Waspadai 5 Gejala Kerusakan Rack Steer Ini

Juni 10, 2022
By Thomas W
Waspadai 5 Gejala Kerusakan Rack Steer Ini-otospector

Rack steer adalah salah satu komponen dari kaki kaki mobil yang cukup sering mengalami gangguan. Kasusnya terutama sering terjadi  pada mobil-mobil berpenggerak roda depan (front wheel drive) lantaran roda depan harus menanggung beban ganda. Karena selain mengatur arah belok, roda depan juga harus menggerakkan mobil.

Kerusakan pada komponen yang menjadi penghubung setir dengan kaki-kaki ini bisa jadi berbahaya. Karena kerusakan rack steer akan mengakibatkan pengemudi merasa seperti kehilangan kendali roda. Akibatnya risiko kecelakaan juga semakin besar.

Berikut 5 gejala kerusakan rack steer yang harus diwaspadai:

#1: Setir Terasa Bergetar

Berkendara Jauh

Pengemudi akan merasakan setir bergetar atau oblak saat dibelokkan ke kanan atau ke kiri. Cara mengenalinya adalah dengan membelokkan setir atau memutarnya sampai mentok baik ke kiri atau kanan.

Ada juga setir yang terasa sulit saat akan diputar. Kondisi ini bisa terjadi baik pada saat mobil berjalan atau dalam kondisi diam dan mesin mati.

Getaran ini sebenarnya berasal dari rack steer yang sudah aus. Kerusakan bakal semakin parah kalau tidak segera diperbaiki atau diganti.

#2: Timbul Bunyi Pada Bagian Roda

Waspadai 5 Gejala Kerusakan Rack Steer Ini

Pada bagian roda depan akan timbul bunyi yang tidak biasanya. Kalau digambarkan, seperti memekik atau berdegung, terutama saat mobil melaju di kecepatan rendah.

Biasanya bunyi terjadi karena bushing pada rack steer telah sobek sehingga kotoran dan air masuk ke dalam. Akibatnya akan muncul bunyi-bunyian dan cenderung berisik di roda depan.

Munculnya bunyi aneh ini jangan bikin Otofriends panik. Karena kerusakan mudah diatasi di tempat servis kaki-kaki.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga:  5 Komponen Kaki-kaki Mobil Yang Sering Bermasalah

#3: Seal Mengalami Kebocoran 

Waspadai 5 Gejala Kerusakan Rack Steer Ini

Kondisi ini biasanya terjadi pada mobil yang belum memakai sistem Electronic Power Steering (EPS) alias masih menggunakan sistem hidrolis. Gejalanya berupa rembesan oli pada bagian seal.

Penyelesaiannya cukup sederhana yakni mengganti seal-nya. Karena itu begitu terlihat ada kebocoran, Otofriends sebaiknya langsung membawanya ke bengkel.

Tak kalah penting adalah pastikan menggunakan seal yang asli. Seal yang tidak asli atau “KW” biasanya warna terlihat gelap, bentuknya agak asar, dan bahannya agak lembek sehingga tidak awet.

#4: Setir Terasa Berat Saat Belok

Waspadai 5 Gejala Kerusakan Rack Steer Ini

Jika Otofriends tiba-tiba merasa setir jadi berat saat dibelokkan, maka kemungkinan ada kerusakan rack steer.

Otofriends bisa mengujinya di jalan lurus. Meski lingkaran kemudi sudah diluruskan, namun roda akan berjalan sendiri ke kanan atau ke kiri. Akibatnya pengemudi akan merasa kehilangan kemudi pada roda.

Jangan disepelekan, karena kondisi ini sangat berbahaya sehingga bisa mengakibatkan kecelakaan.

#5: Tumpulnya Gigi Pinion dan Harmonika

Waspadai 5 Gejala Kerusakan Rack Steer Ini

Kondisi yang juga perlu diperhatikan adalah tumpulnya komponen gigi pinion dan harmonika. Dua komponen ini  tumpul akibat gesekan ditambah minimnya pelumasan.

Gigi pinion dan harmonika akan rusak akibat debu dan kotoran, terutama pada saat setir diputar.

Solusinya bisa dengan mengecor gigi tersebut sehingga terbentuk yang baru. Pada power steering dengan fluida (oli) penahan oli juga perlu diganti.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 4 Hal Yang Perlu Kita Tahu Tentang Shockbreaker Mobil

Bagaimana mengecek kondisi kaki-kaki pada mobil bekas yang hendak kita beli?

Mobil bekas yang dipakai sehari-hari atau istilahnya mobil “operasional” hampir bisa dipastikan kondisi kaki-kakinya sudah tidak sempurna lagi, karena komponen kaki-kaki mobil bersifat habis pakai.

Untuk memastikan kondisi kaki-kaki mobil bekas, langkah terbaik adalah dengan melakukan test drive secara menyeluruh, melewati jalan berlubang, tidak rata, dan di kecepatan tinggi di jalan tol.

Jika Otofriends butuh bantuan, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Pengecekan kondisi fisik kaki-kaki mobil termasuk dalam standar 150+ titik inspeksi Otospector.

Keuntungan lain, setiap mobil yang lulus inspeksi, akan mendapat garansi. Andai terjadi kerusakan dalam pemakaian, pemilik tetap tenang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mobil Apa Saja Yang Tidak Boleh Menggunakan Pertalite?

April 16, 2024
Sudah ada yang tahu belum? Kalau sekarang sedang dirancang aturan pembatasan untuk pengguna Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, dan akan segera diberlakukan lho. Jadi, dengan adanya aturan ini akan diberlakukan pelarangan menggunakan bahan bakar jenis pertalite. Sebetulnya wacana ini udah dari lama bang min denger, cuma baru mulai ramai dibahas dan digodog beberapa pekan terakhir
Baca Lebih Lanjut

5 Cara Perawatan Yang Baik Untuk Mobil Bekas

April 15, 2024
Berikut ini adalah cara perawatan yang baik untuk mobil bekas kamu agar tetap awet.  Oh iya sebelum kamu ingin membeli mobil bekas kamu harus lebih seleksi untuk pembelian nya ya. Satu hal yang wajib kamu pikiran untuk membeli mobil bekas usahakan mobil bekas tersebut sudah di inspeksi agar mobil bekas yang ingin kamu beli sudah
Baca Lebih Lanjut

Cari Tahu Yuk, Harga Mini Cooper Terbaru 2024

April 12, 2024
Informasi tentang harga Mini Cooper terbaru banyak dicari oleh para penggemar mobil asal Inggris ini. Soal harga memang selalu menarik untuk disimak, karena meski mobil ini terkesan compact alias mungil, tetapi di Indonesia harganya sudah masuk dalam kategori mobil mewah. Wajar jika harga penawaran Mini berkisar di angka kurang lebih Rp1 miliar. Sebab memang ada
Baca Lebih Lanjut