Selain Pakai Ban Asimetris, Simak Tips Aman Nyetir Saat Hujan Lainnya

Juli 09, 2024
By Getan Metodius
Selain Pakai Ban Asimetris, Simak Tips Aman Nyetir Saat Hujan Lainnya-otospector

Berkendara di musim hujan juga harus lebih waspada, karena saat berkendara di musim hujan dapat membuat pandangan tidak terlalu jelas, apalagi jika di posisi hujannya pada saat malam hari membuat visibilitas ke jalan pastinya akan berkurang drastis.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Sesungguhnya mau musim hujan atau bukan, kita sebagai pengemudi haruslah berkendara dengan aman, namun bedanya saat berkendara di kondisi sedang hujan wajib waspada, karena air yang tergenang di jalan raya akan membuat ban mobil menjadi tidak bisa mencengkeram aspal sebagai pada saat kondisi aspal kering. 

Berikut ini ada beberapa tips yang aman ketika kamu sedang berkendara pada saat kondisi sedang hujan:

#1: Cek Wiper.

cek wiper mobil

Sumber: IDN Times

Pada saat musim hujan telah tiba, kamu juga perlu mengecek kondisi wiper mobil, lalu lihat bagian karetnya, jika kondisi karet wiper nya sudah mulai getas serta sudah tidak bisa membersihkan kaca secara maksimal, maka hal yang harus kamu lakukan adalah segera untuk mengganti wiper yang baru.  

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: 5 Tanda Shockbreaker Mobil Bermasalah

#2: Cek Kondisi Ban Mobil.

pengecekan ban mobil

Sumber: Detik

Tips kedua berkendara dengan aman adalah kamu harus cek kondisi ban mobil sebelum ingin berkendara. Hal ini harus diperhatikan karena ban adalah salah satu komponen yang bersentuhan dengan jalan raya.

Jika kondisi ban mobil kamu botak atau aus maka yang akan terjadi cengkeraman nya pasti akan lemah. Sehingga sangat membahayakan pada saat berkendara. Tapi tak hanya itu jika kamu pasang tekanan air ban yang terlalu tinggi juga bisa mengurangi traksi, jika terlalu rendah juga juga ban bisa kempes dan akan ada masalah yang bakal timbul, yaitu seperti cepat aus.

Alangkah baiknya untuk angin ban gunakan nitrogen saat hendak berkendara di musim hujan. Karena bisa membantu ban untuk memastikan kondisi tekanan tetap stabil ketika cuaca sudah dingin. Sehingga kelebihannya dapat membuat ban menjadi tidak mudah kempes.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Gunakan Ban Asimetris.

pakai ban asimetris

Sumber: Okezone

Jika ban mobil kamu sudah mulai botak, alangka baiknya segera ganti dengan ban yang baru, Karena dengan mengganti ban yang baru dapat membantu melewati genangan air. Ban yang pas ketika musim hujan adalah yang berpola tapak asimetris.

Ban asimetris mempunyai kemampuan untuk membuang air lebih baik, sehingga cengkeraman ke jalan jadi lebih sangat baik. Contoh ban asimetris yang biasa digunakan pada saat musim hujan, yaitu Michelin Pilot Sport 4, Bridgestone Turanza, Dunlop Veuro VE302, dan GT Radial Champiro Luke.

Baca juga: Apa Saja Pemicu Aquaplaning Mobil?

#4: Atur AC lalu Aktifkan Defogger.

tombol defogger mobil

Sumber: Kompas

Berkendara pada saat malam hari dan di dalam kondisi hujan tentu potensi kecelakaan semakin tinggi, hal ini bisa terjadi karena visibilitas berkendara sangat berkurang, oleh sebab itu kamu perlu berhati-hati ketika sedang berkendara kondisi malam dan hujan.

Selanjutnya kamu bisa atur suhu AC, jangan arahkan AC mobil ke jendela kanan atau kiri, karena bisa menyebabkan kaca jendela mobil menjadi berembun. Alangka baiknya AC mobil diarahkan ke tengah-tengah atau ke atas. 

Jika mobil kamu mempunyai Defogger maka kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut. Biasanya letak Defogger berada di kaca bagian belakang dengan ciri garis warna merah.

#5: Jangan Pakai Hazard Tapi Nyalakan Lampu.

lampu mobil menyala

Sumber: Rumahmodifikasi

Jika pada siang hari turun hujan yang deras, maka kamu harus menyalakan lampu utama. Hal ini berfungsi untuk memberi tanda kepada pengendara yang lain, atau kamu juga bisa tambahkan cahaya lampu kabut agar menjadi lebih terang. Namun tetap tidak boleh menggunakan hazard. Karena dengan kamu menggunakan lampu hazard pada saat hujan dapat membahayakan pengendara yang lain.

Jaga kendaraan saat musim hujan.

Seperti sudah dibahas diawal otofriends, mau musim kemarau ataupun musim hujan, kita harus tetap menjaga kondisi kendaraan kita. Terutama jika kita ingin upgrade kendaraan, kendaraan saat ini ingin dijual, alangkah baiknya jika kondisinya tetap prima.

Kalau prima, maka harga jual kembali tetap tinggi atau stabil. Teruntuk kamu nih yang mau beli mobil bekas perlu menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Selain inspeksi mobil menyeluruh, jika mobil yang sudah dicek tim Otospector lulus inspeksi, maka akan mendapatkan layanan garansi mobil bekas premium dari Otospector.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Gak Cuma BYD, Ini Deretan Mobil Listrik Di GIIAS 2024

Juni 30, 2024
Dengan adanya Pameran Otomotif Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 akan ada banyak peluncuran mobil baru di acara tersebut, sekitar akan ada 40 kendaraan baru dipamerkan GIIAS 2024. Menurut ketua lll Gaikindo, yaitu Ridwan Alamsjah akan akan sebanyak 31 merek kendaraan penumpang yang akan meramaikan pameran GIIAS 2024,
Baca Lebih Lanjut

Terjangkau Nih Under 200jt Honda CR-V 2015

Juni 29, 2024
Hi Otofriends, kalau denger mobil yang satu ini sih udah pasti kepikiran hal-hal yang mewah gitu ya. Buat cowok langsung auto ganteng deh kalau pakai mobil ini, setuju? Nah buat yang suka mobil CR-V atau Honda CR-V, kamu udah bisa dapetin mobil ini dengan harga yang cukup terjangkau loh, bahkan sudah mulai ada yang dibawah
Baca Lebih Lanjut

Dari Tebu! Simak Review Lengkap Bensin Pertamax Green 95

Juni 27, 2024
Apa sih Pertamax Green 95 itu? Pertamax Green 95 adalah bahan bakar minyak yang berbahan dari 5 persen Bioetanol (E5) dan campuran Pertamax. Bioetanol itu sendiri merupakan hasil dari tebu, dan merupakan sejenis alkohol atau etanol yang berasal dari tumbuhan.  Kini Pertamina menyediakan produknya dengan menggunakan bahan yang sangat berkualitas untuk masyarakat, dengan adanya inovasi
Baca Lebih Lanjut