Tertarik Mobil Bekas Matic? Perhatikan 4 Langkah Inspeksinya

September 16, 2019
By Thomas W
Tertarik Mobil Bekas Matic? Perhatikan 4 Langkah Inspeksinya-otospector

Mobil bekas dengan transmisi otomatis semakin hari, semakin banyak peminatnya. Terutama bagi konsumen yang tinggal di perkotaan. Kondisi lalu-lintas yang selalu padat, serta tuntutan untuk berkendara secara mudah dan nyaman, menjadi alasannya.

Akan tetapi yang harus selalu diingat, diperlukan kecermatan tersendiri dalam memilih mobil matic. Pasalnya, transmisi semacam ini pada umumnya lebih rentan terhadap kerusakan. Padahal jika sudah terjadi gangguan, biaya yang diperlukan tidak bisa dibilang kecil.

Karena itulah, sebelum kita meminang mobil matic, jangan lupa lakukan langkah-langkah berikut:

#1: Mengecek Boks Transmisi

Pengecekan Ketebalan Cat

Pengecekan ini berguna untuk memastikan tidak ada kebocoran oli. Kita bisa mengeceknya pada unit transmisi di bodi mobil, apakah ada yang belepotan atau tidak. Jika terdapat bekas-bekas kebocoran dari celah blok transmisi, lebih baik mundur, atau harus siap dengan segala konsekuensinya.

#2: Memperhatikan Kondisi Oli

Ganti Oli

Sebaiknya memang memilih mobil dengan kondisi oli yang masih bagus. Cara mengecek oli yaitu pertama-tama dengan menghidupkan mobil dalam posisi netral. Jika suhu sudah mencapai suhu pengoperasian, maka perika warna oli dan ketinggiannya. Pastikan ketinggian oli sesuai dengan spesifikasi yang tertera.

Periksa juga warna olinya. Jika warnanya sudah menghitam, bisa jadi oli tersebut sudah lama tidak diganti. Namun jika warna oli sudah menghitam meski pemakaiannya berlum lama, maka patut dicurigai adanya kerusakan mesin. Oh ya, warna oli yang baik adalah merah segar.

Baca juga: 5 Kesalahan Dalam Membeli Mobil Bekas

#3: Memperhatikan performa mesin

Ingin Meminang Mobil Bekas Matic

Perlu juga untuk kita tahu apakah mesin mobil dalam kondisi baik. Caranya dengan menghidupkan mobil, kemudian dengarkan bunyinya. Apakah ada suara-suara yang aneh?

Suara mesin yang halus mengindikasikan mesin masih bekerja dengan baik. Namun agar lebih pasti, cobalah test drive. Uji kendara ini sangat penting untuk memastikan apakah kondisi komponen mobil masih dalam kondisi baik.

#4: Memperhatikan kondisi komponen mobil

Ingin Meminang Mobil Bekas Matic

Terakhir yang bisa kita cek adalah kondisi bodi. Meski mesin kondisinya baik, tapi jika kondisi bodi bermasalah, maka dapat menguras dana untuk perbaikan selanjutnya.

Beberapa hal yang tidak boleh luput dari pemeriksaaan seperti cat mobil, kondisi lampu, kaca, ban, dll. Pastikan semua komponen ini dalam kondisi baik. Kondisi komponen ini dapat mempengaruhi harga jual mobil.

Baca juga: 6 Indikasi Kerusakan Rem Pada Mobil Bekas

Hendak meminang mobil bekas bertransmisi matic memang membutuhkan kecermatan dan kesabaran tersendiri. Pasalnya, mobil semacam ini akan sangat terpengaruh dengan usia. Semakin berumur, maka dipastikan performanya, terutama pada transmisi, juga akan semakin berkurang.

Karena begitu banyak bagian dari mobil matic harus diperiksa, maka tidak ada salahnya jika kita melibatkan tenaga profesional yang berpengalaman. Alternatifnya, kita bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas, di mana hasilnya dapat dipercaya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Waduh Ini Dia Dampak Filter Udara Mobil Kotor

Maret 09, 2024
Suka bingung nggak sih otofriends kalau lagi nyetir kok tiba-tiba mobil nggak ada tenaga. Lalu juga kadang kita ngerasa mobil kok jadi lebih boros daripada biasanya, nah hal ini bisa terjadi ketika filter udara yang kotor. Lah kok bisa filter udara kotor bisa bikin performa loyo? Tentu bisa, karena filter udara yang sudah kotor itu
Baca Lebih Lanjut

Jenis Obat Ini Berbahaya, Bikin Ngantuk Saat Mengemudi

Maret 09, 2024
Seseorang yang mengantuk, sesungguhnya adalah kondisi di mana ia merasa ingin tidur atau susah untuk tetap terjaga. Ada banyak faktor penyebabnya, seperti kurang tidur, kelelahan, stres, gangguan tidur, atau kondisi medis tertentu. Akan tetapi mengantuk juga bisa dipicu oleh obat-obatan tertentu yang memiliki efek samping menenangkan sistem saraf pusat. Simak obat yang tidak boleh diminum
Baca Lebih Lanjut

Apa Aja Penyakit-Penyakit Mobil Tua?

Maret 08, 2024
Mana nih yang mau otw mudik lebaran tahun 2024? Spesial buat kamu yang bawa mobil udah berumur atau tua. Jangan lupa cek beberapa komponen yang bisa menyebabkan penyakit untuk mobil-mobil tua. Buat yang pada mau otw mudik, terutama saat dua minggu mau lebaran, biasanya jalanan cukup macet. Nah saat mudik emang nggak bisa diprediksi bakalan
Baca Lebih Lanjut