;
Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

Ingin Meminang Mobil Bekas Matic? Jangan Lupa 4 Langkah Pengecekan Ini!

September 16, 2019
By Thomas W
Ingin Meminang Mobil Bekas Matic? Jangan Lupa 4 Langkah Pengecekan Ini!-otospector

Mobil bekas dengan transmisi otomatis semakin hari, semakin banyak peminatnya. Terutama bagi konsumen yang tinggal di perkotaan. Kondisi lalu-lintas yang selalu padat, serta tuntutan untuk berkendara secara mudah dan nyaman, menjadi alasannya.

Akan tetapi yang harus selalu diingat, diperlukan kecermatan tersendiri dalam memilih mobil matic. Pasalnya, transmisi semacam ini pada umumnya lebih rentan terhadap kerusakan. Padahal jika sudah terjadi gangguan, biaya yang diperlukan tidak bisa dibilang kecil.

Karena itulah, sebelum kita meminang mobil matic, jangan lupa lakukan langkah-langkah berikut:

#1. Mengecek boks transmisi

Pengecekan Ketebalan Cat

Pengecekan ini berguna untuk memastikan tidak ada kebocoran oli. Kita bisa mengeceknya pada unit transmisi di bodi mobil, apakah ada yang belepotan atau tidak. Jika terdapat bekas-bekas kebocoran dari celah blok transmisi, lebih baik mundur, atau harus siap dengan segala konsekuensinya.

#2. Memperhatikan kondisi oli

Ganti Oli

Sebaiknya memang memilih mobil dengan kondisi oli yang masih bagus. Cara mengecek oli yaitu pertama-tama dengan menghidupkan mobil dalam posisi netral. Jika suhu sudah mencapai suhu pengoperasian, maka perika warna oli dan ketinggiannya. Pastikan ketinggian oli sesuai dengan spesifikasi yang tertera.

Periksa juga warna olinya. Jika warnanya sudah menghitam, bisa jadi oli tersebut sudah lama tidak diganti. Namun jika warna oli sudah menghitam meski pemakaiannya berlum lama, maka patut dicurigai adanya kerusakan mesin. Oh ya, warna oli yang baik adalah merah segar.

Baca juga: Kerugian Yang Membuat Orang Takut Membeli Mobil Bekas. Ada Solusinya!

#3. Memperhatikan performa mesin

Perlu juga untuk kita tahu apakah mesin mobil dalam kondisi baik. Caranya dengan menghidupkan mobil, kemudian dengarkan bunyinya. Apakah ada suara-suara yang aneh?

Suara mesin yang halus mengindikasikan mesin masih bekerja dengan baik. Namun agar lebih pasti, cobalah test drive. Uji kendara ini sangat penting untuk memastikan apakah kondisi komponen mobil masih dalam kondisi baik.

#4. Memperhatikan kondisi komponen mobil

Terakhir yang bisa kita cek adalah kondisi bodi. Meski mesin kondisinya baik, tapi jika kondisi bodi bermasalah, maka dapat menguras dana untuk perbaikan selanjutnya.

Beberapa hal yang tidak boleh luput dari pemeriksaaan seperti cat mobil, kondisi lampu, kaca, ban, dll. Pastikan semua komponen ini dalam kondisi baik. Kondisi komponen ini dapat mempengaruhi harga jual mobil.

Baca juga: 6 Indikasi Kerusakan Rem Pada Mobil Bekas

Hendak meminang mobil bekas bertransmisi matic memang membutuhkan kecermatan dan kesabaran tersendiri. Pasalnya, mobil semacam ini akan sangat terpengaruh dengan usia. Semakin berumur, maka dipastikan performanya, terutama pada transmisi, juga akan semakin berkurang.

Karena begitu banyak bagian dari mobil matic harus diperiksa, maka tidak ada salahnya jika kita melibatkan tenaga profesional yang berpengalaman. Alternatifnya, kita bisa menggunakan jasa inspeksi mobil yang independen, di mana hasilnya dapat dipercaya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Mobil Bekas Murah Dibawah 30 Juta Pilihan 2019

April 26, 2019
Apakah Anda senang memodifikasi mobil tua, OtoFriends? Bila ya, mungkin mobil bekas murah dibawah 30 juta ini perlu dipertimbangkan. Biarpun sudah tua, namun bila dimodifikasi dengan baik, tampilan dan performanya tentu bisa meningkat. Di pasar kendaran seken, mobil bekas murah ini sangat mudah ditemukan. Mulai dari model sedan, MPV, hingga minibus dapat dijadikan pilihan. Mari
Baca Lebih Lanjut

Inilah Pilihan Mobil Bekas Mudah Dijual Kembali

April 16, 2019
OtoFriends cepat bosan dengan mobil yang dimiliki? Agar keuangan tidak terlalu terguncang, sebaiknya Anda beli mobil bekas saja. Banyak lho mobil bekas mudah dijual kembali ke pasaran. Mau tahu? Gonta-ganti mobil tentu menjadi hal yang lumrah bagi sebagian banyak orang. Supaya mobil bekas cepat terjual, banyak yang rela menurunkan harga jualnya. Padahal, jika dihitung-hitung, hal
Baca Lebih Lanjut

Model Baru 2019 Meluncur, Harga Mobil Bekas MPV Anjlok?

April 02, 2019
Memasuki kuartal 2 di tahun 2019, sejumlah mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) anyar bermunculan. Sebut saja Mitsubishi Xpander, Wuling Almaz, hingga Avanza dan Xenia 2019. Hal ini pun disebut-sebut membuat harga mobil bekas MPV turun. Apa benar demikian? Dikutip OtoSpector dari otomotif.tempo.co, produksi MPV baru ternyata berdampak pada penurunan harga mobil yang ada di bursa
Baca Lebih Lanjut

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pilih Asuransi Mobil Bekas

Maret 23, 2019
Bukan hanya mobil baru yang perlu diasuransikan, kendaraan bekas pun sama. Sebelum mengajukannya, ada beberapa hal mengenai asuransi mobil bekas yang perlu Anda pahami. Tabrakan, kerusakan, bahkan mobil hilang akibat dicuri bisa saja terjadi. Tidak ada orang yang menginginkan hal buruk seperti itu terjadi pada mobil kesayangannya. Tentu Anda pun demikian bukan, OtoFriends? Melindungi mobil
Baca Lebih Lanjut
Baca Artikel Lainnya