Klik disini untukJual Mobil Anda

BLOG OTOSPECTOR

Tips mobil bekas, otomotif, berita dan update terbaru mengenai Otospector.

Ini Dia Deretan Mobil Terlaris 2024

Ini Dia Deretan Mobil Terlaris 2024

Maret 08, 2024
Deretan mobil terlaris 2023 merupakan daftar yang benar-benar menarik disimak. Bagaimana tidak, dalam daftar yang dikeluarkan berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ada beberapa catatan khusus. Otofriends tentu juga ingin mengetahuinya, bukan? Catatan khusus itu antara lain soal total penjualan tahunan, produk yang masih disukai konsumen padahal menjelang dihapuskan dari pasar, serta
Baca Lebih Lanjut
Maret 08, 2024
By Thomas W
Maret 05, 2024
By Thomas W
Maret 04, 2024
By Thomas W
Maret 02, 2024
By Getan Metodius
Februari 29, 2024
By Getan Metodius
Ini Dia Deretan Mobil Terlaris 2024

Ini Dia Deretan Mobil Terlaris 2024

Maret 08, 2024
Deretan mobil terlaris 2023 merupakan daftar yang benar-benar menarik disimak. Bagaimana tidak, dalam daftar yang dikeluarkan berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ada beberapa catatan khusus. Otofriends tentu juga ingin mengetahuinya, bukan? Catatan khusus itu antara lain soal total penjualan tahunan, produk yang masih disukai konsumen padahal menjelang dihapuskan dari pasar, serta
Baca Lebih Lanjut
Perbedaan Rem ABS dan Non ABS

Perbedaan Rem ABS dan Non ABS

Maret 05, 2024
Seringkali orang merasa perlu cari tahu soal perbedaan rem ABS dengan Non ABS. Biasanya ini dilakukan oleh calon pembeli yang sedang mencari-cari mobil dengan membandingkan fitur-fiturnya. Soalnya fitur rem ABS maupun non ABS bisa sama-sama didapati di mobil dengan merek dan model yang sama. Perbedaan rem ABS dan non ABS memang bukan cuma soal kelengkapan
Baca Lebih Lanjut
Catat, Ini Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

Catat, Ini Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

Maret 05, 2024
Niat pemilik mobil untuk memperbarui tampilan warna mobil, sering terkendala soal ketidaktahuan biaya cat mobil. Berapa biaya pengecatan per panel? Berapa biaya pengecatan full body? Cat apa yang bagus? Dan pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Memang biaya cat mobil sangat dipengaruhi banyak faktor. Bisa dari jenis cat, banyaknya bagian yang dicat, full bodi atau hanya per panel,
Baca Lebih Lanjut
Tips Cara Menghitung Pajak Progresif

Tips Cara Menghitung Pajak Progresif

Maret 04, 2024
Kadang ada sementara orang bertanya, apa gunanya kita tahu cara menghitung pajak progresif? Tentu saja perhitungan ini akan ada gunanya, jika Otofriends punya lebih dari satu mobil. Dengan perhitungan yang tepat, kita jadi bisa merencanakan anggaran untuk kepemilikan kendaraan di masa depan. Pajak progresif, secara gampangnya adalah tarif pungutan pajak dengan persentase yang didasarkan pada
Baca Lebih Lanjut
Ini Rekomendasi Kaca Film Mobil Terbaik 2024

Ini Rekomendasi Kaca Film Mobil Terbaik 2024

Maret 03, 2024
Dalam hal kaca film, harus diakui masyarakat Indonesia masih punya kesalahan persepsi tentang kegunaannya. Ada yang menganggap kaca film adalah semata-mata sebagai penolak panas matahari. Jadi semakin gelap kaca filmnya, suhu udara di dalam kabin juga jadi semakin sejuk. Atau ada juga anggapan, kualitas kaca film ditentukan dari harga, dan seterusnya. Kaca film berfungsi menghalangi
Baca Lebih Lanjut
Daftar Harga Mobil Keluarga Bermesin Diesel 2024 Rp 100 Jutaan

Daftar Harga Mobil Keluarga Bermesin Diesel 2024 Rp 100 Jutaan

Maret 03, 2024
Sebagian dari peminat mobil bekas, diketahui selalu memantau perkembangan harga mobil keluarga di pasaran. Maklum, sejauh ini mobil keluarga atau mobil berkapasitas 7 penumpang atau lebih, masih dianggap sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Terutama bagi keluarga dengan anggota cukup banyak. Mobil keluarga juga dianggap punya nilai plus, jika nyaman, bermesin tangguh, dan biaya operasionalnya murah.
Baca Lebih Lanjut
9 Dealer Mobil Bekas di Jabodetabek

9 Dealer Mobil Bekas di Jabodetabek

Maret 02, 2024
Cari atau membeli mobil bekas itu susah-susah gampang, apalagi kalau Otofriends gak paham tentang otomotif atau mobil, bisa bahaya salah beli mobil. Namun, untuk saat ini bagi mereka awam pun bisa dengan mudah memilih mana mobil yang masuk ke dalam kategori layak dibeli atau tidak. Karena saat ini sudah ada layanan jasa inspeksi mobil bekas
Baca Lebih Lanjut
Berapa Sih Biaya Perbaikan Power Steering Mobil?

Berapa Sih Biaya Perbaikan Power Steering Mobil?

Februari 29, 2024
Hi otofriends, nggak kebayang deh kalau belom ada teknologi si power steering ini. Gimana enggak, kalau power steering belum ada nih, otot-otot tangan pasti bakalan pegel Cuma buat belokin mobil doang. Seperti yang udah kita tau nih, power steering memiliki fungsi yang sangat besar, supaya setir mobil jadi ringan ketika kita memutarnya, entah itu untuk
Baca Lebih Lanjut
5 Mobil Sedan Murah Dibawah 100 Juta Per 2024

5 Mobil Sedan Murah Dibawah 100 Juta Per 2024

Februari 28, 2024
Mobil sedan murah sekilas terdengar aneh, karena biasanya jenis mobil ini identik dengan kemewahan. Padahal kalau Otofriends cek ke bursa mobil bekas, masih banyak sedan yang layak pakai namun harganya sudah jauh di bawah harga psikologis Rp100 jutaan. Satu hal yang cukup menarik tentang mobil sedan murah, tidak sedikit yang kondisinya ternyata masih sangat layak.
Baca Lebih Lanjut
Biaya Perbaikan Pintu Mobil Ini Bisa Buat Catatan Otofriends

Biaya Perbaikan Pintu Mobil Ini Bisa Buat Catatan Otofriends

Februari 28, 2024
Wajar kalau Otofriends tidak terlalu tahu soal berapa sebenarnya biaya perbaikan pintu mobil. Pintu mobil memang salah satu bagian dari mobil yang jarang rusak. Akan tetapi bukan berarti kita jadi tidak peduli, karena bisa saja informasi semacam ini sewaktu-waktu dibutuhkan. Perbaikan pintu mobil biasanya dilakukan di bengkel-bengkel khusus bodi. Tetapi ada juga bengkel yang khusus
Baca Lebih Lanjut

Perbedaan Rem ABS dan Non ABS

Maret 05, 2024
Seringkali orang merasa perlu cari tahu soal perbedaan rem ABS dengan Non ABS. Biasanya ini dilakukan oleh calon pembeli yang sedang mencari-cari mobil dengan membandingkan fitur-fiturnya. Soalnya fitur rem ABS maupun non ABS bisa sama-sama didapati di mobil dengan merek dan model yang sama. Perbedaan rem ABS dan non ABS memang bukan cuma soal kelengkapan
Baca Lebih Lanjut

Catat, Ini Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

Maret 05, 2024
Niat pemilik mobil untuk memperbarui tampilan warna mobil, sering terkendala soal ketidaktahuan biaya cat mobil. Berapa biaya pengecatan per panel? Berapa biaya pengecatan full body? Cat apa yang bagus? Dan pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Memang biaya cat mobil sangat dipengaruhi banyak faktor. Bisa dari jenis cat, banyaknya bagian yang dicat, full bodi atau hanya per panel,
Baca Lebih Lanjut

Tips Cara Menghitung Pajak Progresif

Maret 04, 2024
Kadang ada sementara orang bertanya, apa gunanya kita tahu cara menghitung pajak progresif? Tentu saja perhitungan ini akan ada gunanya, jika Otofriends punya lebih dari satu mobil. Dengan perhitungan yang tepat, kita jadi bisa merencanakan anggaran untuk kepemilikan kendaraan di masa depan. Pajak progresif, secara gampangnya adalah tarif pungutan pajak dengan persentase yang didasarkan pada
Baca Lebih Lanjut

Ini Rekomendasi Kaca Film Mobil Terbaik 2024

Maret 03, 2024
Dalam hal kaca film, harus diakui masyarakat Indonesia masih punya kesalahan persepsi tentang kegunaannya. Ada yang menganggap kaca film adalah semata-mata sebagai penolak panas matahari. Jadi semakin gelap kaca filmnya, suhu udara di dalam kabin juga jadi semakin sejuk. Atau ada juga anggapan, kualitas kaca film ditentukan dari harga, dan seterusnya. Kaca film berfungsi menghalangi
Baca Lebih Lanjut

Daftar Harga Mobil Keluarga Bermesin Diesel 2024 Rp 100 Jutaan

Maret 03, 2024
Sebagian dari peminat mobil bekas, diketahui selalu memantau perkembangan harga mobil keluarga di pasaran. Maklum, sejauh ini mobil keluarga atau mobil berkapasitas 7 penumpang atau lebih, masih dianggap sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Terutama bagi keluarga dengan anggota cukup banyak. Mobil keluarga juga dianggap punya nilai plus, jika nyaman, bermesin tangguh, dan biaya operasionalnya murah.
Baca Lebih Lanjut

9 Dealer Mobil Bekas di Jabodetabek

Maret 02, 2024
Cari atau membeli mobil bekas itu susah-susah gampang, apalagi kalau Otofriends gak paham tentang otomotif atau mobil, bisa bahaya salah beli mobil. Namun, untuk saat ini bagi mereka awam pun bisa dengan mudah memilih mana mobil yang masuk ke dalam kategori layak dibeli atau tidak. Karena saat ini sudah ada layanan jasa inspeksi mobil bekas
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih Biaya Perbaikan Power Steering Mobil?

Februari 29, 2024
Hi otofriends, nggak kebayang deh kalau belom ada teknologi si power steering ini. Gimana enggak, kalau power steering belum ada nih, otot-otot tangan pasti bakalan pegel Cuma buat belokin mobil doang. Seperti yang udah kita tau nih, power steering memiliki fungsi yang sangat besar, supaya setir mobil jadi ringan ketika kita memutarnya, entah itu untuk
Baca Lebih Lanjut

5 Mobil Sedan Murah Dibawah 100 Juta Per 2024

Februari 28, 2024
Mobil sedan murah sekilas terdengar aneh, karena biasanya jenis mobil ini identik dengan kemewahan. Padahal kalau Otofriends cek ke bursa mobil bekas, masih banyak sedan yang layak pakai namun harganya sudah jauh di bawah harga psikologis Rp100 jutaan. Satu hal yang cukup menarik tentang mobil sedan murah, tidak sedikit yang kondisinya ternyata masih sangat layak.
Baca Lebih Lanjut

Biaya Perbaikan Pintu Mobil Ini Bisa Buat Catatan Otofriends

Februari 28, 2024
Wajar kalau Otofriends tidak terlalu tahu soal berapa sebenarnya biaya perbaikan pintu mobil. Pintu mobil memang salah satu bagian dari mobil yang jarang rusak. Akan tetapi bukan berarti kita jadi tidak peduli, karena bisa saja informasi semacam ini sewaktu-waktu dibutuhkan. Perbaikan pintu mobil biasanya dilakukan di bengkel-bengkel khusus bodi. Tetapi ada juga bengkel yang khusus
Baca Lebih Lanjut