Waspadai 5 Gejala Kerusakan Rack Steer Ini

Juni 10, 2022
By Thomas W
Waspadai 5 Gejala Kerusakan Rack Steer Ini-otospector

Rack steer adalah salah satu komponen dari kaki kaki mobil yang cukup sering mengalami gangguan. Kasusnya terutama sering terjadi  pada mobil-mobil berpenggerak roda depan (front wheel drive) lantaran roda depan harus menanggung beban ganda. Karena selain mengatur arah belok, roda depan juga harus menggerakkan mobil.

Kerusakan pada komponen yang menjadi penghubung setir dengan kaki-kaki ini bisa jadi berbahaya. Karena kerusakan rack steer akan mengakibatkan pengemudi merasa seperti kehilangan kendali roda. Akibatnya risiko kecelakaan juga semakin besar.

Berikut 5 gejala kerusakan rack steer yang harus diwaspadai:

#1: Setir Terasa Bergetar

Berkendara Jauh

Pengemudi akan merasakan setir bergetar atau oblak saat dibelokkan ke kanan atau ke kiri. Cara mengenalinya adalah dengan membelokkan setir atau memutarnya sampai mentok baik ke kiri atau kanan.

Ada juga setir yang terasa sulit saat akan diputar. Kondisi ini bisa terjadi baik pada saat mobil berjalan atau dalam kondisi diam dan mesin mati.

Getaran ini sebenarnya berasal dari rack steer yang sudah aus. Kerusakan bakal semakin parah kalau tidak segera diperbaiki atau diganti.

#2: Timbul Bunyi Pada Bagian Roda

Waspadai 5 Gejala Kerusakan Rack Steer Ini

Pada bagian roda depan akan timbul bunyi yang tidak biasanya. Kalau digambarkan, seperti memekik atau berdegung, terutama saat mobil melaju di kecepatan rendah.

Biasanya bunyi terjadi karena bushing pada rack steer telah sobek sehingga kotoran dan air masuk ke dalam. Akibatnya akan muncul bunyi-bunyian dan cenderung berisik di roda depan.

Munculnya bunyi aneh ini jangan bikin Otofriends panik. Karena kerusakan mudah diatasi di tempat servis kaki-kaki.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga:  5 Komponen Kaki-kaki Mobil Yang Sering Bermasalah

#3: Seal Mengalami Kebocoran 

Waspadai 5 Gejala Kerusakan Rack Steer Ini

Kondisi ini biasanya terjadi pada mobil yang belum memakai sistem Electronic Power Steering (EPS) alias masih menggunakan sistem hidrolis. Gejalanya berupa rembesan oli pada bagian seal.

Penyelesaiannya cukup sederhana yakni mengganti seal-nya. Karena itu begitu terlihat ada kebocoran, Otofriends sebaiknya langsung membawanya ke bengkel.

Tak kalah penting adalah pastikan menggunakan seal yang asli. Seal yang tidak asli atau “KW” biasanya warna terlihat gelap, bentuknya agak asar, dan bahannya agak lembek sehingga tidak awet.

#4: Setir Terasa Berat Saat Belok

Waspadai 5 Gejala Kerusakan Rack Steer Ini

Jika Otofriends tiba-tiba merasa setir jadi berat saat dibelokkan, maka kemungkinan ada kerusakan rack steer.

Otofriends bisa mengujinya di jalan lurus. Meski lingkaran kemudi sudah diluruskan, namun roda akan berjalan sendiri ke kanan atau ke kiri. Akibatnya pengemudi akan merasa kehilangan kemudi pada roda.

Jangan disepelekan, karena kondisi ini sangat berbahaya sehingga bisa mengakibatkan kecelakaan.

#5: Tumpulnya Gigi Pinion dan Harmonika

Waspadai 5 Gejala Kerusakan Rack Steer Ini

Kondisi yang juga perlu diperhatikan adalah tumpulnya komponen gigi pinion dan harmonika. Dua komponen ini  tumpul akibat gesekan ditambah minimnya pelumasan.

Gigi pinion dan harmonika akan rusak akibat debu dan kotoran, terutama pada saat setir diputar.

Solusinya bisa dengan mengecor gigi tersebut sehingga terbentuk yang baru. Pada power steering dengan fluida (oli) penahan oli juga perlu diganti.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 4 Hal Yang Perlu Kita Tahu Tentang Shockbreaker Mobil

Bagaimana mengecek kondisi kaki-kaki pada mobil bekas yang hendak kita beli?

Mobil bekas yang dipakai sehari-hari atau istilahnya mobil “operasional” hampir bisa dipastikan kondisi kaki-kakinya sudah tidak sempurna lagi, karena komponen kaki-kaki mobil bersifat habis pakai.

Untuk memastikan kondisi kaki-kaki mobil bekas, langkah terbaik adalah dengan melakukan test drive secara menyeluruh, melewati jalan berlubang, tidak rata, dan di kecepatan tinggi di jalan tol.

Jika Otofriends butuh bantuan, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Pengecekan kondisi fisik kaki-kaki mobil termasuk dalam standar 150+ titik inspeksi Otospector.

Keuntungan lain, setiap mobil yang lulus inspeksi, akan mendapat garansi. Andai terjadi kerusakan dalam pemakaian, pemilik tetap tenang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Honda Brio Bekas 70 Juta

Juni 12, 2024
Update terbaru dari pasar mobil bekas, Honda Brio bekas 70 juta! Ya, serius nih. Asalkan Otofriends cukup sabar dan rajin cari-cari informasi seputar harga-harga mobil bekas, saat ini Honda Brio angkatan pertama yang dirakit di dalam negeri, harganya sudah semakin terjangkau. Di pasar, orang mengenal Brio sebagai salah satu produk yang salah satu modelnya ada
Baca Lebih Lanjut

5 Cara Cepat Cek Nomor Rangka Mobil

Juni 11, 2024
Ketika kamu sudah memiliki kendaraan, kamu juga harus mengetahui nomor rangka kendaraan. Dengan kamu mengetahui nomor rangka kendaraan tersebut kamu bisa memastikan jika kendaraan tersebut sudah terdaftar resmi. Untuk nomor rangka mobil merupakan 17 deretan dar kombinasi huruf dan angka yang bisa membantu membuktikan keaslian kendaraan tersebut. Nomor rangka kendaraan juga bisa kamu cek di
Baca Lebih Lanjut

Tak Terbantahkan Soal Kelebihan dan Kekurangan RWD

Juni 10, 2024
Kelebihan dan kekurangan RWD belakangan sering dibicarakan orang, terutama karena sekarang ini, mobil-mobil keluaran terbaru banyak menggunakan sistem FWD. Sebut saja mobil-mobil MPV populer produksi dari Toyota, Mitsubishi, atau Suzuki, umumnya sudah memilih memakai FWD. Di masa lalu memang banyak mobil-mobil legendaris menggunakan RWD, tapi karena berbagai pertimbangan, sistem ini mulai ditinggalkan oleh produsen. Akibatnya,
Baca Lebih Lanjut