Simak Nih, 5 Keunggulan Ban Tubeless Untuk Mobil

November 11, 2022
By Thomas W
Simak Nih, 5 Keunggulan Ban Tubeless Untuk Mobil-otospector

Keunggulan ban tubeless sudah begitu dikenal di dunia otomotif, sehingga pemakaian jenis ban ini sudah sangat lazim dan begitu meluas. Karena kepopulerannya, penggunaan ban ini bahkan sekarang bukan hanya pada mobil-mobil baru. Mobil-mobil bekas, bahkan yang sudah cukup berusia, juga ikut memakai, meski harus melakukan beberapa penyesuaian.

Keunggulan ban tubeless memang bukan saja pada kualitas materialnya saja. Pada penggunaan sehari-hari, ban jenis ini punya berbagai keunggulan dibandingkan ban-ban jenis lain. Keunggulan saat pemakaian, perawatan, dan penanganan saat terjadi kendala, membuat ban tubeless makin

Apa saja keunggulan ban tubeless yang membuat jenis ban ini begitu populer? Yuk kita lihat 5 catatan di bawah ini:

#1: Daya Tahan Relatif Kuat

Ban di jalan tanah
Ban digunakan di jalan tanah

Ban jenis ini memang relatif lebih kuat dibanding ban jenis lainnya. Faktornya karena tidak ada dalam dan terdapat fluid sealant yang berfungsi merekatkan bagian yang terindikasi bocor. Fluid sealant akan langsung memadatkan bagian ban yang bolong saat tertusuk benda tajam.

Andai sudah terlihat ada paku yang menancap di ban, Otofriends bisa langsung menarik paku dan melapisinya dengan cairan khusus. Cairan yang berguna untuk menutup lubang sementara ini biasanya disertakan saat membeli ban.

Daya tahan ban tubeless juga dapat diandalkan saat melewati jalanan rusak dan berlubang. Sebab desainnya memang dibuat dari struktur karet yang tebal dan padat, sehingga sangat tahan digunakan pada jalanan yang rusak sekalipun.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Bukan Cuma Botak, Ini 8 Alasan Ganti Ban Mobil

#2: Penambalan Relatif Cepat

Ban tubeless bocor di jalan
Ban tubeless bocor

Dari cairan khusus antibocor yang didapat saat pembelian ban baru, Otofriends bisa menambal ban bocor sendiri. Caranya cukup dengan mengoleskan cairan ke bagian yang bolong kemudian tunggu hingga cairan mengeras dan melapisi lubang tersebut.

Hanya saja perlu diingat, penambalan ini sifatnya sementara. Setelah ban bisa diisi angin kembali, maka Otofriends tetap perlu untuk menambalnya di bengkel atau tambal ban.

Jika bagian yang bocor hanya dilapisi cairan antibocor yang sifatnya sementara, celah tersebut lama kelamaan justru akan melebar. Hasilnya tentu ban semakin cepat kempis.

#3: Tak Mudah Bocor

Ban tubeless relatif tidak mudah bocor
Ban tubeless relatif tidak mudah bocor

Boleh dibilang ban tubeless sangat jarang mengalami kebocoran akibat tertusuk benda tajam. Tentu saja Otofriends tidak perlu sering berurusan dengan tukang tambal ban. Selain itu, perjalanan sehari-hari juga menjadi semakin aman.

Jika ban tubeless terkena benda tajam dan terindikasi bocor, ban masih dapat menempuh jarak 200 km sampai angin di dalamnya benar-benar habis.

Meski tidak mudah bocor, bukan berarti ban tidak bisa kehabisan angin. Karena itu sebaiknya rutin memeriksa kondisi ban sebelum berpergian. Jika ada indikasi angin berkurang, ban sebaiknya segera diperiksa kondisinya.

#4: Perawatannya Sederhana

Pemeriksaan tekanan angin ban
Pemeriksaan tekanan angin ban

Cara merawat ban tubeless cukup sederhana, yakni cukup menjaga tekanan angin tidak kempis. Karena itu Otofriends harus rajin mengecek tekanan angin, terutama sebelum memakai mobil.

Perhatikan pula beban pada ban, agar jangan berlebihan. Jika ban bocor, jangan terburu-buru menutup bagian yang bocor dengan lem agar tidak menyebabkan kerusakan permanen.

Perawatan lain, jangan mengurangi tekanan angin di dalam ban mobil ketika kondisinya masih panas. Pastikan jika tekanan angin di dalam ban mobil cukup dan sesuai standar saat digunakan.

#5: Daya Cengkram Lebih Kuat

Ban dalam kondisi hujan
Ban dalam kondisi hujan

Ban jenis ini cocok digunakan untuk bermanuver, menikung, dan dalam kecepatan tinggi. Karena jenis ban ini memang lebih stabil dan kuat untuk mencengkram aspal. Ban juga tidak akan menekan menggunakan udara sehingga permukaan ban mobil tetap rata.

Ban ini juga cocok untuk musim hujan. Hal ini dipengaruhi faktor pattern groove dari ban. Groove berfungsi memecah genangan air serta menjadi jalur air.

Semakin banyak jumlah kembangannya, maka semakin banyak jumlah air yang dapat dihalau. Dan tentu saja ini membuat daya cengkram ban menjadi lebih menggigit.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 7 Harga Ban Mobil Murah Tapi Bukan Murahan

Bagaimana melakukan pengecekan ban dan kaki-kaki pada mobil bekas yang hendak dibeli?

Mobil bekas yang pernah dipakai menjadi mobil “operasional” alias menjadi mobil harian, hampir bisa dipastikan kondisi kaki-kaki serta ban sudah tidak sempurna lagi. Maklum, komponen kaki-kaki dan ban sifatnya memang habis pakai.

Kondisi kaki-kaki dan ban mobil bekas incaran bisa diperiksa dengan dilakukan test drive. Cobalah segala kondisi seperti melewati jalan berlubang, tidak rata, dan di kecepatan tinggi di jalan tol.

Jika Otofriends butuh bantuan, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector, pengecekan kondisi fisik kaki-kaki mobil termasuk dalam standar 150+ titik inspeksi Otospector.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mantap Ekspor Mobil Indonesia di 2023 Hampir Setengah Juta

Desember 21, 2023
Indonesia emang sudah tidak perlu diragukan dalam hal pangsa pasar. Indonesia salah satu negara pasar otomotif terbesar di dunia. Penjualan mobil baru dan juga mobil bekasnya sangat menggiurkan bagi para pelaku usaha. Sampai akhirnya kita punya peluang untuk memproduksi mobil, dan itu sudah mulai terwujud otofriends. Sampai di tahun 2023 pun total unit mobil yang
Baca lebih lanjut

Biaya Tol Jakarta ke Surabaya Per Desember 2023

Desember 21, 2023
Musim liburan Natal dan Tahun baru sudah di depan mata. Bagi Otofriends yang ingin berlibur dengan melakukan perjalanan menggunakan mobil pribadi dari Jakarta ke Surabaya, tentu akan lebih menyenangkan jika lewat jalan tol. Berapa sih, total tarifnya? Nah, sebelum dijawab, perlu diketahui bahwa Biaya tol Jakarta ke Surabaya sudah beberapa kali mengalami kenaikan. Kenaikan ini
Baca lebih lanjut

Perlukah Mobil Dipasangi Anti Karat?

Desember 19, 2023
Si karat ini emang bikin keki ya otofriends, nggak di barang-barang rumah, di mobil apalagi. Mobil bisa jadi lebih buruk penampilannya, serta karat bisa membuat komponen tersebut jadi rusak lebih cepat. Kalau hal ini dibiarin, bisa membuat mobil lebih cepat rusak dan juga keropos otofriends. Untuk itu, menggunakan pelapis anti karat bisa jadi jalan keluar
Baca lebih lanjut