Selain Pakai Ban Asimetris, Simak Tips Aman Nyetir Saat Hujan Lainnya

Juli 09, 2024
By Getan Metodius
Selain Pakai Ban Asimetris, Simak Tips Aman Nyetir Saat Hujan Lainnya-otospector

Berkendara di musim hujan juga harus lebih waspada, karena saat berkendara di musim hujan dapat membuat pandangan tidak terlalu jelas, apalagi jika di posisi hujannya pada saat malam hari membuat visibilitas ke jalan pastinya akan berkurang drastis.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Sesungguhnya mau musim hujan atau bukan, kita sebagai pengemudi haruslah berkendara dengan aman, namun bedanya saat berkendara di kondisi sedang hujan wajib waspada, karena air yang tergenang di jalan raya akan membuat ban mobil menjadi tidak bisa mencengkeram aspal sebagai pada saat kondisi aspal kering. 

Berikut ini ada beberapa tips yang aman ketika kamu sedang berkendara pada saat kondisi sedang hujan:

#1: Cek Wiper.

cek wiper mobil

Sumber: IDN Times

Pada saat musim hujan telah tiba, kamu juga perlu mengecek kondisi wiper mobil, lalu lihat bagian karetnya, jika kondisi karet wiper nya sudah mulai getas serta sudah tidak bisa membersihkan kaca secara maksimal, maka hal yang harus kamu lakukan adalah segera untuk mengganti wiper yang baru.  

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: 5 Tanda Shockbreaker Mobil Bermasalah

#2: Cek Kondisi Ban Mobil.

pengecekan ban mobil

Sumber: Detik

Tips kedua berkendara dengan aman adalah kamu harus cek kondisi ban mobil sebelum ingin berkendara. Hal ini harus diperhatikan karena ban adalah salah satu komponen yang bersentuhan dengan jalan raya.

Jika kondisi ban mobil kamu botak atau aus maka yang akan terjadi cengkeraman nya pasti akan lemah. Sehingga sangat membahayakan pada saat berkendara. Tapi tak hanya itu jika kamu pasang tekanan air ban yang terlalu tinggi juga bisa mengurangi traksi, jika terlalu rendah juga juga ban bisa kempes dan akan ada masalah yang bakal timbul, yaitu seperti cepat aus.

Alangkah baiknya untuk angin ban gunakan nitrogen saat hendak berkendara di musim hujan. Karena bisa membantu ban untuk memastikan kondisi tekanan tetap stabil ketika cuaca sudah dingin. Sehingga kelebihannya dapat membuat ban menjadi tidak mudah kempes.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Gunakan Ban Asimetris.

pakai ban asimetris

Sumber: Okezone

Jika ban mobil kamu sudah mulai botak, alangka baiknya segera ganti dengan ban yang baru, Karena dengan mengganti ban yang baru dapat membantu melewati genangan air. Ban yang pas ketika musim hujan adalah yang berpola tapak asimetris.

Ban asimetris mempunyai kemampuan untuk membuang air lebih baik, sehingga cengkeraman ke jalan jadi lebih sangat baik. Contoh ban asimetris yang biasa digunakan pada saat musim hujan, yaitu Michelin Pilot Sport 4, Bridgestone Turanza, Dunlop Veuro VE302, dan GT Radial Champiro Luke.

Baca juga: Apa Saja Pemicu Aquaplaning Mobil?

#4: Atur AC lalu Aktifkan Defogger.

tombol defogger mobil

Sumber: Kompas

Berkendara pada saat malam hari dan di dalam kondisi hujan tentu potensi kecelakaan semakin tinggi, hal ini bisa terjadi karena visibilitas berkendara sangat berkurang, oleh sebab itu kamu perlu berhati-hati ketika sedang berkendara kondisi malam dan hujan.

Selanjutnya kamu bisa atur suhu AC, jangan arahkan AC mobil ke jendela kanan atau kiri, karena bisa menyebabkan kaca jendela mobil menjadi berembun. Alangka baiknya AC mobil diarahkan ke tengah-tengah atau ke atas. 

Jika mobil kamu mempunyai Defogger maka kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut. Biasanya letak Defogger berada di kaca bagian belakang dengan ciri garis warna merah.

#5: Jangan Pakai Hazard Tapi Nyalakan Lampu.

lampu mobil menyala

Sumber: Rumahmodifikasi

Jika pada siang hari turun hujan yang deras, maka kamu harus menyalakan lampu utama. Hal ini berfungsi untuk memberi tanda kepada pengendara yang lain, atau kamu juga bisa tambahkan cahaya lampu kabut agar menjadi lebih terang. Namun tetap tidak boleh menggunakan hazard. Karena dengan kamu menggunakan lampu hazard pada saat hujan dapat membahayakan pengendara yang lain.

Jaga kendaraan saat musim hujan.

Seperti sudah dibahas diawal otofriends, mau musim kemarau ataupun musim hujan, kita harus tetap menjaga kondisi kendaraan kita. Terutama jika kita ingin upgrade kendaraan, kendaraan saat ini ingin dijual, alangkah baiknya jika kondisinya tetap prima.

Kalau prima, maka harga jual kembali tetap tinggi atau stabil. Teruntuk kamu nih yang mau beli mobil bekas perlu menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Selain inspeksi mobil menyeluruh, jika mobil yang sudah dicek tim Otospector lulus inspeksi, maka akan mendapatkan layanan garansi mobil bekas premium dari Otospector.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 Pilihan Mobil Yang Cocok Untuk Campervan

Mei 27, 2024
Agak berbeda dengan mobil-mobil biasa, mobil untuk campervan memang punya spesifikasi sendiri. Yang terutama, tentu saja mobil harus punya ruang yang cukup luas. Harus bisa menampung seluruh keluarga serta barang-barang bawaan selama liburan di alam terbuka. Selain itu, mobil juga tetap memiliki fitur-fitur kenyamanan seperti AC dan sistem audio. Mesinnya juga harus kuat dan harus
Baca Lebih Lanjut

5 Tanda Shockbreaker Mobil Bermasalah

Mei 25, 2024
Seringkali orang tidak menyadari, selain menunjang kenyamanan, shockbreaker mobil juga berperan besar dalam keselamatan berkendara. Sebab kondisi shockbreaker pada dasarnya juga berpengaruh pada pengendalian (handling) saat mobil berjalan. Jadi kalau komponen ini bermasalah, risiko kecelakaan juga akan membesar. Istilah shockbreaker sendiri masih terlalu umum. Komponen ini sebenarnya ada dua jenis yakni shock absorber dan strut.
Baca Lebih Lanjut

Pengertian 10 Lampu Indikator Yang Ada Di Mobil

Mei 24, 2024
Salah satu ciri dari mobil-mobil modern adalah adanya sensor-sensor atau lampu indikator mobil di cluster meter dashboard. Indikator-indikator ini berfungsi sebagai peringatan jika ada suatu masalah pada sistem atau komponen tertentu di kendaraan. Harapannya, pengemudi akan segera waspada dan menyelesaikan masalahnya. Masalahnya, tidak semua pengemudi paham arti dari lampu indikator mobil yang berbentuk ikon itu.
Baca Lebih Lanjut