berkode 4A91 MIVEC 1.500 cc DOHC 16 Valve dengan tenaga 104 PS torsi maksimum 141 Nm.

Hasilnya konsumsi BBM untuk rute dalam kota 11,5 km/liter, untuk rute tol 16,7 km/liter.

#5: Wuling Confero S ACT 1.5 Lux

Harga Wuling Confero Bekas Makin Terjangkau, Ini Update-nya

Yang menarik dari Confero S ini adalah transmisinya yang bukan matic, melainkan Auto Clutch Transmission (ACT) dengan 6-percepatan.

Transmisi ini tetap menggunakan girboks manual tapi tanpa pedal kopling. Mirip seperti di sepeda motor bebek, untuk menaik-turunkan gigi transmisi, pengemudi harus memindahkan sendiri tuas transmisi.

Dari sisi mesin mobil ini tidak berbeda dengan versi manual yaitu mesin 1.485 cc 4 silinder bertenaga 107 dk dan torsi 142 Nm.

Hasilnya konsumsi BBM untuk rute dalam kota 12,3 km/liter, untuk rute tol 15,2 km/liter.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 5 Cara Menghemat Bahan Bakar Secara Praktis

Bagaimana memastikan mobil bekas Low MPV yang hendak kita beli masih memiliki konsumsi BBM yang efisien?

Selain dari faktor pemakai, tingkat konsumsi BBM juga dipengaruhi oleh kinerja mesin dan komponen-komponen di dalamnya. Karena itu Otofriends harus memastikan mobil yang hendak dibeli ada dalam kondisi baik dan sesuai harapan.

Untuk memastikan kondisi sebuah mobil bekas, jangan ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan prosedur inspeksi yang detail dengan tenaga inspektor berpengalaman, Otofriends akan mendapat gambaran tentang kondisi sebuah mobil bekas secara keseluruhan. 

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Yuk, Simak Harga Pajero Sport Bekas Dan Baru 2021

November 14, 2021
Harga Pajero Sport jadi salah satu topik yang banyak dibahas saat orang membicarakan SUV dengan performa gahar ini. Ya, sejak kemunculan pertama tahun 1985 silam, mobil yang satu ini menjelma menjadi salah satu SUV terbaik yang sangat tangguh. Pajero Sport hadir dengan kombinasi yang istimewa antara desain dan mesin yang digunakan untuk memberikan kenyamanan berkendara
Baca lebih lanjut

5 Mobil Bekas Seharga Toyota Avanza 2022

November 13, 2021
Seperti Otofriends tahu, bersamaan penyelenggaraan Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2021, Toyota Astra Motor meluncurkan Toyota Avanza 2022. Boleh dibilang kehadiran mobil ini cukup dinanti-nanti konsumen lantaran spesifikasinya agak berbeda dengan generasi sebelumnya. Yang mencolok tentu saja soal penggunaan sistem penggerak roda depan, menggantikan penggerak roda belakang di generasi sebelumnya    MPV sejuta umat
Baca lebih lanjut

Sasis Mobil Juga Mempengaruhi Keselamatan, Ini 4 Faktanya

November 12, 2021
Seperti kita tahu, ada dua jenis sasis mobil yang biasa digunakan, yakni sasis ladder frame dan sasis monokok. Pada dasarnya keduanya punya kelebihan dan kekurangan, karena masing-masing sebenarnya dibuat untuk pengaplikasian yang berbeda. Namun tak banyak orang menyadari, jenis sasis mobil yang dipakai ternyata juga menentukan keselamatan dalam berkendara. Terutama ketika mobil berada dalam situasi
Baca lebih lanjut